Situs social media kian beragam fiturnya dari hari ke hari. Berbeda dengan #Facebook dan #Twitter yang unggul dalam hal komunitas dan sharing informasi terkini, beberapa social media menjadi popular sebagai media sharing foto. Dua diantara social media dengan tersebut adalah Instagram dan Pinterest. Berbeda dengan Instagram, Pinterest kerap menjadi favorit para blogger karena dapat digunakan dengan mudah untuk membagi konten gambar yang berada di sebuah blog.

Selain mempermudah para blogger untuk berbagi foto ke situs tersebut, situs ini juga kerap dijadikan sebagai ladang konversi traffik ke website. Memang tidak sebagus Twitter dan Facebook  dalam hal konversi, namun photo sharing ini kini menjadi tren baru di berbagai kalangan. Jika Anda tekun menggarapnya dan menemukan celah yang tepat, maka Anda dapat memetika buah manis dari situs social media yang satu ini.

Untuk membuat Pinterest bermanfaat, maka Anda perlu memperhatikan factor engagement yang berkaitan erat dengan jumlah follower Anda di #Pinterest. Semakin banyak follower Anda, maka semakin besar pula persentasi engagement yang dapat Anda capai. Untuk dapat meningkatkan follower ini, Panda Gila akan berbagi  beberapa trik asyik yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

1. Gunakan Foto yang Menarik dan Berkualitas
Gunakan sebuah foto yang dapat mewakili konten Anda. Tidak sembarang foto, karena foto Anda harus terlihat menarik dan cantik sehingga orang- orang tertarik untuk memberi klik pada foto Anda. Ingat, di situs ini Anda tidak sendirian. Anda bersama dengan ratusan foto- foto lainnya yang siap untuk memikat para audiens. Meski banyak kompetitor, foto Anda harus menarik perhatian audiens sehingga  mendapat repinyang jumlahnya cukup lumayan.

Artikel Menarik Lainnya :   Indikator untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen di Media Sosial

Seperti yang kami ungkapkan di awal paragraph, foto Anda harus bisa mewakili konten Anda. Foto tersebut harus mampu bercerita dan memberi pesan pada pembaca tentang konten yag Anda tawarkan. Seperti kata pepatah, sebuah gambar dapat mewakili seribu kata.Ya, kurang lebih seperti itu lah.

2. Jangan Lupakan Keyword yang Anda Bidik
Salah satu kelebihan Pinterest adalah, gambar yang Anda pin dapat selalu muncul kapan saja. Hal ini berbeda dengan Facebook dan  Twitter, dimana setiap posting dapat mudah tenggelam dan tergantikan dengan feed baru. Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan baik dengan cara memaksimalkan penggunaan kata kunci/keyword yang Anda bidik di deskripsi pin atau board.

Artikel Menarik Lainnya :   Hashtag Marketing : Panduan Lengkap Hashtag dan Tips Menggunakannya

Kata kunci ini tentunya disesuaikan dengan bisnis dan konten yang Anda miliki. Dengan menggunakan trik ini, maka setiap kali ada pencarian dengan keyword tertentu di Pinterest, maka Anda akan memiliki peluang untuk memperoleh audiens baru.

3. Konsistensi Dalam Melakukan Pin
Melakukan konsistensi dalam melakukan Pin akan membuat board Anda terlihat hidup. Selain itu, user lain juga memiliki kecenderungan untuk mem-follow akun yang aktif di situs tersebut. Dalam hal konsistensi ini, maka perlu diperhatikan tenggat waktu atau timing. Proses pin ini sebaiknya secara berkala,dengan jumlah minimal 5 kali sehari. Sedangkan untuk akun bisnis yang berskala besar, maka disarankan untuk konsisten melakukan proses pin sebanyak 15-20 kali sehari.

Artikel Menarik Lainnya :   Optimasi Instagram Anda dengan SFS untuk Menambah Follower dan Menguatkan Jaringan Bisnis Online

4. Jangan Lupakan Tautan untuk Situs Anda
Tautan ke situs pribadi, selain sebagai backlink, juga sebagai rujukan atau bukti profesionalitas bisnis kita. Dalam bisnis online, hal seperti sangat penting. Pinterest juga menyediakan fitur verifikasi website yang dapat kita gunakan untuk mengkonfirmasi web kita dengan cara mengunggah kode HTML ke website.

5. Mengintegrasikan Pinterest dengan Website Kita
Pernahkan teman- teman berkunjung ke sebuah website yang memberi kemudahan pengunjung untuk melakukan pin otomatis ke Pinterest? Nah,dengan trik ini maka kita akan sangat mudah sekali untuk melakukan Pin konten website kita, dan juga dapat merangsang pengguna lain untuk membagi konten kita ke Pinterest.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda dapat memasang plugin yang men-support Pinterest sharing seperti Pin it button atau Shareaholic. Shareaholic ini sendiri pada dasarnya adalah social sharing button secara umum, namun plugin memiliki fitur seperti Pin it button yang membantu Anda berbagi konten dengan mudah di Pinterest.