Sebagai salah satu platform social media paling popular saat ini, Instagram adalah salah satu senjata penting yang digunakan oleh para Online Marketer. Dengan Instagram, maka user dapat mengabadikan foto dan video untuk keperluan pribadi atau pun bisnis, dan membaginya ke #follower mereka, dan sekaligus mengintegrasikannya ke situs jejaring social yang lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Flickr.

21 Langkah Menggunakan Instagram

Saya yakin siapa pun yang membaca artikel ini pasti sudah terbiasa menggunakan akun Instagram, bukan? Kalau begitu, sudah pasti punya aplikasi Instagram di HP masing- masing ya? Kalau begitu, kini Anda dapat menggunakan ‘adik’ Facebook ini untuk mulai memaksimalkan kehadiran bisnis Anda di dunia media sosial. Baik lah, langsung saja ikuti step by step berikut ini :

1. Tambahkan Gambar Profil yang Menarik
Gambar profil yang Anda gunakan untuk akun Instagram Anda haruslah terlihat menarik dan mencerminkan bisnis/ brand yang Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengganti foto profil Anda ini melalui aplikasi Instagram via mobile. Untuk mengganti foto profil, masuk lah ke akun profil Anda dan ketukkan foto profil yang lama dan pilih lah salah satu opsi : upload foto baru, import dari Facebook, import dari Twitter atau menghapus foto profil. Dengan foto profil yang menarik dan mencerminkan bisnis Anda, maka Anda bisa membuat calon follower Anda untuk tertarik mengikuti akun Anda.

2. Berikan Profil Singkat yang Menarik dan Menjual
Ceritakan sesuatu tentang diri Anda dengan deskripsi yang menarik, sesuai dengan brand Anda atau diri Anda. Jika Anda menjual sesuatu, Anda juga bisa memberikan informasi singkat tentang produk Anda. Jika tujuan Anda eksis di Instagram adalah untuk jualan, maka jangan ragu untuk menuliskan informasi tentang #website Anda dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Misalnya seperti ini :
 *Alia Skin Care/ Skin Care ber-BPOM RI bikin putih dan glowing maksimal dlm 14hr, Alami No Mercury No Hydroquinon/ Line : ….. WhatsApp : …. www…….com *
*Riccho Susu Almond >>  Homemade,daily fresh almond milk from pure raw almond ✉ riccho@gmail.com WA/SMS : +62….. ID Line : …. www…….com* 

Kreasikan juga dengan beberapa simbol atau karakter unik agar profilmu semakin menarik perhatian ^_^.

3. Temukan Akun yang Akan di-Follow
Jangan buru- buru langsung panen follower dulu ya. Ketika setting profil selesai, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menemukan beberapa user aktif untuk di-follow. Sebelumnya tentu sudah banyak teman- teman Anda dari #socialmedia lain yang juga eksis di Instagram, jadi Anda bisa memanfaatkan mereka untuk menjadi target pertemanan Anda di tahap awal.

Masuk lah ke bagian profil Anda lalu di bagian setting ( ditandai dengan ikon tiga titik di kanan atas ), Anda dapat mencari teman yang telah terkoneksi dengan Anda via Twitter atau Facebook. Meng-klik opsi tersebut membantu Anda untuk menambahkan teman- teman dari sosmed tersebut sebagai akun yang Anda follow. Di luar opsi tersebut, Anda juga dapat mencari akun untuk di follow dengan mencari berdasarkan nama, username atau tag. Lebih mudahnya, Anda dapat mem-follow akun selebriti atau akun yang sudah populer.

Mem-follow akun yang menarik untuk Anda menginspirasi Anda akan membantu algoritma Instagram untuk mempelajari apa yang Anda sukai dan menyajikan foto dan video yang relevan di tampilan ‘Discovery Tab’ nanti.

