Type to search

Social Media

Cara Membuat Video YouTube Viral ala Dennis Adhiswara

Share

Sudah bukan rahasia lagi, Situs Video YouTube kini bukan hanya dijadikan sebagai platform asyik untuk mencari hiburan segar dengan konten- konten video yang fresh dan menghibur. YouTube kini juga sebuah lading untuk menambah pundi- pundi penghasilan kita. Di Indonesia, sudah banyak YouTubers yang sudah membuktikan betapa gurihnya menghasilkan pundi- pundi uang dari video mereka yang popular dan viral di media sosial.

Ternyata tidak sulit untuk menjadi seorang YouTubers. Dengan bermodal akun Google ( gmail ) saja kita sudah dapat mendaftarkan diri di YouTube. Selanjutnya, kita dapat meng-upload beragam materi untuk memiliki video menarik yang dapat menarik minat banyak orang di dunia maya untuk menonton.

Tentu saja kita tidak bisa mengunggah sembarang video jika ingin menuai penghasilan dari platform website berbasis video ini. Butuh proses agar untuk kita dapat meningkatkan jumlah subscriber kita hingga ratusan, ribuan dan bahkan hingga jutaan, dan ada trik tertentu juga agar ketika video yang kita buat di publish, maka jutaan pasang mata tertarik untuk melihatnya. Dengan jumlah pemirsa yang jutaan dan jumlah subscriber yang fantastis, maka meraup penghasilan dari YouTube akan menjadi mudah.

Kali ini kami akan berbagi tips bagaimana caranya membuat video YouTube menjadi viral ala Dennis Adhiswara. Sudah pasti kenal dong dengan Mas Dennis? Kalau belum kenal coba kenalan dulu ya, hihihi….

Artikel Menarik Lainnya :   Benarkah IGTV Akan Menjadi Ancaman Serius untuk YouTube?

1. Video YouTube Anda Memiliki Konten yang Unik dan Lain dari yang Lain

Ternyata bukan Cuma blog saja yang wajib berpatokan bahwa konten adalah raja. Untuk membuat video di Youtube menjadi menarik perhatian banyak pemirsa, tips ini juga sangat diperlukan. Menurut Mas Dennis Adhiswara, agar video yang kita buat dapat menjadi viral, maka kita harus mampu membuat konten yang lain dari yang lain. Video ini harus unik, original dan menarik bagi pemirsa YouTube itu sendiri.

Sekilas tips ini terdengar biasa ya, tapi dalam penerapannya, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jumlah video di YouTube ini jumlahnya ribuan. Setiap hari, jam dan menit-nya, banyak sekali video baru yang diupload oleh YouTubers. Ini artinya, persaingan konten video di YouTube ini sangat ketat brooo. Tentu kita harus menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda agar video kita ini dilirik oleh jutaan pemirsa, meskipun harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan video baru lainnya setiap hari.

Ketika berbicara dalam sebuah seminar, Dennis pernah berkata seperti ini, “Setiap satu menit setiap harinya, secara keseluruhan ada sekitar 120 jam video baru yang terunggah ke YouTube. Jadi kalau konten kita biasa aja, kita sulit bersaing.”
Nah lho…!

Artikel Menarik Lainnya :   Step by Step Cara Beriklan di Facebook

2. Judul dan Deskripsi di Sebuah Video Youtube itu Penting!

Lagi- lagi kita samakan dengan pembuatan artikel blog deh, dimana judul dan deskripsi itu memegangperanan penting. Untuk dapat mendapat kesan positif ketika mengudara bersama video kompetitor lainnya, Anda perlu selektif dalam pemilihan kata untuk judul dan deskripsi. Dengan judul yang menarik dan deskripsi video yang baik, maka pemirsa akan tertarik untuk menonton video Anda lebih jauh.

Disini Anda perlu memainkan kata kunci yang dibidik. Sisipkan kata kunci tersebut di judul dan deskripsi, buat semenarik mungkin dan enak dibaca ( natural ). Ketika Anda memainkan trik ini, selain menarik bagi pemirsa, maka video Anda pun juga akan disukai oleh mesin pencari, khususnya Google. Sudah sering kan teman- teman menemui video tertentu nongkrong di page one #Google?

Berkaitan dengan keyword, Dennis Adhiswara bertutur, “Keyword di judul dan dua kalimat pertama di deskripsi itulah yang sangat penting dan dibaca oleh mesin pencari seperti Google. Makanya banyak YouTuber yang bikin konten video berdasarkan keyword tertentu yang lagi tren.”

3. Thumbnail yang Cantik dan Menarik untuk Video YouTube Anda

Tentu saja thumbnail yang menarik itu penting. Ibarat sebuah sales letter, maka bisa dibilang sebuah thumbnail adalah headline nya video. Thumbnail video yang menarik ini memang suka bikin pemirsa gemes untuk klik melihat isi video YouTube. Tentu saja boleh membuat thumbnail yang membuat orang menjadi penasaran. Tapi ingat, jangan memanipulasi atau menipu pemirsa. Istilah kerennya, thumbnail ini jangan sampai misleading alias menyesatkan pemirsa. Thumbnail harus sesuai dengan konten video yang kita publish ya…

Artikel Menarik Lainnya :   17 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Puluhan Kali Lipat

4. Ajakan Berlangganan Channel/ Saluran Video YouTube Anda

Trik ini sudah diterapkan oleh Channel YouTube Panda Gila dan juga banyak YouTubers, Indonesia dan dunia. Dengan mengajak pemirsa Anda men-subscribe channel/ saluran Anda, maka secara tidak langsung Anda telah membangun komunikasi dengan para pemirsa Anda. Tips ini sekaligus mengarahkan pemirsa untuk mau berlangganan pada channel video Anda.

Bukan hanya itu saja untungnya, ketika pemirsa tersebut mau menjadi subscriber Anda, maka secara tidak langsung Anda sedang membangun network pemirsa Anda. Ketika Anda mem-publish video baru, maka subscriber Anda akan mendapat notifikasi video baru Anda. Secara tidak langsung, Anda sudah memiliki banyak calon pemirsa untuk video- video Anda di masa mendatang. Semakin banyak yang bergabung, maka semakin baik untuk pertumbuhan channel Anda.

Selain itu, di sini terjadi sebuah interaksi komunikatif secara intens kepada pemirsa. Ketika komunikasi tersebut berjalan dengan baik, tentu itu bisa menjadi sebuah keuntungan besar kepada Anda.

Tags:

1 Comment

  1. Anonim Feb 25, 2016

    5