Di era digital ini, semua pekerjaan dikerjakan nyaris dengan sangat cepat dan mudah. Ada banyak hal yang berubah berkat perubahan teknologi yang sangat cepat ini. Salah satu yang paling terpengaruh adalah bisnis travel online. Untuk menikmati travelling dengan bantuan travel agent, kita dulu harus mendatangi travel tersebut atau melakukan pemesanan dengan cara konvensional. Ini lah hal mendasar yang telah banyak berubah. Jika selama ini Anda adalah salah satu pecinta travelling, pernah kah terpikir untuk mencoba menjalanikan bisnis travel online Anda?

Kalau Anda perhatikan, pengguna media sosial saat ini seringkali memposting kegiatan traveling yang mereka lakukan kapan pun dan dimana pun. Mereka kerap berbagi momen bahagia dengan berbagi foto di berbagai tempat wisata, baik di destinasi luar negeri maupun dalam negeri, menjadi kegiatan yang semakin lumrah dilakukan oleh para pengguna internet.

Melihat fenomena yang semakin popular ini, bisnis travel adalah peluang yang sangat menjanjikan. Bisnis ini juga mempunyai potensi yang sangat baik untuk jangka panjang, dan bahkan bisa dikerjakan dengan modal yang minim. Untuk Anda yang merasa tidak mempunyai tempat khusus untuk menjalankan usaha ini, maka memilih bisnis travel secara online adalah pilihan terbaik karena usaha ini dapat dikerjakan dari rumah.

 

Tips Meraih Keuntungan dari Bisnis Travel Online

Sama seperti jenis bisnis lainnya, bisnis travel online juga membutuhkan keahlian tertentu. Jika Anda merasa belum mempunyai keahlian yang dibutuhkan, cobalah untuk melakukan riset hal apa saja yang harus Anda pelajari sebelum mendirikan bisnis travel online Anda. Setelah mempelajarinya, Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan modal sangat terjangkau dengan bantuan sistem online.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk meraup keuntungan maksimal dari bisnis travel online

 

1. Siapkan Hardware dan Software untuk Pendukung Bisnis Anda
Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk membangun bisnis travel yang sukses adalah memastikan kesiapan perlengkapan yang dibutuhkan. Karena bisnis Anda akan berjalan secara online, maka hardware dan software yang baik sangat penting.

Pastikan komponen hardware yang Anda gunakna mempunyai spesifikasi yang cukup mumpuni. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan dukungan jaringan internet yang baik agar Anda dapat bekerja dengan nyaman.

Sedangkan komponen software adalah program dan sistem operasi yang membantu Anda untuk melakukan pemesanan tiket secara online. Selain itu, software juga membantu proses biling transaksi dan website yang berisi shop chart. Untuk mendapatkan software ini, Anda dapat bekerja sama dengan agent tiket online dan membuat perjanjian kerjasama terlebih dulu.

Artikel Menarik Lainnya :   22 Perusahaan Online ini Memungkinkanmu untuk Kerja dari Rumah

Bisa disimpulkan, beberapa perangkat elektronik yang harus Anda siapkan antara lain :

  • Komputer/ Laptop dengan spesifikasi yang mumpuni
  • Printer
  • Perangkat telepon (bisa telepon sellular)
  • Jaringan internet yang baik

Point pertama ini sangat vital dan akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda kedepannya.

 

2. Menggeluti dan Mencintai Dunia Traveling
Bisnis yang dijalankan karena passion akan cenderung bertahan lebih lama dan lebih mudah untuk berkembang. Itulah alasan mengapa bisnis ini sangat baik dijalankan oleh mereka yang mencintai dunia travelling.

JIka Anda ingin sukses menjalani bisnis yang berhubungan dengan dunia travelling, maka Anda sendiri memang harus menunjukkan minat pada dunia travelling. Konsumen yang membutuhkan jasa Anda juga akan didominasi oleh mereka yang menyukai dunia travelling, dan mereka akan sangat senang jika menemukan teman ngobrol yang ternyata mempunyai minat yang sama. Kecocokan dengan pelanggan akan membangun hubungan baik ini ke level yang berbeda.

