Memulai bisnis online bisa sangat mudah sekaligus sulit. Bagi pemula yang belum punya pengalaman sama sekali, #bisnisonline tampak sebagai sesuatu yang masih terawang- awang, alias baru bisa sekilas membayangkan tapi masih bingung untuk melangkah kemana. Artikel di Google tentang bisnis online memang bertebaran dengan ratusan versi yang berbeda. Jika Anda masih belum tahu pasti apa yang akan dilakukan, tentu artikel- artikel tersebut justru akan membuat Anda menjadi semakin bingung.

Maka dari itu, penting sekali mengetahui dasarnya sebelum Anda melangkah jauh. Ketahuilah dahulu jenis- jenis bisnis online yang dapat dijalankan, ketahui juga minat Anda, resiko dan tingkat kesulitannya. Membangun bisnis online pun butuh keseriusan jika Anda ingin bisa melangkah jauh dan tidak hanya berjalan di tempat yang sama. Selain itu, mental positif dan kuat juga diperlukan dalam memulai bisnis online ini. Bukan bisnis online saja sebenarnya, bisnis apa pun, pasti membutuhkan komitmen dari Anda. Komitmen ini antara lain adalah sebagai berikut :
* Mau bekerja keras, tidak hanya ingin instant
* Mau belajar serius
* Pantang menyerah
* Memiliki goal yang jelas dan terukur
* Berani ambil resiko
* Menyadari bahwa menjadi pemula selalu banyak rintangan

 

Jenis- Jenis Bisnis Online yang Dapat Diikuti Pemula

Setelah memantapkan niat, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini untuk memulai perjalanan bisnis online Anda. Tentu saja Anda boleh menjalankan lebih dari satu seperti pebisnis- pebisnis online lainnya. Namun di tahapan awal, sebaiknya pilihlah dulu salah satu dan tekuni. Setelah sukses di satu, baru belajar untuk mempelajari jenis bisnis online lainnya agar ilmu yang didapat semakin berkembang dan mantap.

1. Membangun Blog/ Website Sendiri
Bisa dibilang, membangun blog/ website sendiri adalah cara paling mudah untuk memulai bisnis online. Kenyataannya, banyak pebisnis online yang awalnya adalah seorang blogger. Setelah mereka expert dalam blogging, maka celah bisnis online lain akan semkin mudah untuk diikuti.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Untuk membangun sebuah blog, Anda dapat menggunakan cara gratisan dan dapat juga berbayar. Dengan cara gratis, Anda dapat memanfaatkan fasilitas web 2.0 alias platform blog gratisan seperti blogger, WordPress, weebly, tumblr dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin lebih mantap lagi dan professional, tentu wajib hukumnya untuk self-hosting ( membayar hosting dan domain ).

Pertama- tama, tentukan lah topik yang akan Anda kupas di blog Anda. Dalam memilih topik, usahakan ini sesuai dengan minat atau passion Anda dapat meminimalisir efek jenuh atau kehilangan passion di tengah jalan ( ini salah satu penyakitnya blogger ^_^ ). Misalnya Anda menyukai topik kesehatan dan kecantikan, maka tulis lah blog dengan kedua topik tersebut. Jika Anda sangat suka memasak, tulislah blog dengan topik memasak.

Bangun lah blog/ website Anda dengan serius dan tekun sampai akhirnya memiliki cukup banyak pengunjung. Ketika jumlah pengunjung sudah memadai, Anda dapat mendaftarkan website Anda ke program monetize untuk mendapatkan komisis dari iklan yang tayang di website Anda. Salah satu program monetize yang kerap dipakai para blogger antara lain adalah Google Adsense. Selain itu, Anda juga dapat menjual slot iklan sendiri, iklan PPC, iklan affiliatet dan lain- lain. Yang pasti, semakin baik Anda merawat website Anda, maka kesempatan mendulang uang akan semakin besar.

