Membuat website yang baik itu butuh perencanaan yang baik? Misalnya perencanaan dalam menentukan topik dan konten agar tercipta website dengan relevansi yang tinggi. Lhoh, memang apa pentingnya relevansi? Untuk apa harus memikirkan relevansi dan apa manfaatnya?

Begini, misalnya Anda sedang membutuhkan informasi tentang cara merawat kucing angora. Anda kemudian mengunjungi Google untuk menemukan website yang dapat membantu Anda memberikan panduan gratis cara merawat kucing tersebut. Maka setelah Anda mengetikkan kata kunci tersebut, Google akan menampilkan pencarian yang dianggap paling relevan terhadap topik yang Anda cari. Kesimpulannya, untuk mendapatkan hati Google dan menduduki peringkat atas di hasil pencarian, maka website Anda harus relevan dengan kata kunci yang dicari.

Apa itu Relevansi Website? Mengapa Website Kita Harus Relevan?

Relevansi artinya keterkaitan langsung atau kesesuaian topik. Di dalam membangun sebuah website, relevansi memiliki peranan penting untuk memberi tahu kepada Google bot tentang sebuah topik yang sedang kita bahas di blog. Dengan level revelansi yang baik, maka website kita dapat dengan lebih mudah masuk ke halaman utama, karena topik yang sedang dibahas sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh user. Jadi tentu saja relevansi itu penting, dan usahakan website kita se- relevan mungkin dengan niche yang kita pilih.

Ciptakan Website yang Relevan dengan #5 Komponen Vital Ini

Website dengan relevansi tinggi tidak tercipta begitu saja, melainkan harus dibangun dengan menggunakan komponen- komponen pendukung relevansi. Komponen- komponen tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Judul/ Nama Utama Website dan Deskripsi Singkat Website
Memiliki nama website yang sesuai dengan topik yang dibahas sangat penting, mengingat nama website merupakan hal pertama yang akan diindeks oleh robot bot Google. Nama website disini bukanlah nama yang dijadikan domain, melainkan tag nama yang akan terlihat di bagian title bar dari web browser kita. Misalnya untuk website ini, judul website nya adalah ‘Belajar Blogging, Bisnis Online dan Internet Marketing’, karena memang website ini menyajikan informasi yang berkaitan dengan blogging, bisnis online dan internet marketing.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Strategi untuk Menciptakan Konten yang Cepat Populer

Untuk membuat judul yang meningkatkan relevansi website, usahakan Anda menaruh kata kunci yang Anda bidik. Misanya website Anda menjual parfum, maka Anda dapat menggunakan kata ‘Wholesale Parfum Paris Original Indonesia’.

Bagaimana jika menambahkan nama brand di depan judul yang menembak kata kunci? Boleh saja. Misalnya brand website Anda adalah ‘Anastacia’, maka Anda dapat menggunakan judul dengan rankaian kata ‘Anastacia |Wholesale Parfum Paris Original Indonesia’. Tidak harus saklek seperti yang Anda contohkan, Anda dapat menggunakan berbagai variasi lainnya, selama masih menyisipkan kata kunci yang ditargetkan.

Langkah selanjutnya, buatlah ‘deskripsi’ website yang singkat, padat dan tentu saja, yang membidik kata kunci yang ditargetkan oleh website Anda.
Bolehkah hanya menggunakan brand website dan tagline saja untuk judul website? Tidak masalah menurut Saya, tapi Anda harus lebih menekankan kata kunci secara natural di deskripsi website Anda.