Pecinta travelling biasanya juga mempunyai pengetahuan yang luas mengenai tempat- tempat wisata yang menyenangkan, tempat kuliner yang unik dan enak, serta tempat penginapan yang nyaman dan terjangkau. Jika Anda ingin sukses di bisnis travel online, sebaiknya Anda meng-update pengetahuan Anda mengenai obyek- obyek wisata dan hal- hal yang mempunyai kaitan erat dengan dunia travelling.

 

3. Mulai Membangun Brand Bisnis Travel yang Menarik
Membangun bisnis di era digital berarti tidak boleh mengesampingkan pentingnya membangun sebuah brand untuk bisnis Anda. Dengan brand yang baik dan menarik, maka bisnis travel Anda akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat dalam jangka panjang.

Sebuah brang bisnis yang unik juga dapat menarik lebih banyak minat konsumen. Brand bisnis travel juga dapat mempermudah calon konsumen saat merkea mencari website atau alamat bisnis Anda di internet. Maka dari itu, membangun brand bisnis ini penting untuk Anda perhatikan sejak awal.

Brand bisnis travel Anda sebaiknya memenuhi beberapa point berikut ini :

  • Mempunyai nama yang unik
  • Brand mudah diingat
  • Brand mudah dilafalkan dan ditulis

 

4. Hindari Perang Harga Saat Anda Masih Pemula

Harga masih menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen di Indonesia, termasuk dalam bisnis travel. Tidak heran, banyak pemain di bisnis ini sering melakukan perang harga demi merebut hati konsumen. Sebagai pemula di bisnis travel online, Anda harus mempunyai strategi khusus untuk menghadapi para pebisnis yang melakukan perang harga ini.

Alih- alih terjebak dalam perang harga, Anda dapat melakukan promo yang menarik untuk konsumen Anda di moment teretntu. Misalnya, untuk event tertentu konsumen bisa mendapaktan merchandise chantik dari brand Anda, potongan harga atau cash back.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Cerdas Memilih Endorser di Instagram yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dengan promo kreatif seperti ini, Anda bisa menyelamatkan bisnis Anda dari perang harga yang sebenarnya bisa merugikan dan membuat kalang kabut untuk pebisnis pemula. Gali ah ide menarik sebanyak- banyaknya untuk membuat perhatian konsumen jatuh ke brand bisnis Anda.

 

5. Membangun Relasi dan Jaringan Bisnis Travel Anda
“If you want to go far, go together.” Itulah salah satu kutipan yang menyatakan pentingnya untuk mempunyai relasi bagi Anda yang ingin bisnis Anda meraih sukses dan berkembang pesat. Selain terus belajar dan mengembangkan kemampuan berbisnis, membangun relasi dan jaringan bisnis adalah hal yang sangat penting.

Setiap bisnis juga pasti membutuhkan bisnis lain untuk meraih sukses, termasuk bisnis travel online Anda. Selain mempunyai karyawan berpengalaman, Anda juga perlu membangun relasi dengan pebisnis lain di bidang yang sama dengan bisnis Anda untuk bisa menjadi faktor pendukung bisnis. Misalnya saja saat Anda berbisnis travel dengan berjualan tiket online, Anda juga bisa bekerjasama dengan bisnis penyewaan mobil (rental), hotel, dan jasa tour guide.

Membangun bisnis dapat dilakukan dengan berbagai media, seperti mengikuti forum atau komunitas bisnis, bergabung dengan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis yang Anda geluti, atau melalui media sosial. Dengan membangun relasi, maka jaringan bisnis Anda semakin berkembang dan bisnis Anda berpotensi semakin dikenal dan semakin sukses. Jadi, mengapa tidak?

