Type to search

SEO

Bagaimana Cara Memilih Jasa SEO Indonesia yang Berkualitas? Ikuti Panduan Berikut Ini!

Share

Tidak ada yang salah dengan menggunakan Jasa SEO untuk optimasi website Anda. Khususnya jika Anda merupakan pribadi yang sibuk dengan segudang aktivitas offline, dan merasa bahwa teknik SEO cukup menyita waktu Anda, maka Anda dapat menyerahkan optimasi SEO #website Anda kepada ahlinya. Dengan cara apa? Tentu dengan menggunakan jasa SEO.

Selain salah satu alasan yang saya contohkan diatas, ada beberapa alasan lain mengapa orang memilih untuk menggunakan jasa SEO daripada harus menerapkan strategi SEO tersendiri. Selain karena sibuk dengan aktivitas offline dan tidak memiliki banyak waktu, banyak yang menggunakan jasa SEO karena mereka tidak percaya diri dengan tingkat kompetisi yang ketat di keyword yang mereka bidik. Ada juga yang beralasan bahwa SEO itu ribet dan dirinya belum sempat untuk mempelajarinya saat ini. Apa pun alasannya, yang pasti jasa SEO memang masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Anda boleh saja iseng- iseng mengetikkan kata kunci ‘Jasa SEO’ ( tanpa tanda petik ) di halaman pencarian Google. Apa yang akan Anda temukan? Ternyata banyak sekali blog yang menawarkan jasa SEO website. Banyak yang menjanjinkan website Anda akan segera menikmati halaman pencarian utama di mesin pencari, khususnya Google. Penyedia jasa SEO ini bisa saja sebuah perusahaan atau instantsi yang terorganisir, dan bisa juga perorangan yang telah memiliki reputasi dan kemampuan master di bidang SEO.

Jangan Salah Memilih Jasa SEO, Salah Memilih Berakibat Fatal

Saking banyaknya pilihan jasa optimasi website di mesin pencari, kita sering dibuat bingung untuk menentukan jasa mana yang akan kita pakai. Menentukan pembelian jasa memang lebih sulit daripada menentukan pembelian produk fisik yang kualitasnya lebih mudah diukur. Yang pasti, kita harus hati- hati dan melakukan survey terlebih dahulu agar tidak terjebak dengan menyewa penyedia jasa SEO yang ternyata tidak kompeten. Mengapa? Karena akibatnya bisa fatal.

Salah satu akibat memilih jasa optimasi website yang tidak kompeten, boro- boro ranking blog kita naik ke posisi utama, yang ada justru peringkat kita bisa anjlok dan yang paling buruk adalah resiko deindex jika penyedia jasa optimasi blog tersebut menggunakan cara- cara yang tidak direstui oleh Google, alias menggunakan teknik blackhat. Sudah keluar duit banyak sih maunya untung, eh.. ini malah buntung! Nyesel kan?

Lantas bagaimana caranya agar tidak terjebak dengan penyedia Jasa SEO yang tidak bonafid? Berikut ini adalah tips yang dapat Anda ikuti untuk memilih Jasa SEO Indonesia untuk website/ blog bisnis Anda:

1. List Penyedia Jasa SEO yang muncul di halaman 1-2 Google

Yang ini tentu wajib Anda lakukan. Jika website penyedia jasa optimasi website tersebut muncul di halaman pertama Google, maka sudah pasti punya SEO yang oke punya. Kalau SEO nya sendiri belum ok punya, ya jangan dipilih ya. Tidak perlu saklek harus di no pertama atau kedua, selama website mereka muncul di halaman 1-2, berarti Anda boleh memantau mereka dan membandingkan penawaran dan kualitas mereka lebih lanjut. Jasa SEO ini sendiri merupakan keyword yang persaingannya cukup ketat, sehingga mereka yang memang berada di halaman 1-2 merupakan website- website yang memang pasti memiliki teknik SEO yang bagus. Silahkan catat beberapa website yang menurut Anda paling bagus di halaman utama ini.

Lihat Gambar :
jasa SEO, jasa optimasi website

2. Harga Penyedia Jasa SEO Rasional

Setelah mencatat list- list penyedia jasa SEO yang masuk di halaman utama pencarian, selanjutnya bandingkan harga layanan yang mereka tawarkan. Anda perlu berhati- hati dengan penyedia jasa optimasi website yang menawarkan harga yang terlalu murah atau justru kelewat mahal. Harga paling mahal tidak selalu menjadi patokan. Tapi kalau harganya terlalu murah dan selisihnya lumayan jauh dari penyedia jasa lainnya, maka ini patut menjadi pertanyaan juga untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa SEO Penting untuk Sebuah Bisnis?