2. Membangun Toko Online
Berbeda dengan blogging yang harus dibangun dari nol dan penuh kesabaran di awal, ketika Anda membangun toko online, maka Anda akan dapat merasakan keuntungan seketika itu juga. Membangun toko online pun sekarang mudah dan tidak harus memiliki website. Anda dapat menggunakan smartphone Anda, memanfaatkan social media, marketplace dan rajin melakukan ‘pencintraan’ produk.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Media Sosial terbaik untuk Promosi Bisnis dan Jualan Online

Bagaiman jika Saya tidak punya modal atau belum siap memiliki produk sendiri? Coba lah untuk menjualkan produk orang lain melalui system dropship atau reseller. Dengan kedua jenis model bisnis, Anda hanya membutuhkan sedikit modal atau bahkan bisa tanpa modal dan sangat minim resiko. Saat ini banyak sekali toko online besar yang memasarkan produknya dengan laris manis berkat bantuan dari reseller dan dropshipper. Jadi, kesempatan terbuka lebar!

3. Menjual Jasa
Kalau Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu, maka jual lah keahlian Anda. Jasa/ keahlian apa saja yang dapat dijual secara online? Beberapa diantaranya adalah jasa desain, jasa edit foto, jasa pembuatan logo, jasa pembuatan website/ blog, jasa menambah #follower, dan masih banyak lagi. Jadi, sudah saatnya Anda membuat kemampuan Anda dipasarkan secara online untuk menjangkau lebih banyak lagi audiens.

4. Menjual Produk Digital
Anda juga dapat menggunakan keahlian Anda untuk membaut produk digital dan menjualnya secara online. Produk digital yang dapat Anda buat antara lain adalah eBook, video tutorial atau membership. Produk- produk digital ini biasanya akan laris ketika Anda sudah masuk ke komunitas tertentu yang membutuhkannya. Sudah banyak internet marketer yang berkarya lewat produk digital dan tentu saja meskipun awalnya sulit mereka akhirnya bisa menuai sukses. Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Berani coba?

5. Menjadi Affiliate Marketer
Blog Anda sudah ramai tapi masih ditolak Google Adsense? Coba lah menjadi affiliate marketer. Dengan menjadi Affiliate Marketer, Anda menjual produk orang lain, baik produk fisik, maupun produk digital dan mendapatkan komisi yang lumayan dari setiap pembelian yang berasal dari link affiliate Anda. Dalam menjual produk ini, akan lebih mudah bila produk yang Anda jual sesuai dengan topik yang sedang dibahas di blog Anda. Atau Anda sengaja membuat satu blog khusus untuk affiliate marketing ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Riset untuk Menemukan Produk dan Supplier Terbaik di Marketplace

Misalkan jika blog Anda memiliki niche blogging dan SEO, maka Anda bisa menjadi affiliate produk digital blogging dan SEO yang saat ini sedang fenomenal dari hari ke hari. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menjadi affiliate di situs-situs yang memiliki program afiliasi. Beberapa situs besar yang menawarkan komisi affiliate ini antara lain Amazon, Clickbank, Lazada dan masih banyak lagi.

6. Menjual Jasa Penulis Artikel ( Menjadi Ghost Writer )
Jasa penulis artikel online sangat banyak dibutuhkan oleh pemilik website yang ingin situs mereka terupdate secara regular sedangkan mereka tidak memiliki banyak waktu. Peluang untuk menjalankan bisnis ini sangat besar jika Anda serius dan focus menawarkan diri di awal dan memberikan kualitas yang diinginkan calon customer.

Faktanya, ada banyak pebisnis online yang sukses dalam menjalankan profesi ini. Jadi jika Anda memiliki minat yang sangat besar di bidang menulis, ayo jadi penulis online saja. Anda berpeluang untuk merubah hobi Anda menjadi penghasilan. Asyik, bukan??

[Tweet “Ayo punya bisnis online, kalau bukan sekarang kapan lagi?”] Nah, dari keenam cara memulai bisnis online ini, mana kira- kira yang paling sesuai untuk Anda? Mana yang menurut Anda paling mudah dan paling Anda minati? Jika Anda berpikir itu sulit, tentu saja ini hanya karena Anda belum mencoba atau Anda sedang berusaha menemukan jalannya. Setelah ketemu jalannya dan enjoy, wah lebih asyik dan seru lagi! Selamat mencoba ya ^_^