Secara default, setiap gambar yang diunggah ke WordPress ini menghasilkan sejumlah duplikat karena faktor template, settingan dan plugin. Hasilnya, jumlah duplikat gambar yang sama ini bisa 5-10 jumlahnya.

Beda dengan konten duplikat, duplicate image cenderung tidak membuat website bermasalah. Hanya saja, mereka dapat menghabiskan space dan inode hosting jika jumlahnya lumayan banyak. Bayangkan jika Anda mengunggah 10-20 gambar setiap harinya, jika Anda tidak melakukan optimasi untuk mencegah gambar duplikat ini, maka disk space hosting Anda cepat atau lambat pasti akan bermasalah.

Darimana datangnya Gambar Duplikat Ini?
Sebelum Anda mengatasi masalah gambar duplikat ini, Anda perlu tahu berapa banyak copy gambar yang biasanya muncul dari satu kali upload gambar di WordPress. Secara default, WordPress akan menciptakan tiga gambar dengan ukuran yang berbeda, yaitu ukuran thumbnail, medium dan besar. Template bawaan yang dipakai juga tidak jarang menghasilkan ukuran tambahan untuk blog, misalnya untuk tampilan slider atau fungsi lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Push Notification Gratis di WordPress

Untuk mengetahuinya, cobalah masuk ke FTP-Client atau directori wp-content/uploads/. Anda mungkin akan menemukan seperti ini :
Gambar Duplikat yang ter-regenerate di WordPress

Cara Mengatasi Duplicate Image di WordPress

Ada dua cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi gambar duplikat atau duplicate image ini. Yang pertama adalah melakukan setting media yang tepat dari awal. Yang kedua, jika sudah terlanjur melakukan setting yang salah, maka setelah memperbaiki pengaturannya, Anda bisa menghapus duplicate image tersebut dengan plugin WordPress.

1. Mengatasi Gambar Duplikat dengan Pengaturan yang Tepat
Di WordPress, kita sebenarnya bisa melakukan setting yang dapat mencegah terciptanya gambar berbagai ukuran yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Untuk melakukannya, masuk lah ke menu Setting >> Media.

Untuk meniadakan auto generate gambar duplikat oleh WordPress, setting ukuran thumbnail, medium dan large size, menjadi nol, seperti gambar di bawah.
Pengaturan Media di WordPress

2. Mengatasi Duplicate Images dengan Plugin WordPress
Jika sudah terlanjur salah pengaturan dan blog sudah memiliki banyak konten, maka untuk menghapus gambar duplikat adalah dengan bantuan Plugin. Ada beberapa plugin yang sebelumnya Saya telah coba dan direkomendasikan internet marketer lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Meningkatkan Memory Limit PHP di WordPress Anda

Plugin yang pertama adalah Image Cleanup. Image Cleanup ini cukup powerful untuk membantu pengguna menghilangkan gambar backup dan gambar yang tidak sesuai. Penghapusan gambar juga bisa dilakukan secara massal.

Menggunakan plugin ini, Anda bisa untuk langsung menghapus semua gambar, atau memindahkan gambar tersebut terlebih dulu untuk memastikan tidak ada error setelah gambar di pindahkan di direktori lain. Jika memang tidak bermasalah, maka penghapusan permanen bisa langsung Anda lakukan.

Sayangnya, di pengalaman Saya, plugin ini tidak cukup membantu. Gambar- gambar duplikat yang seharusnya muncul, hanya muncul dua (padahal seharusnya ratusan). Disini Saya langsung uninstall plugin ini dan move on ke plugin lainnya. Anda mungkin bisa mendapatkan hasil yang berbeda.

Artikel Menarik Lainnya :   Pengertian, Fungsi, dan Manfaat SSL dan SSL Certificate untuk Sebuah Website

***
Plugin kedua adalah DNUI atau Delete Not Used Image. Untuk Saya, plugin ini sangat efektif dan powerful. Setelah terinstall, pastikan Anda memperhatikan pengaturannya di Tool >> DNUI >> Options. Pastikan Anda tidak memasukkan angka yang terlalu besar agar tidak membebani proses. Pastikan juga Anda tidak mencentang ‘Show used image’ di bagian ‘Show’, agar gambar original yang digunakan tidak ikut terhapus.

Cara setting DNUI Plugin

Setelah itu, langsung saja masuk ke tab ‘Images’. Tunggu sampai plugin mengambil data gambar duplikat yang tidak digunakan, lalu pilih ‘Delete All’. Lakukan langkah ini per halaman, hingga semua ‘unused images’ selesai dihapus.
Cara menghapus duplicate images dengan DNUI

Plugin lain yang juga bisa Anda coba untuk menghapus gambar duplikat adalah Media Cleaner.

Jangan Lupa Back Up Data Terlebih Dulu

Last but not least, pastikan Anda sudah back up data terlebih dulu sebelum melakukan penghapusan gambar massal dengan plugin di atas.

Selamat mencoba!