Memang sih secara naluri kita selalu ingin mendapatkan yang terbaik dan termurah- dasar manusia, hahaha. Tapi seringkali harga tidak berbohong, kalau terlalu murah ya mungkin memang kurang berkualitas. Sama saja buang- buang uang, bukan?

Tapi kenyataannya, harga paling mahal sekalipun tidak menjamin kualitas yang terbaik dan kepuasan layanan. Harga Jasa SEO pada dasarnya bisa diperkirakan dari melihat tingkat kesulitan persaingan kata kunci yang dibidik di mesin pencari. Di tahap kedua ini, silahkan bandingkan list tadi di bagian harga. Pilihlah website yang menawarkan harga yang rasional. Sekali lagi ingat, jangan terjebak dengan harga jasa SEO yang murah tapi tidak bisa diandalkan. Pada akhirnya Anda bisa keluar uang dua kali dan merugikan website Anda untuk jangka waktu yang lama.

3. Perhatikan Desain/ Tampilan Website Penyedia Jasa

Kesan pertama harus menggoda, begitu lah peraturannya untuk memilih jasa optimasi website. Sebuah perusahaan atau perorangan yang menyediakan jasa SEO pastilah orang yang mengerti tentang struktur website yang ideal, memberikan tampilan yang cukup baik untuk pengunjungnya, serta menyediakan sebuah web yang memiliki loading relatif cepat.
Dengan desain yang menarik ini lah seorang penyedia jasa dapat mengenalkan bisnisnya dan sekaligus memikat calon klien. Tentu saja tidak semata- mata desain yang cantik, tapi sebuah website yang memiliki struktur ideal, seperti menggunakan tag heading H1, H2, H3 dengan tepat, mengatur meta tag dengan baik dan penggunaan kode HTML di dalam website.

Selain itu, loading website si penyedia jasa haruslah relatif cepat, karena kecepatan merupakan salah satu hal yang berpengaruh dalam SEO. Jika tampilan website penyedia Jasa SEO sudah menunjukkan kualitas yang baik untuk calon klien nya, tentu saja tidak ada keraguan bahwa penyedia jasa tersebut memang provider yang bonafid dan layak dipertimbangkan.

4. Penyedia Jasa SEO Mau Melakukan Analisa Website
Kebanyakan penyedia Jasa SEO menawarkan layanan gratis berupa memberikan analisa singkat mengenai tingkat persaingan untuk keyword yang Anda incar. Disini Anda Anda silahkan memastikan bahwa penyedia jasa SEO yang akan Anda gunakan mau memberikan layanan ini, sehingga Anda dapat mengetahui tingkat persaingan kata kunci yang Anda bidik. Anda mungkin tidak harus mengetahui terlalu mendalam untuk analisa tingkat persaingan kata kunci ini, namun dengan mengetahuinya sekilas, Anda akan memiliki lebih banyak ide untuk mengembangkan dan memaksimalkan website Anda kedepannya.

Artikel Menarik Lainnya :   9 Point Penting untuk Strategi SEO Jangka Panjang yang Efektif

Selain itu, trik ini juga dapat Anda gunakan sebagai pancingan untuk mengetahui layanan dan profesionalitas yang dapat diberikan oleh si penyedia jasa SEO ini. Untuk seorang praktisi SEO, menyediakan data analisa tingkat persaingan kata kunci juga bukan merupakan hal yang sulit. Jika memang orang atau perusahaan tersebut memang kompeten di bidang SEO, maka mereka pasti dapat menyediakannya untuk Anda. Bagaimana jika penyedia Jasa SEO ini tidak mau menyediakan layanan ini secara cuma- cuma? Saya sarankan Anda untuk berpikir ulang menggunakan jasa dari provider ini dan mencari referensi lain.

5. Testimoni dari Pelanggan Sebelumnya
Apakah di website penyedia Jasa SEO yang Anda incar menunjukkan testimoni dari pelanggan yang memakai jasa mereka? Bagaimana reaksi mereka? Puaskah mereka? Ya tentu saja pasti puas, kalau tidak puas pasti tidak akan ditampilkan #ehh.

Testimoni merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan kualitas layanan yang diterima oleh klien. Testimoni seringkali memaparkan pengalaman si klien dalam menggunakan jasa si provider. Tapi tunggu dulu, kita harus berhati- hati dengan testimoni ini, karena tidak jarang testimoni palsu sengaja dibuat untuk meyakinkan calon klien bahwa layanan mereka memang bagus. Tentu saja Anda tidak ingin terjebak dengan trik ini, bukan?

