Untuk para netizen, YouTube memang bukan hal yang asing lagi. Kita sudah pasti sering mendengar nama situs ini dan bahkan sudah sering mendapatkan hiburan yang menarik dari beragam video yang disajikan oleh situs ini. Yups, YouTube adalah sebuah media online dimana user bisa mengunggah video milik kita ke internet, dan kita juga bisa menonton video orang lain yang diunggah di situs tersebut secara gratis.. tiss… tiss… Modalnya hanya satu, yaitu koneksi internet.

Saat ini #YouTube adalah situs paling populelr di seluruh dunia. Bukan hanya sebagai situs media sosial yang menawarkan video menarik, tapi juga salah satu media dimana para user-nya dapat mendulang uang. Dan tentu saja, sebagai media penghasil uang, situs berbasis video ini sangat disukai, wong hasilnya sangat lumayan kok!

Tidak heran, kini semakin banyak user yang tertarik untuk menjadi bagian komunitas pendulang uang dari YouTube. Dengan mengunggah #video mereka dan menunggu video mereka ditonton banyak orang, maka mereka bisa mendappatkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari video yang mereka unggah saja. Masa’ iya bisa sampai ratusan juta? Bisa banget, tapi tentu saja Anda harus memiliki subscriber yang cukup banyak dan video berkualitas yang cukup menarik perhatian khalayak ramai.  Sabar.. jika  Anda baru memulai, ada banyak alas an mengapa Anda tidak perlu terburu- buru.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari YouTube?

Pasti sudah kepo banget kan bagaimana caranya mendapatkan uang dari YouTube?  Sabar, kita sedang menuju ke sana saat ini. Pertama- tama, kita akan mengawalinya dengan pertanyaan yang mendasar, yaitu video apa saja yang dapat di upload ke YouTube? Bermacam- macam video, mulai dari video musik dari  label ternama, video bisnis/ event, video lucu, video bersenang- senang, parody, video sains, video berita, dokumentasi kegiatan, video tutorial, dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Dengan Sedikit atau Nyaris Tanpa Modal

Dari video- video tersebut, kita kerap melihat ada iklan di bagian bawah video, sidebar atau pada awal kemunculan video. Untuk iklan di bagian sidebar, biasanya kerap muncul pada video yang jumlah tampilannya sudah cukup banyak. Ini dia kuncinya, yaitu si pemilik video ini mendapatkan penghasilan dari  jumlah view iklan yang banyak atau klik iklan penonton. Nah, mari kita ikuti step by step- nya!

1. Mulai lah dengan Membuat Akun YouTube
Jika Anda belum memiliki sebuah akun YouTube, maka mulai lah dengna mendaftar. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan akun Google Anda seperti Gmail. Login lah dengan akun Gmail Anda, lalu setelah itu kunjungi situs YouTube.com. Di sebelah kanan atas Anda akan melihat opsi ‘Upload’ dan ‘Masuk’. Anda kemudian akan melihat tampilan YouTube seperti biasa dengan gambar foto profil Google Anda di bagian kanan atas.

Lihat Gambar :
saluran,chanel,YouTube

Langkah selanjutnya, buatah Channel atau saluran untuk akun YouTube Anda dengan klik ‘Saluran Saya’ ( My Channel ) di panel sebelah kiri. Masuk ke halaman baru, Anda akan mulai men-setting Saluran Anda. Anda dapat memilih untuk menggunakan nama asli ( sesuai bawaan akun Google Anda ) atau menggunakan nama lain untuk channel Anda. Misalnya Anda ingin menggunakan nama khusus, seperti nama domain website, Anda dapat mengklik link ‘To use a business or other name, click here”, lalu Anda diarahkan untuk memasukkan nama channel yang Anda inginkan. Setelah selesai dengan nama channel, pilih lah kategori yang dipilih, lalu centang ‘I agree to the Pages Terms” ( Saya menyetujui halaman ketentuan ), lalu klik “Selesai” ( Done ).

Setelah melalui langkah tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman Saluran Anda yang sudah jadi. Anda dapat mengatur tampilan saluran tersebut dengan menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover dan pengaturan lainnya. Selamat, saluran khusus untuk akun YouTube Anda berhasil dibuat.

