Belajar bisnis di usia muda?? Kenapa tidak? Faktanya, tidak sedikit pengusaha yang memulai bisnis mereka di awal usia 20 an. Meski minim pengalaman dan budget relatif pas- pasan di usia ini, namun justru semangat untuk belajar dan mencoba hal baru sedang sangat membara.

Di Indonesia sendiri, cukup banyak pengusaha muda yang sukses dengan bisnisnya. Tentu saja bukan mencoba satu hal langsung tiba- tiba sukses. Selalu ada kisah kerja keras dan jatuh bangun di baliknya. Dengan tekad yang kuat, akhirnya mereka berhasil menikmati jerih payah mereka.

 

Bisnis yang Popular di Kalangan Pengusaha Usia 20 an

Tertarik untuk mencoba jenis bisnis hits yang mereka geluti? Anda bisa merintisnya sesegera mungkin. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang populer di kalangan usia 20 an :
1. Bisnis Kuliner

Di balik hype nya bisnis kuliner unik seperti kue- kue an, es krim dengan nama nyentrik, kripik pedas, kreasi jamur dan masih banyak lagi, ada sekelompok anak muda kreatif inovatif di belakangnya. Anak- anak muda ini menyadari bahwa bisnis kuliner tidak pernah ada matinya. Maka dari itu, kreatifitas mereka terdorong untuk mengeksplor potensi kuliner lebih jauh dengan menciptakan produk- produk unik yang membuat orang penasaran.

 

  1. Membuka Toko Online

Toko online adalah jenis bisnis kekinian yang relatif mudah untuk dimulai. Tidak diperlukan skill khusus, dan seringkali hanya membutuhkan sedikit atau bahkan nyaris tanpa modal. Dengan sistem reseller-dropship-agent, siapa pun bisa membuka toko online sendiri. Tidak berhenti sampai disini, ada juga yang memberanikan diri untuk melakukan impor kecil- kecilan untuk membuat brand toko online mereka sendiri.

Artikel Menarik Lainnya :   30 Perusahaan di Indonesia yang Tahan Banting Saat Krisis, Apa Resepnya?

Bagaimana dengan cara pemasarannya? Anak- anak muda biasanya lebih suka untuk memulai toko online mereka di Facebook atau Instagram, kemudian berlanjut ke marketplace. Yang penting laku duluan dan berjalan secara konsisten. Saat sudah menemukan ritmenya, akan mudah bagi mereka untuk melakukan gebrakan yang lebih hebat lagi.

 

  1. Membuka Kafe

Terinspirasi dari hobi nongkrong di kafe, anak- anak muda pun sering terinspirasi untuk membuat kafe keren versi mereka. Untuk usaha kafe, biasanya anak muda mengawalinya dengan partnersip bersama beberapa teman mengingat biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak murah.

Definisi kafe ala anak- anak muda ini juga tidak selalu identik dengan kafe yang langsung besar ya. Seringkali mereka memulainya dengan angkringan atau tempat ngopi sederhana.

 

  1. Kedai Minuman di depan Outlet Minimarket/ Area Kampus

Familiar dengan kedai teh, jus buah, atau minuman lainnya yang sering ada di area kampus atau keramaian? Jenis bisnis ini juga populer di kalangan anak muda karena relatif praktis dan mudah dilakukan. Saat ada jenis minuman yang sedang nge-hits, misalnya seperti Thai Tea saat ini, maka mereka siap untuk unjuk gigi di area- area ramai.

 

  1. Bisnis Digital

Ada yang mempunyai hobi di bidang sosial media dan kemudian berjualan follower, like, subscriber? Tentu saja ada! Selain itu ada juga yang mempunyai hobi game online kemudian menjual xp, ceat, voucher game, dan sebagainya. Selain itu, ada juga yang menjual jasa periklanan, tutorial bisnis, social media management, SEO, dan lain sebagainya.
25 Cara Menghasilkan Penjualan Optimal Toko Online

Artikel Menarik Lainnya :   9 Tips Memulai Bisnis Travel Online dengan Modal Kecil Hingga Berjalan Sukses

Diawali dari berjualan secara ‘recehan’, tidak sedikit entrepreneur muda Indonesia yang akhirnya mempunyai perusahaan digital agency mereka sendiri. Keren sekali, bukan?