Salah satu cara agar tidak terjebak dengan testimoni palsu adalah dengan memastikan bahwa testimoni tersebut memang berasal dari orang- orang yang nyata dan memang pernah menggunakan jasa SEO dari si provider tersebut. Untuk memastikan keasliannya, salah satu langkah yang dapat Anda tuju adalah dengan melihat website si pemberi testimoni ( untuk jasa web, SEO dan sejenisnya, nama website biasanya ditampilkan ) dan menghubungi si pemberi testimoni untuk menanyakan tentang layanan si provider jasa SEO tersebut. Kalau memang ternyata sesuai dengan yang ditayangkan di website dan si pemberi testimoni memang puas, maka bisa menjadi nilai plus untuk penyedia Jasa optimasi website.

6. Penyedia Jasa SEO Memiliki Data Kontak dan Profil yang Valid
Profil dan data kontak dapat dimanipulasi dengan mudah, maka dari itu, berhati- hati adalah wajib hukumnya. Anda harus menganalisa terlebih dahulu tentang profil dan data kontak si penyedia tersebut, apakah valid atau hanya data kloningan yang dibuat untuk formalitas. Seorang penyedia jasa SEO yang bonafid setidaknya memiliki fasilitas untuk dapat berkomunikasi dengan klien nya dengan mudah, seperti memiliki alamat kantor, nomor telepon, nomor HP personal/ customer service, yahoo messenger, BBM, email dan juga media sosial seperti facebook dan twitter.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Meningkatkan Ranking SEO dengan Menggunakan Sosial Media

Tidak ada salahnya Anda kepo mengece akun media sosial mereka karena di era medsos seperti ini, media sosial seperti facebook dan twitter adalah perangkat wajib. Di kedua medsos ini juga biasanya pelanggan akan suka meneriakkan komplain atau pujian mereka terhadap layanan yang diberikan. Jika Anda melihat terlalu banyak kejanggalan atau terlalu banyak hate speech untuk brand penyedia Jasa SEO ini, maka ini adalah sinyal untuk Anda mencari penyedia jasa optimasi website yang lebih baik dan terpercaya.

7. Jangan Mudah Dirayu oleh Penyedia Jasa SEO
Namanya juga jualan, jika Anda berusaha untuk mengontak mereka, pasti mereka akan berusaha maksimal agar komunikasi dengan Anda berakhir dengan closing. Anda mungkin saja dirayu mati- matian dengan jaminan ini itu dan bahwa website Anda akan langsung menjadi yang pertama di halaman pencarian Google. Terdengar sangat manis memang, tapi sebaiknya Anda jangan langsung percaya karena ini hanyalah janji semu. Mengapa? Karena menjadi nomor satu di Google ini tidak mudah, tidak bisa instant dan juga dipengaruhi oleh banyak faktor.

8. Cari Tahu Strategi SEO Apa yang Akan Digunakan oleh Penyedia Jasa SEO
Anda wajib mencari tahu strategi SEO seperti apa yang akan diterapkan oleh si penyedia Jasa SEO. Jika penyedia Jasa SEO menerapkan teknik SEO white hat sesuai dengan kaidah yang disarankan oleh Google, maka tentu saja Anda boleh lega.

Namun sebaliknya, jika penyedia Jasa SEO ternyata menggunakan bantuak software dalam melakukan proses optimasi website Anda, Anda berhak merasa was- was. Memakai software untuk melakukan optiamsi SEO dapat membahayakan website Anda karena ini merupakan teknik SEO yang tidak direkomendasikan oleh Google. Selain itu, penggunaan software dengan cara yang tidak tepat untuk memperoleh banyak backlink dapat membuat sebuah situs terdeteksi sedang melakukan kegiatan SPAM, dan ini sama saja bunuh diri untuk website Anda. Resikonya, website Anda dapat terjun bebas peringkatnya atau bahkan sampai mengalami deindex. Ngeri bukan?

Memang harus diakui, optimasi SEO sendiri untuk menembus halaman utama pencarian memang cukup melelahkan dan menyita banyak waktu. Salah satu harapan kita waktu menggunakan Jasa SEO adalah untuk mendapatkan keuntungan di mesin pencari tanpa harus berpusing- pusing ria. Tentu saja kita bisa memperoleh manfaat yang kita harapkan jika memang penyedia jasa optimasi website yang kita pilih memang lah yang kompeten di bidangnya. Tapi bagaimana jika tidak? Bisa bahaya, kan?

Maka dari itu, sebelum kita memutuskan untuk menggunakan jasa SEO dari website tertentu, wajib hukumnya untuk melakukan analisa dan review terlebih dahulu. Tidak perlu buru- buru, yang penting hasil akhirnya membuat kita happy ending. Selamat mencoba!

 

Tags:

2 Comments

  1. Panda Gila Feb 13, 2016

    5

    Balas
  2. RK Mei 9, 2016

    4.5

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.