3. Mulai Posting Foto dan Video Anda
smartphone via mobile apps. Anda dapat menggunakan beberapa fitur Instagram untuk menghasilkan efek foto yang terlihat berbeda dan menarik. Instagram sendiri menyediakan fitur filter dan beberapa fitur editing seperti cropping, mengubah kecerahan gambar, memberikan nefek exposure, vignette, sephia dan masih banyak lagi. Sedangkan fitur untuk video, Anda dapat memotong panjang video atau memberikan efek tambahan. Setelah foto atau video Anda siap, postinglah dengan caption yang menarik dan hashtag. Jangan lupa juga Anda dapat menuliskan lokasi dari foto tersebut dan juga memposting foto Instagram tersebut secara otomatis ke social media yang lain.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Tools Keren untuk Mengukur Performa & Statistik Instagram

4. Cara Mendapatkan Foto yang Sempurna untuk Instagram
Yes, dengan trial & error, Anda dapat mencoba beragam efek yang berbeda untuk membuat foto Instagram Anda menjadi tidak biasa- biasa saja. Tapi yang perlu diingat, Anda sebaiknya jangan berlebihan dalam menggunakan efek karena justru membaut foto Anda menjadi terlihat sangat editan dan tidak natural. Buatlah foto Anda terlihat hangat dan hidup, seolah- olah dapat berbicara tentang produk dan diri Anda. Selain dengan filter dari aplikasi bawaan, Anda juga bisa mencoba beberapa aplikasi foto editing keren seperti Snapseed, Aviary, Adobe Photoshop Express dan juga VSCOcam. Aplikasi- aplikasi tersebut dikenal dapat memberikan efek filter yang keren untuk foto Instagram. Tips lebih banyak untuk foto Instagram silahkan baca artikel ini >> 6 Trik Fotografi Sederhana untuk Membuat Foto Profil Tampak Mempesona

5. Ayo Bereksperiman dengan Foto Berukuran Landscape atau Portrait
Dulu sih memang para Instagramers hanya bisa upload foto dengan dimensi foto seperti ukuran 1080×1080 px ( untuk hasil foto optimal ). Namun sejak Agustus 2015, Instagram sudah merevisi peraturan tersebut dimana user kini dapat meng- upload foto dengan dimensi landscape atau portrait. Alasannya, kadang- kadang sebuah foto membutuhkan lebih banyak ruang dari sekedar segi empat untuk menceritakan sesuatu.

Untuk membuat foto landscape atau portrait, pertama- tama pastikan aplikasi Instagram mu minimal adalah versi 7.5. Usahakan foto atau video mu minimal memiliki rasion ukuran 1,91:1 atau 4:5. Tap ( ketuk ) tanda miring < > yang terletak di kiri bawah untuk menggunakan fitur landscape, square atau portrait ini. Untuk landscape atau portrait yang tampil optimal, gunakan ukuran 1080×1350 px atau 1080×566 px.

6. Cara Tag/ Menandai Orang Lain di Instagram
Selesai meng- upload sebuah photo, Anda dapat menandai orang lain di foto tersebut. Caranya, tap orang atau obyek yang ingin Anda tandai di gambar dan kemudian masukkan nama username orang tersebut. Jika Anda tidak bisa menemukan orang yang ingin Anda tandai karena beberapa hal, Instagram akan membantu Anda untuk mencari tahu dengan memunculkan beberapa nama yang mungkin Anda cari. Mudah kan?

7. Cara Mention Instagrammers Lain
Jika Anda ingin menyebutkan/ mention nama teman Anda atau akun lain di caption foto, maka Anda dapat menuliskan username mereka dibalik karakter ‘@’, sama seperti format yang digunakan oleh Twitter. Contohnya : ‘OOTD with sweetheart @anindyaputri’ .

Setelah menandai, teman Anda akan menerima notifikasi dari Instagram bahwa mereka ditandai dalam sebuah foto. Jika Anda ingin membalas komentar seseorang di thread komen, Anda juga dapat menggunakan format ini untuk mention nama akun mereka. Sama seperti menandai foto, Anda juga akan mendapatkan notifikasi aktifitas dari Instagram.

8. Cara Like, Berkomentar dan Mengirim Foto dan Video
Untuk like foto atau video di Instagram, user dapat double tap di salah satu foto atau video atau bisa juga dengan memilih ikon ‘hati’ yang terletak di bawah foto. Jika Anda sudah menyukai sebuah foto kemudian ingin membatalkannya, maka lakukan lah hal yang sama tadi. Untuk berkomentar, Anda dapat dengan mudah menggunakan icon ‘bubble talk’ yang terletak di sebelah ikon ‘hati’.

Sedangkan uuntuk mengirim foto atau video yang Anda suka ke teman atau ke sebuah grup, Anda dapat menggunakan icon berbentuk panah yang terletak di sebelah icon ‘bubble talk’. Dengan meng-klik icon tersebut, maka akan muncul gambar Instagramers lain yang dapat Anda kirimi foto.

