Setelah beberapa gerai 7 Eleven di Jakarta tutup, disusul dengan department store Debehams di Senayan City, kini giliran Matahari Department Store di Taman Anggrek dan Lombok City Center, NTB, yang paling gress. Kedua gerai ini akan segera dikosongkan pada 31 Desember 2017 dan 3 Desember 2017.

Matahari Tutup Gerai Bukan Karena Bangkrut

Lantas apa yang terjadi sebenarnya? Ada beberapa issue yang tersebar saat ini. Bahkan ada yang menduga kalau Matahari akan segera gulung tikar. Namun hal ini ditampik oleh CEO dan Vice President Director Matahari. Ia sendiri memaparkan beberapa alasan terkait ditutupnya dua gerai Matahari store ini. Apa saja? Mari kita simak bersama :
1. Masa Sewa Sudah Habis
Salah satu alasan ditutupnya dua gerai ini adalah karena masa sewanya sudah habis dan sengaja tidak diperpanjang.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa SEO Penting untuk Sebuah Bisnis?

“Dua gerai yang masa sewanya berakhir Mal  Taman Anggrek Jakarta dan Lombok City Center tidak diperpanjang, kami akan memiliki total sejumlah 155 gerai di akhir tahun,” ujar Richard dalam sebuah pernyataan resmi, Selasa (21/11/2017).

2. Matahari akan Buka Gerai Baru
Dengan ditutupnya dua gerai ini, Matahari berencana untuk membuka gerai baru di kota lain. Hal ini lagi- lagi membantah rumor jika Matahari akan bangkrut. Sebaliknya, mereka mempertimbangkan pasar potensial di kota lain.
“Dua gerai department store akan dibuka di  kota-kota yang baru bagi kami, memberikan kesempatan kepada kami untuk memberikan berbagai pilihan produk merchandise kami di dua pasar yang baru,” tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya :   20 Langkah Optimasi Website Toko Online agar Pelanggan Kompetitor Beralih ke Toko Anda

3. Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar
Ternyata penutupan dua gerai ini adalah salah satu strategi yang dilakukan Matahari untuk menyesukain dengan kondisi pasar saat ini.

“Kami melihat penurunan pasar yang saat ini terjadi sebagai kesempatan bagi pemain yang kuat seperti kami untuk meningkatkan pangsa pasar, dan akan memiliki posisi yang kuat untuk pertumbuhan pada saat pasar meningkat,” begitu ungkapnya.
Apakah ini artinya Matahari akan lebih memperkuat strategi mereka di ranah e-Commerce? Hmmm…. Mari kita lihat nanti

4. Cuci Gudang
Setelah resmi ditutup, Matahari akan melakukan cuci gudang besar- besaran. Mereka akan menerapkan diskon 50 persen untuk mengobral seluruh barang- barangnya. Diskon ini memang tidak sebesar diskon yang diterapkan saat gerai Matahari di Pasaraya Blok M dan Manggarai tutup akhir September lalu. Tapi tentu saja, tawaran diskon ini tetap menggoda.

Artikel Menarik Lainnya :   Mau Jualanmu Laris di Tokopedia?? Ikutilah 12 Tips Cerdas Ini!

Penasaran dengan strategi Matahari  Departement Store untuk mempertahankan dan menguatkan bisnisnya di masa depan? Apakah kini mereka akan semakin ‘greget’ untuk menggarap bisnis di ranah e-commerce dengan persaingan yang semakin ketat? Semoga kita segera mendengar kabar baiknya 🙂