 

6. Lokasi Masih Sering Menjadi Faktor X
Point ini tentuk bukan hal yang asing, bukan? Seringkali bisnis mempunyai peluang yang lebih besar untuk sukses saat berada di lokasi yang strategis. Bisa jadi Anda bertanya, bukankah bisnis yang kita jalankan ini travel online, seharusnya tidak perlu lokasi strategis dong?

Ok, hal ini memang benar. Namun nyatanya, tidak sedikit konsumen yang ingin datang secara langsung ke tempat bisnis travel sekedar untuk membeli tiket atau sekedar bertanya- tanya. Dan tidak jarang juga calon konsumen tidak jadi membeli dari sebuah bisnis travel online khanya karena mereka tidak mempunyai tempat usaha offline. Hal ini seolah- olah menurunkan tingkat kepercayaan mereka terhadap bisnis tersebut.

Selain itu, meskipun klasik, faktanya lokasi tempat usaha yang strategis dan ramai juga meningkatkan peluang untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Hal ini juga berlaku untuk bisnis travel online. Selain lokasi yang strategis dan ramai, Anda juga perlu membuat tempat usaha travel Anda nyaman untuk dikunjungi sehingga bisnis Anda terlihat semakin professional dan terpercaya.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Menghadapi Toko Online yang Sepi dan Menurun Omsetnya

 

7. Mulai Promosikan Bisnis Travel Anda
Bisnis apapun akan membuuthkan promosi untuk bisa sukses. Promosi dapat Anda lakukan secara online dan offline. Promosi offline dapat Anda lakukan dengan cara beriklan di media massa, seperti koran atau majalah, menyabar brosur, memasang pamphlet di tempat- tempat yang strategis, atau menggunakan media radio.

Sedangkan promosi secara online dapat Anda lakukan melalui media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, dll), membangun situs web, beriklan secara online (Google Adwords , Facebook Ads, Instagram Ads , dsb), mempromosikan di forum jual beli, dan masih banyak lagi.

Proses pemasaran tidak menjamin Anda akan langsung mendapatkan konsumen saat itu juga. Hal ini membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Pemasaran juga perlu Anda lakukan secara konsisten untuk memperbesar peluang bisnis Anda mendapatkan konsumen dan meningkatkan penjualan.

 

8. Jadikan Customer Oriented sebagai Budaya dari Bisnis Anda

Layanan yang baik kepada konsumen adalah kunci untuk membawa bisnis Anda meraih kesuksesan. Terutama karena bisnis travel online sendiri menjual produk dalam bentuk jasa. Saat konsumen terpesona dan merasa nyaman dengan layanan yang Anda berikan, maka besar kemungkinan mereka akan kembali menjadi customer Anda (repeat customer) dan mempromosikan bisnis Anda secara gratis ke teman- teman mereka (word-of-mouth marketing).

Sebaliknya, tidak jarang konsumen beralih ke pesaing Anda saat mereka merasa tidak dilayani dengan baik meskipun Anda sudah memberikan harga termurah. Jadi, pastikan Anda mempunyai standar layanan yang membuat customer merasa nyaman dan puas.

 

9. Bekerja Keras dan Jangan Mudah Menyerah
Memulai bisnis tidak semuah kelihatannya. Saat Anda sudah mempersiapkan banyak hal dan memulai nya, Anda sering terjebak dalam kebingungan dan kesulitan, terutama di awal Anda berjuang. Meski begitu, hal ini sebaiknya tidak membuat Anda berkecil hati.

Jatuh bangun dan bekerja keras di awal adalah hal yang lumrah dilakukan oleh pebisnis, terutama oleh pemula. Bahkan tidak sedikit pebisnis yang bekerja dengan jam yang lebih panjang dibandingkan jam karyawan di awal perjuangan mereka. Namun kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Jika Anda tekun dan bersungguh- sungguh, sukses akan menjadi milik Anda.

 

Jika memang travelling adalah bisnis yang membuat Anda merasa passionate, cobalah geluti bisnis ini dengan bantuan tips #1 hingga #9. Semoga bermanfaat!