9. Cara Menyetting Private untuk Foto dan Video Anda
Anda ingin hanya orang- orang tertentu yang dapat melihat aktifitas Instagram Anda? Kalau begitu Anda dapat melindungi akun Anda dengan cara melindungi akun Anda dengan privasi ( private ). Untuk menyeting nya, masuk lah ke akun profil Anda, lalu ketuk ‘Settings’ dan nyalakan tanda ‘Private Account’. Tenang saja, Anda dapat mengubah pengaturan ini sewaktu- waktu.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Meningkatkan Ranking SEO dengan Menggunakan Sosial Media

10. Cara Menambahkan Lokasi di Foto/ Video Anda
Jangan lupa, Anda juga dapat menambahkan dimana lokasi foto tersebut diambil di  foto atau video yang Anda upload. Dengan menggunakan fitur ini, user Instagram juga dapat menampilkan foto/ video dalam bentuk feed atau grid dan menampilkannya dalam peta. Jika Anda tidak menyukai fitur ini, tidak masalah bila Anda tidak menggunakannya, karena memang beberapa orang tidak suka untuk menampilkan lokasi dimana sedang berada.

11. Cara Mengintegrasikan Akun Instagram Anda ke Facebook, Twitter, Tumblr dan Flick
Anda bisa mengintegrasikan langsung foto yang Anda upload ke platform social media lainnya favorit Anda seperti Facebook, Twitter, Flickr atau Tumblr. Bahkan untuk user di negara tertentu, mereka juga dapat mengintegrasikan akun mereka dengan Ameba dan  VKontakte.

Untuk melakukan ini, masuklah ke bagian Profile > Linked Accounts >Share Setting, lalu pilih akun sosial media mana yang ingin Anda integrasikan. Dengan menghidupkan fitur ini, maka foto/ video apa pun yang Anda posting akan secara otomatis terposting di social media yang Anda koneksikan. Merasa tidak nyaman dengan fitur ini?Anda dapat mematikan kembali social media yang Anda koneksikan dengan cara yang sama Profile > Linked Account > Share Setting, kemudian putus lah akun social media yang ingin Anda hentikan koneksinya.

12. Cara Menempelkan ( Embed ) Foto Instagram Anda ke Website
Tidak jarang ketika Anda sedang membaca sebuah media online ada beberapa blog yang membagikan konten foto Instagram secara otomatis ke website mereka. Jika Anda tertarik untuk membagikan sebuah foto Instagram juga, Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Pilih lah gambar yang ingin Anda bagikan, kemudian klik  simbol gambar yang tampak  seperti tiga titik kecil, lalu pilih ‘Embed’. Copy dan paste kode tersebut ke bagian mana pun dari halaman web Anda yang ingin Anda munculkan. Untuk dapat melakukan sharing foto ini syaratnya hanya satu, yaitu foto tidak di-setting private.

13. Menghapus Tags, dan Sharing Gifs
Menyebalkan ya kalau ada akun tidak dikenal tiba- tiba tag akun Instagram kita tanpa ijin? Jika Anda tidak menyukai tindakan ini, maka Anda dapat menghapus tags/ tanda yang melibatkan diri Anda. Untuk menghapusnya, masuk ke panel “Photos of You” yang terletak di pojok kanan, di bawah bagian profil Anda. Di panel tersebut, Anda akan melihat koleksi foto dari orang lain yang menandai Anda. Pilihalah foto yang tidak ingin ditandai sebagai Anda, kemudian klik tiga titik kecil di bagian kanan pemilik foto, pilih Photo Option >> Remove Tag.

14. Cara Menggunakan Hashtag Populer
Sama seperti Twitter, penggunaan hashtag ( # ) di Instagram juga sangat penting sebagai identitas sebuah postingan atau foto/ video yang Anda posting.  Dengan memilih hashtag yang tepat, Anda bukan hanya membantu orang lain yang memiliki interest yang sama untuk menemukan postingan Anda, tapi juga bisa mendapatkan follower baru. Misalnya Anda sedang memposting foto terkait jersey bola Manchester United, maka Anda dapat menggunakan hashtag #jerseybola #jerseygradeori #ManchesterUnited #SetanMerah #MU dan sebagainya. Untuk mendapatkan hashtag yang tepat  dan berpotensi populer, ikutilah saran dari Instagram yang muncul setiap kali Anda akan mengetikkan sebuah hashtag.