Artikel Menarik Lainnya :   Banjir Pembeli dan Follower dari Instagram untuk Online Shop 2018

2. Upload Video Pertama Anda ke YouTube
Untuk dapat menghasilkan uang dari YouTube, tentu Anda harus memiliki video yang di upload ke Channel Anda. Dalam upload video ini ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuh, salah satu yang terpenting adalah video harus original yaitu milik Anda sendiri dan tidak melanggar hak cipta orang lain, baik dari segi materi gambar, video clip, logo dan juga sampai back sound.

Anda mungkin dapat merekam kegiatan Anda sehari- hari yang unik seperti video fitness, bernyanyi atau membuat video tutorial tertentu. Yang pasti, jika Anda ingin mendaftarkan video Anda ke program monetize YouTube, Anda harus rajin membuat dan mengunggah video unik Anda ke saluran Anda. Menurut beberapa YouTubers, setidaknya Anda membutuhkan kurang lebih 100-200 video untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan dari YouTube. Semakin banyak video yang Anda unggah, maka akan semakin baik untuk pundi- pundi uang Anda. Jadi tidak ada ala an untuk males- malesan ya 🙂

3. Cara Meningkatkan Popularitas Channel YouTube Anda
Salah satu kunci penting di awal kehadiran Anda di YouTUbe adalah dengan meningkatkan popularitas saluran YouTube Anda. Beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan popularitasnya antara lain adalah sebagai berikut :
a. Mengunggah video secara rutin agar kehadiran Anda terlihat oleh para YouTubers aktif.
b. Buat video yang unik, menarik dan berkualitas. Perhatikan lah resolusi dari video Anda, semakin baik resolusinya, maka tampilannya akan semakin jelas untuk audiens.
c. Sesuaikan dengan minat atau niche Anda, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk membangun konten video yang baik untuk channel Anda dan YouTubers lebih mudah mengenali Anda.
d. Selalu sisipkan ‘Call to Action’ untuk mengajak penonton berlangganan saluran Anda, baik di akhir clip video Anda atau di deskripsi video.
e. Aktif berkomentar di awal pembangunan Channel. Biasanya para YouTubers aktif kerap bertukar ‘subscribing’. Cobalah sering berkomentar di video YouTubers lain, khususnya di awal- awal video Anda dibuat dan subscribe channel mereka. Ketika Anda aktif bersilaturahmi dan mereka mulai menyadari Anda telah mem- follow mereka, maka besar kemungkinan mereka juga akan men- subscriber channel Anda.
e. Promosikan video Anda ke media sosial seperti Facebook, dan Twitter.

Artikel Menarik Lainnya :   Ingin Campaign Facebook Ads Anda Berjalan Efektif? Lakukan lah 6 Langkah Cerdas Ini!

4. Daftarkan ke Google Adsense untuk Mulai Menghasilkan Uang dari YouTube
Google Adsense adalah cari paling populer untuk menghasilkan uang dari YouTube. Dengan mengikuti program monetize ini, setiap view dan klik iklan Anda dapat dikonversi menjadi penghasilan yang sangat lumayan. Tentu saja ini sangat tergantung dari jumlah video, viewers dan klik iklan ya. Kalau channel dan tampilan video Anda masih sangat sepi, tentu sangat sulit untuk mendapatkan penghasilan yang bagus. Tapi jika Anda serius dengan program #monetize video ini dan berhasil menelurkan jumlah video yang cukup banyak dan juga jumlah viewers yang gila, maka hasilnya pasti luar biasa.

Jika Anda belum memiliki akun Google Adsense sebelumnya, Anda dapat mendaftarkan akun Anda sebelumnya. Namun jika sudah, Anda dapat mengintegrasikan akun Google Adsense Anda sebelumnya dengan YouTube. Sebaliknya, Anda juga dapat mengintegrasikan Google Adsense yang Anda peroleh dari YouTube ini untuk dipakai di blogger atau di-upgrade sehingga dapat dipasang di blog self-hosted.

Kunci Keberhasilan Bermain YouTube adalah Kreatifitas

Ya, kreatifitas sangat penting untuk terus memotivasi Anda menghasilkan video yang kreatif dan menarik. Dengan modal ini, Anda dapat menggaet banyak pelanggan ( subscriber ) setia yang menjadi penonton tetap Anda dan juga menarik penonton baru dari segala penjuru. Tanpa semangat dan motivasi, tidak ada jaminan Anda bisa menghasilkan uang yang diharapkan  dari YouTube. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda. Terimakasih sudah membaca.