Konten misleading atau konten tidak relevan dan clickbait sudah lama menjadi masalah serius di Facebook. Saking seriusnya, jejaring sosial yang satu ini bahkan sempat mendapatkan kecaman di berbagai negara sebagai penanggung jawab utama cepatnya penyebaran konten provokatif dan hoax yang menimbulkan perpecahan.

Kabar baiknya, Facebook tidak menutup mata dengan kecaman itu. Sampai saat ini, mereka melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir penyebaran konten misleading itu di platform miliknya.

Yang terbaru, efektif per tanggal 17 Juli pukul 11:59 malam (PST), Facebook akan menghilangkan kemampuan user untuk melakukan customize pada tautan atau link yang akan dibagikan sehingga dapat meminimalisir non-relevansi pada konten tautan tersebut. Perubahan ini sendiri akan berlaku di platform ini secara native, dan juga berlaku dengan mitra integrasi API, termasuk jika kita menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Hootsuite.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Video YouTube Viral ala Dennis Adhiswara

Perubahan Apa Saja yang Blogger Rasakan dari Update Facebook Ini?

Dengan berlakunya peraturan baru ini, maka pengguna tidak bisa lagi melakukan customize pada tautan yang meliputi mengganti gambar, judul dan deskripsi dari preview link, baik itu di profil atau grup. Untuk penggunaan di halaman/ fanpage sendiri sementara belum terpengaruh sampai beberapa saat kedepan atau masih menunggu update terbaru.

Sebagai gantinya, Facebook akan menarik pratinjau atau preview tautan langsung dari metadata situs web, jika memang tersedia. Jika metadata nya tidak tersedia, maka bisa jadi gambar tidak muncul seperti yang diharapkan. Jadi, dari sekarang, blogger wajib melengkapi metadata untuk share link ke Facebook agar konten yang akan dibagikan nanti tampil lebih optimal.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Meningkatkan Ranking SEO dengan Menggunakan Sosial Media

Apakah perubahan ini bersifat permanen? Dilansir dari perubahan API Facebook, perubahan ini akan dicoba untuk 90 hari terlebih dahulu. Bisa jadi akan berlaku selamanya atau akan ditinjau kembali. Yang pasti, #mediasosial milik Mark Zuckerberg ini sangat serius untuk memerangi konten tidak relevan dan konten sampah dari platformnya yang selama ini dikecam banyak orang.