Sebagai blogger, Error Establishing a Database Connection pasti menjadi hal yang familiar bagi Anda. Anda mungkin belum tentu mengalami jenis error ini, tapi setidaknya Anda pernah satu atau dua kali menjumpai error ini saat berkunjung ke website orang lain.

Error Establishing a Database Connection atau ‘kesalahan membuat koneksi ke database’ bagi pemula sangat bisa membuat jengkel dan frustrasi, khususnya saat Anda tidak menyadari apa yang sedang terjadi dan Anda merasa tidak melakukan editing apa pun. Well, sebenarnya Anda bisa mendeteksi apa yang terjadi dan memperbaiki masalah ini dengan beberapa cara.

 

Mengapa bisa Terjadi Error Establishing a Database Connection?

Secara sederhana, error ini terjadi karena WordPress tidak berhasil membuat koneksi database. Alasan mengapa WordPress tidak dapat membuat koneksi database ini bervariasi. Hal- hal yang bisa menyebabkan Error Establishing a Database Connection antara lain :
– Login kredensial Anda salah atau telah dirubah
– Server database tidak responsif
– Database telah rusak
– Error juga bisa terjadi karena kesalahan server, dan bisa terjadi karena faktor lain juga di server

 

Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki error koneksi database di WordPress ini, yaitu :
1. Apakah masalah juga terjadi saat Anda mengakses /wp-admin juga?
Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah apakah kesalahan ini hanya terjadi saat pengunjung mengakses website Anda atau juga terjadi saat Anda mengakses /wp-admin. Jika error memang terjadi di dua hal tersebut, maka Anda dapat melanjutkan tutorial ini ke cara berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya :   16 Plugin Paling Populer dan Terbaik untuk Blog WordPress Anda

Namun jika Anda mendapatkan pesan error yang berbeda di /wp-admin, seperti ‘one or more database tables are unvailable. The database may need to be repaired’ (satu atau lebih table basis data tidak tersedia. Database mungkin perlu diperbaiki), maka Anda perlu memperbaiki database Anda terlebih dulu.

Anda dapat melakukan dengan menambahkan baris berikut ini di file wp-config.php Anda (buka file melalui akun FTP Anda atau file manager via cPanel). Tambahkan tepat sebelum baris ‘That’s all, stop editing! Happy blogging’ di wp-config.php
 define(‘WP_ALLOW_REPAIR’, true); 

Simpan file tersebut, dan tutup. Selanjutnya, Anda dapat melihat pengaturan dengan mengakses halaman : http://www.yoursite.com/wp-admin/maint/repair.php
Repair database di WordPress

Untuk melakukan ini, user tidak perlu masuk untuk mengakses fungsionalitas ini. Karena saat basis data rusak, pengguna kerap mengeluhkan bahwa dirinya tidak bisa login. Usai selesai memperbaiki dan mengoptimalkan database Anda, pastikan untuk menghapus file tadi dari wp-config.php.

Jika cara ini tidak berhasil dan Anda masih mengalami Error Establishing a Database Connection di WordPress, coba lah tips selanjutnya untuk mengatasi masalah ini.

2. Memeriksa file WP-Config
WP-Config.pgp adalah file yang punya peranan penting di instalasi WordPress Anda. Di file ini lah Anda menentukan rincian untuk WordPress dalam menghubungkan database Anda. Jika Anda ingin mengubah kata sandi root Anda atau kata sandi database, Anda perlu untuk mengubah file ini juga. Maka hal pertama yang harus selalu Anda periksa adalah apakah semua file wp-config.php Anda sama atau tidak :
 define(‘DB_NAME’, ‘database-name’);
define(‘DB_USER’, ‘database-username’);
define(‘DB_PASSWORD’, ‘database-password’);
define(‘DB_HOST’, ‘localhost’); 

Perlu dicatat, value dari ‘DB_HOST’ ini tidak selalu ‘localhost’. Setiap hosting bisa mempunyai value yang berbeda. Hosting popular seperti HostGator, BlueHost dan Site5 biasanya menggunakan value ‘localhost’. Sedangkan untuk hosting lain, silahkan cross check terlebih dulu.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Mengganti Password Admin di WordPress

Beberapa expert blogger juga menyarankan agar pengguna mengganti value ‘localhost’ ini dengan IP lantaran hal ini kerap terjadi di WordPress saat berjalan dengan lingkungna server local. Misalnya pada MAMP, DB_Host menjadi normal kembali saat mereka merubah IP mereka.
 define(‘DB_HOST’, ‘127.0.0.1:8889’); 

Perlu diingat, alamat IP setiap layanan hosting bervariasi.

Jika cara ini masih belum bekerja sesuai harapan, maka kemungkinan masalah berasal dari kesalahan server.

3. Cek Server MySQL
Tidak jarang WordPress mengalami kegagalan membuat koneksi database saat trafik website sedang tinggi- tingginya. Hal ini terjadi karena server host tidak lagi bisa menangani beban, khususnya saat Anda menggunakan shared hosting. AKibatnya, situs Anda mnejadi sangat lambat, dan beberapa pengguna mengalami ‘Error Establishing a Database Connection’. Saat ini terjadi, maka langkah terbaik adalah menghubungi provider hosting Anda dan menanyakan apakah server MySQL responsif atau tidak.

Jika Anda ingin mengujinya untuk memastikan, Anda bisa coba dengan membuka situs lain yang berada di server yang sama. Jika mereka juga mendapatkan masalah yang sama, maka terjadi kesalahan dengan server MySQL mereka. Namun jika Anda tidak mempunyai situs lain yang dihosting dalam satu aoun sama, coba lah pergi ke cPanel dan akses phpMyAdmin, dan connect thje database. Jika Anda dapat terhubung, maka Anda perlu memverifikasi apakah database Anda mempunyai ijin yang cukup. Buat lah file baru berjudul testconnection.php dan paste kode berikut ini :

 <?php
$link = mysql_connect(‘localhost’, ‘root’, ‘password’);
if (!$link) {
die(‘Could not connect: ‘ . mysql_error());
}
echo ‘Connected successfully’;
mysql_close($link);
?> 

Pastikan Anda mengganti username dan password sesuai wesite Anda. Jika koneksi terhubung, ini artinya user Anda mendapaktan izin yang cukup. Kembali ke /wp-config Anda untuk memasitkan semua sudah tepat.

Artikel Menarik Lainnya :   Langkah- langkah untuk Meningkatkan Keamanan Website WordPress Anda

Jika sudah melakukan langkah ini dan Anda tidak bisa terhubung ke phpMyAdmin, itu artinya ada yang salah dengan server Anda. BUkan berarti server MySQL sedang down. Ini dapat berarti user Anda tidak mendapatkan ijin yang memadai.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa menghubungi provider hosting Anda agar mereka melakukan investigasi lebih mendalam. Dan apabila benar kesalahan ada pada ijin/ permission pengguna, minta tolong mereka untuk mengatur ulang permission Anda. Dengan begitu, permasalahan ‘Error Establishing a Database Connection’ akan teratasi.

 

Kesimpulan

Setiap blogger bisa saja mengalami ‘Error Establishing a Database Connection’ karena permasalah yang berbda antara satu dan yang lainnya. Tidak heran, solusi memperbaiki error koneksi database pun bisa berbeda- beda satu sama lain. Hal yang penting untuk diingat, pastikan Anda selalu mem- backup website Anda terlebih dahulu sebelum mengedit file di website Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan terjadi.

Semoga bermanfaat!