2. Optimalkan Judul Website Anda dengan Keyword
Bukan hanya halaman utama saja yang harus memiliki relevansi yang baik, setiap konten di website pun perlu dioptimalkan agar relevansinya semakin meningkat. Langkah yang harus Anda lakukan agar judul website Anda optimal dan relevan adalah dengan menyisipkan kata kunci yang dibidik, tapi dengan membuat judul tetap menarik secara alami. Contohnya sebagai berikut:
*) 9 Cara Ampuh untuk Mendapatkan Sumber Backlink Berkualitas ( kata kunci : ‘Backlink’ )
*) Cara Melakukan Riset Keyword dengan 5 Tool Berbeda ( kata kunci: ‘Riset Keyword’ )

Artikel Menarik Lainnya :   5 Prinsip Dasar SEO yang Tidak Lekang oleh Waktu dan Algoritma Google

3. Alamat URL Halaman Website yang SEO Friendly
Bukan rahasia lagi, alamat URL merupakan salah satu faktor penting dalam hal SEO. Jadi jika Anda ingin mendongkrak tingkat relevansi website dan SEO Anda, mudah saja, buatlah URL website Anda menjadi SEO Friendly. Pastikan kata kunci atau keyword yang Anda target masuk ke dalam struktur URL konten website Anda.

Seandainya keyword yang Anda bidik adalah kata paling akhir dari judul postingan, dan ada kemungkinan kata tersebut terpotong dari struktur URL yang di-publish nanti, maka lakukan lah trik untuk mengurangi kata- kata kurang penting di tengah atau di awal struktur url, sehingga kata kunci yang Anda bidik tetap aman di dalam struktur URL tersebut.

4. Konten adalah Bagian Terpenting dari Relevansi Website
Sudahkan konten Anda relevan dengan topik yang telah ditentukan? Misalnya, website Anda sebetulnya adalah untuk ‘Self Improvement’, tapi secara tidak sadar ternyata Anda banyak menulis tentang fenomena K-Pop dan tips membuat kue. Tentu saja ini tidak nyambung… bung.. bung.. Website Anda yang pada dasarnya mengusung niche ‘Self Improvement’ kini kehilangan arah karena tidak ada relevansi antara konten dengan kata kunci yang dibidik dan topik yang dipilih sejak awal.

Fokuslah selalu kepada niche website yang Anda pilih. Jika niche website Anda otomotif, ya jangan membahas musik keroncong, atau jika website Anda tips komputer, jangan sampai melenceng menjadi tips kebersihan lingkungan.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa Tiba- tiba Ranking Blog/ Website Merosot di SERP Google?
[Tweet “Websitenya tema otomotif, isinya musik keroncong. Nggak nyambung..bung”]

Selain konten yang relevan dengan topik, perhatikan juga kedalaman artikel Anda. Jangan asal- asalan dalam menyajikan informasi kepada pembaca karena hal itu dapat membuat mereka kapok dan pergi dari Anda. Sebaliknya, sajikanlah konten yang dalam dan benar- benar memberikan manfaat untuk pembaca.

5. Website Kaya akan Konten Unik, Fresh dan Up to Date
JANGAN COPAS! Anda bukan pertama kalinya mendengar warning ini pastinya. Google sangat tidak suka dengan konten copas, sehingga tidak jarang kita mendengar banyak website yang copas asal dalam jumlah masal sering diberi hukuman.

Selain itu, untuk dapat menciptakan website yang relevan dan berkualitas, miliki lah banyak konten. Semakin banyak konten yang Anda buat, maka website Anda akan semakin dianggap berkualitas oleh Google. Tentu saja dengan catatan, konten tersebut bermanfaat untuk pembaca Anda dan relevan.

Bukan hanya itu saja, sebuah website yang kaya akan konten akan menunjukkan kepada Google bahwa website tersebut dikelola dengan baik dan terus di-update. Jadilah penulis yang produktif untuk website Anda, sehingga website Anda akan terlihat sebagai website yang terawat, dapat menyajikan konten yang fresh dan up to date.

Untuk menciptakan website yang relevant, memang sangat dibutuhkan konsistensi dan komitmen. Anda harus fokus dalam membangun website Anda, khususnya di tahap awal. Jangan mudah ikut- ikutan trend yang sama sekali tidak sesuai dengan konten website. Dan ingat ya, fokus itu adalah kuncinya!