15. Anda Juga Bisa Mengakses Instagram Anda di Desktop
Ya, Instagram tidak hanya bisa diakses di mobile phone dalam bentuk aplikasi, tapi juga bisa diakses via desktop langsung ke website Instagram. Kunjungi lah website Instagram di https://instagram.com, lalu login dengan username dan password Anda. Di Instagram desktop, Anda dapat melaukkan pencarian, mem- follow akun orang lain dan meng- edit profil Anda. Sayangnya, sampai saat ini Anda masih belum bisa memposting foto/ video via website.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah dan Cepat Upload Video di Instagram IGTV

16. Bagaimana agar Akun Anda Dipromosikan oleh Instagram
Dengan terpilih menjadi featured ( akun yang dipromosikan ), maka Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan ribuan follower baru setiap hari. Sayangnya, Instagram masih belum begitu jelas bagaimana metode yang mereka lakukan dalam memilih user. Padahal ketika Anda terpilih menjadi akun yang dipromosikan, maka Anda akan mendapatkan beragam keuntungan.  Untuk mendapatkan peluang dipromosikan, selalu pastikan Anda memposting foto yang berkualitas, konsisten, original dan menarik untuk follower akun Instagram Anda.

17. Cara Membagi GIFs
GifShare adalah sebuah aplikasi yang mengijinkan Anda untuk membagikan GIFs ke sosial media favorit Anda. Anda dapat mencari GIFs atau meng-uploadnya dari kamera Anda. GifShare ini sendiri menerima file dengan format .gif, .mp4, .mov, .mpg dan m4v. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda harus men-download nya terlebih dahulu dari App Store atau menggunakan aplikasi alternative yang tersedia di Android dan iOS ( Giphy Cam ).

18. Menambahkan Akun Lebih dari Satu ke Instagram
Dari semua fitur update yang pernah dilakukan Instagram, kemudahan mengatur multiple akun adalah yang terbaik menurut Saya. Sejak Februari 2016, Anda bisa menambahkan berapa banyak akun Instagram Anda hanya dengan satu aplikasi saja. Anda dapat menggunakan setidaknya lima akun dalam satu akun Instagram. Profil akun yang tampak adalah profil aktif yang sedang Anda gunakansaat itu.

19. Cara Membuat Foto Kolase, Time-Lapse Video dan Looping Videos
Ketika Anda hendak memposting sebuah foto, maka Anda akan menyadari ada dua ikon yang berduet di bagian kanan bawah gambar Anda. Salah satu gambar berbentuk seperti angka delapan tertidur dan satunya terlihat seperti kombinasi persegi. Ikon pertama adalah ikon yang mengajak Anda untuk mencoba aplikasi boomerang Instagram, sedangkan ikon kedua akan mengajak Anda untuk mencoba gambar kolase atau menggabungkan beberapa gambar untuk masuk ke dalam satu frame.

Untuk menggunakan kedua aplikasi ini, Anda perlu mendownload fitur yang dibutuhkan. Cukup menarik kah untuk dicoba? Menurut Saya iya, karena kedua aplikasi ini akan membuat foto Anda tampil berbeda dan terlihat lebih hidup.

Dengan Boomerang, foto Anda akan terlihat seperti foto animasi Gif. Sedangkan foto kolase dapat membantu Anda menyatukan beberapa foto dalam satu moment yang baru.

20. Menjelajahi Akun Instagram Populer dan Menarik
Tertarik untuk mem-follow akun- akun baru yang fresh dan sesuai minat Anda? Cobalah melihat ‘Activity Button’ dengan meng-klik ikon bergambar hati di bagian bawah akun Instagram Anda. Di panel ini, Anda bukan hanya melihat siapa saja yang menyukai konten Anda, tapi Anda juga dapat melihat aktifitas Instagram teman Anda, seperti teman yang menandai Anda, apa yang orang- orang sukai di sekitar network Anda.

21. Ketahui Apa yang Follower Favorit Anda Bagikan di Instagram
Memiliki banyak follower kadang membuat Anda melewatkan beberapa postingan menarik dari akun favorit Anda. Ini karena postingan mereka akan dapat dengan mudah terkubur di feed Instagram ketika postingan baru muncul. Jika Anda memiliki akun favorit yang ingin Anda simak setiap hari, maka hidupkanlah notifikasi yang membantu Anda untuk melihat postingan baru akun tersebut. Untuk mengaktifkan ini, masuklah ke halaman profil akun yang ingin Anda lihat, kemudian tap icon tiga titik di bagian kanan atas, lalu pilih ‘Select Turn on Post Notification’.

 

Referensi: Digital Trends, di update pada Mei 2016