Siapa sih yang tak ingin menjadi kaya secara finansial? Jika mau jujur pada diri sendiri, sepertinya hampir sebagian besar orang akan berkata ‘ingin’. Kaya secara finansial bukan untuk kepentingan diri sendiri, tapi juga masa depan yang cerah untuk keluarga.

Untuk sukses dan kaya, banyak orang mengejar kekayaan finansial mereka dengan cara meningkatkan penghasilan setinggi- tingginya. Bisa dengan meminta kenaikan gaji, mencari pekerjaan baru, merintis usaha dan masih banyak cara lainnya.

Namun yang menjadi pertanyaan menarik, bisakah kita menjadi kaya sekalipun penghasilan nyaris tidak bertambah? Hmmm…

Menjadi Kaya Raya Meski Penghasilan Tidak Bertambah

Faktanya, kita bisa lho kaya raya meskipun penghasilan kita tidak bertambah. Mungkin kaya versi ini tidak secepat mereka yang berhasil meningkatkan penghasilan mereka setinggi mungkin. Penasaran apa saja? Simak beberapa cara berikut ini :
1. Perbanyak tabungan dengan berhemat
Coba diingat baik- baik, jenis pengeluaran apa saja yang selama ini Anda lakukan, padahal tidak ada faedahnya untuk keuangan Anda. Apakah kamu menghamburkan uang terlalu banyak untuk nongkrong atau merokok? Atau untuk perawatan tubuh yang berlebihan?

Artikel Menarik Lainnya :   Daftar 30 Blogger Sukses dengan Penghasilan yang Terbesar

Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu atau bahkan benar- benar menghilangkannya, Anda bisa meningkatkan penghasilan bulanan Anda secara tidak langsung.

2. Simpan semua receh yang Anda miliki
“Menyimpan uang recehan di galon, pemuda asal Tasik kaget saat tahu jumlah uang yang dimilikinya.”
Jadi ingat sama judul berita viral, kan? Hehehe…. Tapi benar deh, kita sering banget menyepelekan recehan. Padahal saat kita rajin mengumpulkannya, recehan ini jumlahnya bisa membuat kita kaget saat benar- benar terkumpul

Mulai dari sekarang, coba lah menyimpan uang receh kembalian dari makan siang, parker, atau belanja snack dari supermarket Anda. Coba kumpulkan uang receh tersebut dalam satu toples terlebih dulu. Setelah satu toples penuh, coba singkirkan dan siapkan toples yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Brand Hijab Terpopuler di Indonesia untuk Inspirasi Bisnis Anda

3. Manfaatkan Diskon
Tidak sedikit situs di Indonesia yang menawarkan kupon atau voucher diskon untuk berbelanja di website mereka. Diskon ini dapat Anda manfaatkan untuk membeli barang atau kebutuhan lain yang memang Anda inginkan. Walaupun tidak begitu banyak, yang namanya diskon tetap saja menguntungkan dan membuat Anda berhemat lebih banyak.

4. Manfaatkan fasilitas auto-deposit
Dengan fasilitas auto-deposit yang disediakan oleh bank, Anda dapat memindahkan secara otomatis nominal tertentu dari rekening transaksi harian ke rekening tabungan. Dengan fitur ini, Anda akan dibuat seolah- olah lupa dengan jumlah uang yang dipindahkan otomatis tersebut dan Anda pun mempunyai ‘cadangan’ dana yang aman dari jatah belanja Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Meraih Sukses dengan Bantuan Tuyul Warisan Bapak Saya

5. Bijak menggunakan kartu kredit
Kartu kredit sering disebut kartu setan hanya karena penggunanya tidak bijak dalam mengelolanya. Padahal kartu kredit ini sebenarnya bisa menolong penggunanya di saat- saat tertentu.

Pastikan Anda mencatat atau mengingat pengeluaran dengan kartu kredit Anda agar tidak kaget dengan jumlah tagihannya. Hindari membeli yang tidak penting dengan kartu kredit hanya karena Anda ‘seolah-olah’ mempunyai uang banyak di kartu Anda.

Jika Anda konsisten melakukan lima hal tersebut, maka secara perlahan tapi pasti, kekayaan Anda dapat mengalami penambahan dengan baik. Kuncinya adalah di diri sendiri. Sudah siapkah Anda?