 

  1. Software Developer

Di era digital ini, profesi software developer akan menjadi salah satu profesi yang paling dicari di dunia. Tidak mengherankan jika dulu Facebook dan Google sempat memperebutkan remaja 15 tahun karena kemampuannya membuat game Impossible Rush yang bisa menghasilkan keuntungan hingga ribuan dollar per harinya.

Jika saat ini Anda mempunyai skill coding dan programing, asah lah terus dan optimis untuk menjadikannya sebagai ladang penghasilan Anda.

 

  1. Make-Up Artis

Meniti karir sebagai make-up artis adalah salah satu impian yang menjadi nyata untuk anak- anak muda yang pintar dalam make-up. Untuk mengawalinya, anak- anak muda yang kreatif biasanya akan menawarkan jasa mereka kepada teman- teman yang akan wisuda atau melakukan sesi pemotretan. Kemudahan berpromosi dengan media social juga mempermudah para pemula untuk unjuk gigi memamerkan hasil karya mereka di media sosial. Dengan begitu, hasil kerja mereka akan lebih mudah dikenal oleh orang lain.

 

  1. Event Organizer

Banyak orang yang semakin membutuhkan jasa Event Organizer di era modern ini. Untuk memulai bisnis ini, anak- anak muda perlu melakukan eksplorasi, dan riset mendalam terhadap profesi sebagai event organizer. Mereka juga perlu membentuk partner dan tim kerja karena seorang EO wajib mempunyai komposisi tim yang solid.

 

  1. Fashion Designer

Punya passion di bidang fashion designer? Jangan ragu untuk mempromosikan karya mu di media social. Tidak perlu takut untuk memulai dari bawah dengan kompetisi yang ketat bersama orang- orang yang besar dari dunia biz. Faktanya, fashion designer adalah salah satu bisnis menjanjikan yang banyak digeluti oleh anak- anak mudah saat ini. Tertarik untuk mencoba?

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Sukses Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula

 

  1. Jasa cetak/ sablon

Jasa cetak dan sablon juga cukup populer di kalangan anak muda. Biasanya anak- anak muda ini mengawali skill cetak/ sablon mereka dengan bekerja di percetakan atau sablon terlebih dulu. Setelah mempunyai keahlian sablon, mereka tertarik untuk terjun ke bisnis percetakan/ sablon tersebut.

 

  1. Menjual Jasa Melalui Internet

Ada banyak jasa yang bisa dijual lewat internet, mulai dari jasa menulis, desain logo, translation, edit foto, desain grafis, jasa membuat website, dan masih banyak lagi. Selain bisa mempromosikan keahlian mereka lewat media sosial, anak- anak muda kreatif ini biasanya juga menjual jasa mereka di situs freelancer.

 

  1. Menjadi Endorser/ Buzzer

Punya fan base yang besar di Instagram, Twitter, dan Facebook? Anda dapat memanfaatkan fan base tersebut untuk mendulang penghasilan dengan menjadi seorang endorser atau buzzer. Untuk menjadi seorang endorser/ buzzer, Anda bisa berdiri sendiri atau bergabung dengan tim manajemen endorsement.

 

  1. Menjadi YouTuber/ Blogger/ Vlogger

Profesi nomer #12 ini memang tengah menjamur di kalangan usia muda saat ini. Bahkan bukan hanya di usia 20 an, melainkan juga di usia belasan. Dengan modal percaya diri dan pintar membuat konten, Anda dapat menjadi seorang YouTuber/ Vlogger populer. Seiring dengan bertambahnya subscriber atau fans, maka Anda pun akan semakin populer. Ujung- ujungnya sih tentu saja akan melipatgandakan penghasilan Anda dari kegiatan yang satu ini.