Sudah tahu Tokopedia? Jawabannya pasti sudah tahu dong ya? Tokopedia adalah salah satu start up digital yang berperan sebagai marketplace atau tempat berkumpulnya para pedagang online. Di Indonesia, start up marketplace memang sedang berkembang pesat. Start up ini memberikan kesempatan sebesar- besarnya untuk para pedagang online untuk mempromosikan produknyadi website tersebut. Tokopedia bisa dibilang merupakan salah satu startup marketplace yang terbesar dan terbaik untuk para pedagang online.

Dari segi pembeli sendiri, mengapa sih lebih tertarik berbalanja di Tokopedia daripada transaksi langsung dengan pedagang? Nah ini dia, seringkali pembeli merasa ragu atau takut ditipu jika harus bertransaksi secara online. Penipuan secara online ini memang marak sehingga mengurangi minat pembeli untuk bertransaksi secara online. Disini lah fungsi marketplace seperti Tokopedia, untuk menghidupkan kembali transaksi berjualan online dan sebagai wadah terpercaya yang menghubungkan penjual dan calon pembeli.

Faktor kemananan memang menjadi fitur utama yang kerap ditawarkan oleh sebuah marketplace. Sama halnya dengan Tokopedia. Setiap transaksi yang dilakukan di #startup ini sangat aman dan nyaris bebas penipuan. Setiap calon pembeli dan pedagang adalah orang- orang yang memang sudah terdaftar di toko online ini. Transaksi pun dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada calon pembeli.

Ketika pembeli melakukan transaksi, maka uang dari pembeli tidak langsung masuk ke saldo penjual, melainkan menunggu beberapa hari sampai status transaksi benar- benar terselesaikan. Dengan fitur yang disebut Rekber atau Rekening Bersama ini, maka calon pembeli akan terhindar dari yang namanya tipu- tipuan ala online shop abal- abal.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Toko Online: Jenis Produk yang Dapat Dijual Secara Online

Selain itu, Tokopedia juga memberikan faktor kemudahan dalam bertransaksi dengan ragam pilihan produk yang terdiri hingga ribuan jenis. Ketika calon pembeli mencari produk yang diinginkannya, mereka dapat mengetikkan produk yang dicari di kolom pencarian. Selanjutnya, Tokopedia akan menampilkan list produk yang dicari dari berbagai pedagang online yang terdaftar di Tokopedia. Disini para pembeli dapat membandingkan produk yang mereka inginkan, mulai dari harga, spesifikasi, rating penjual dan juga review pembeli. Kalau sudah banyak pilihan seperti ini pasti semakin enak dan nyaman kan berbelanja online?

Cara Mendaftar di Tokopedia

Baik mau menjadi penjual atau pembeli, kita wajib mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah- langkah untuk mendaftar member di Tokopedia :
1. Kunjung website resmi marketplace ini di Tokopedia.com, lalu klik tombol ‘Daftar’ yang terletak di pojok kanan atas layar

Lihat Gambar :
tokopedia, mendaftar, penjual, pembeli, member

2. Untuk mendaftar, Anda bisa langsung mendaftar dengan akun Facebook, Yahoo atau Gmail Anda. Mendaftar dengan akun ketiga opsi akun tersebut akan lebih mudah karena Tokopedia akan langsung mengakses data diri Anda di ketiga platform tersebut. Namun di tutorial ini, kita akan mencoba mendaftar dengan menggunakan input data form. Maka yang harus dilakukan adalah dengan melengkapi form ini sesuai dengan informasi yang diminta, seperti mengisi:
*) Nama Lengkap
*) No HP
*) Alamat email
*) Kata sandi
*) Ulangi kata sandi
*) Tanggal lahir
*) Jenis kelamin

Artikel Menarik Lainnya :   13 Teknik Jitu Untuk Meningkatkan Omset Toko Online Anda

Lalu centang pernyataan persetujuan ( biasakan dibaca dulu link persetujuan nya ya ) da klik tombol ‘Bergabung’

Lihat Gambar :
tokopedia, mendaftar, penjual, pembeli, member, form pendaftaran

3. Akan mungul sebuah halaman notifikasi dimana Anda harus mengecek inbox email Anda untuk aktivasi member.

Lihat Gambar :
tokopedia, mendaftar, penjual, pembeli, member, aktivasi

4. Buka email berisi link verifikasi member Anda, lalu klik ‘Aktifkan Akun Anda’

Lihat Gambar :
tokopedia, mendaftar, penjual, pembeli, member, aktivasi member, verifikasi email

5. Aktivasi akun berhasil dilakukan, selanjutnya Anda akan diminta untuk aktivasi nomor handphone untuk keamanan transaksi dan juga sebagai notifikasi dan token untuk melakukan proses jual beli online di Tokopedia. Klik tombol ‘Verifikasi Sekarang’

6. Masukkan nomor ponsel Anda, lalu klik ‘Kirim Kode Verifikasi’. Tokopedia akan mengirimkan sebuah kode verifikasi ke HP Anda. Setelah kode tersebut masuk ke ponsel Anda, masukkan kode tersebut ke dalam form yang diminta, lalu klik ‘Submit’

7. Viola, akun Tokopedia Anda kini sudah selesai

Apa yang Dapat Dilakukan ketika Akun Tokopedia Sudah Selesai Dibuat?

1. Update data diri atau profil Anda, lengkapi dengan foto profil, alamat, rekening bank dan atur notifikasi.
2. Anda mulai dapat melakukan aktifitas jual beli dengan akun Anda. Anda dapat mencari produk yang Anda inginkan, kemudian menghubungi penjual untuk bertanya- tanya seputar produk dan stok.
3. Anda dapat membuka toko online Anda sendiri

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendaftar di Bukalapak sebagai Pembeli dan Penjual

Bagaimana Cara Membuka Toko Online di Tokopedia

Setelah Anda memiliki sebuah akun di Tokopedia, maka Anda dapat membuka cabang toko online Anda di marketplace ini. Dari pilihan menu di dashboard Anda, pilih gambar ‘Buka Toko’ yang terletak tepat di sebelah kiri foto profil Anda.

Lihat Gambar :
tokopedia, mendaftar, penjual, pembeli, member, buka toko

Setelah itu, Anda akan masuk ke sebuah jendela baru untuk mengisi detail informasi seputar toko Anda, yaitu meliputi :
*) Nama toko online Anda
*) Logo
*) Slogan
*) Deskripsi
*) Alamat Pick-up/ Pengiriman
*) Metode Pengiriman yang akan Anda pakai, selanjutnya klik ‘Buka Toko’
*) Selesai, toko online Anda telah resmi dibuka di Tokopedia

Lihat Gambar :
tokopedia, mendaftar, penjual, pembeli, member, buka toko, data toko online Anda

Apa yang dapat Anda lakukan setelah ini?
*) Anda dapat mengedit informasi seputar toko online Anda
*) Anda dapat mulai upload produk yang akan Anda jual di Tokopedia dan mengatur etalase nya sesuai dengan kategori tertentu
*) Anda dapat upgrade menjadi Gold Membership ( berbayar ) untuk meningkatkan visibilitas Toko Online Anda
*) Anda dapat melakukan promosi dengan cabang toko online Anda di marketplace ini

Membuka cabang toko online Anda di Tokopedia memungkinkan Anda untuk memperoleh berbagai kemudahan dan keuntungan. Mudah- mudahan setelah hal ini Anda lakukan, maka omset toko online Anda akan mengalami kenaikan dan produk Anda akan semakin menjangkau banyak orang. Selamat mencoba!