#BisnisOnline Tanpa Produk? Ingin memulai bisnis online, tapi masih bingung bagaimana cara Anda menemukan produk dan menjualnya? Yuk kita curhat disini untuk menemukan solusi yang paling pas ^_^.

Satu hal yang wajib kita ingat, dunia bisnis online ini memberi kita kesempatan untuk menghasilkan uang dengan beragam cara yang cerdas dan asyik. Punya produk sendiri, ayo. Jago desain atau punya produk digital, oke. Tidak punya produk sendiri? Ayo cicipi gurihnya bisnis dropship, afililasi atau joint venture!

Bisnis Online Tanpa Produk dengan Dropship dan Reseller

Bisa dibilang dropship dan reseller ini bisnis online paling mudah dam paling asyik untuk pemula. Biasanya bisnis dropship dan reseller ini banyak menyediakan produk yang pasarnya sudah ada sehingga sebagai tenaga penjual tambahan, kita dapat mengikuti pola yang dilakukan vendor/ supplier dan pola para reseller lainnya. Selain itu, reseller dan dropshipper ini sangat bagus untuk mengasah jiwa entrepreneur kita. Menurut Saya, sistem ini dapat menjadi media belajar yang hebat dan sangat baik untuk mendidik kita jadi wirausaha dan penjual yang pintar. Pandagila.com telah mengupas tuntas tentang Dropship dan Reseller ini di artikel sebelumnya: Cara Memulai Bisnis Dropship/Reseller- Bisnis Tanpa Modal.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Jenis Kecerdasan ini Wajib Dimiliki oleh Seorang yang Ingin Menjadi Pengusaha

Bisnis Online Tanpa Produk dengan Sistem Afiliasi

Di dalam bisnis afiliasi ( afiliate ), yang kita lakukan adalah membantu orang memasarkan produk mereka dan kita akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual melalui link afiliasi kita.

Untuk dapat melakukan sistem bisnis ini, maka kita dapat mendaftar di situs/ website yang menyediakan program afiliasi. Situs penyedia program afiliasi ini jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Untuk situs luar, kita mengenal Amazon dan Clickbank, tempat nongkrongnya para internet marketing handal. Sedangkan untuk situs Afiliasi lokal, Anda dapat mencoba Lazada, Ratakan.com, TipsHamil.com, atau KebunEmas.com.

Mendapatkan Produk dengan Joint Venture/ JV

Joint Venture adalah sebuah bentuk kerja sama antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk membangun bisnis bersama. Dalam kerja sama ini, maka biasanya salah satu pihak merupakan orang yang memiliki produk tapi tidak mengerti pemasaran online, sedangkan pihak satunya merupakan salah satu pihak yang mengerti pemasaran online tapi tidak punya produk untuk dijual.

Contoh seperti ini, semisal ada Pak Ruby yang merupakan seorang pengrajin furnitur kayu jati di kota Jepara. Pak Ruby ini memiliki produk yang sangat ciamik, namun sayang karena tidak mengerti pemasaran online, maka penjualan beliau hanya mentok secara offline saja. Nah, disini Pak Andre kebetulan melihat hal ini sebagai potensi. Maka Pak Andre sebagai orang yang mengerti banyak tentang pemasaran online mengajak Pak Ruby untuk bekerja sama agar bisnisnya dapat berkembang pesat dengan perjanjian kerja sama tertentu. Bummm… terciptalah kerja sama Joint Venture ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Riset untuk Menemukan Produk dan Supplier Terbaik di Marketplace

Contoh lain dapat terjadi antara si internet marketer dengan Andy, yang jago banget desain dalam membuat theme/ template website. Karena terlalu sibuk dan tidak mengerti cara marketing yang benar, maka Andy joint venture dengan praktisi internet marketer untuk memasarkan theme/ template buatannya.

Gambaran tentang kerja sama Joint Venture ini cukup jelas, ya? Untuk dapat melakukan kerjasama ini, Anda dapat meniru contoh diatas. Jika Anda memiliki keahlian desain atau produk fisik dan Anda mentok dalam pemasaran online, ayo cari internet marketer untuk Joint Venture. Sebaliknya, jika Anda internet marketer yang berpengalaman dan tidak punya produk, ayo bereksplorasi untuk menemukan partner Joint Venture. Masih bingung juga?

Menjual Produk Sendiri Secara Online dengan Modal Pas- Pasan

Siapa bilang untuk menjual produk sendiri harus punya rekening gendut dulu?? Kalau tidak ada internet ya mungkin kita masih harus berjuang sepedih itu yaa.. Tapi di era digital, apa pun bisa Anda jual. Dengan modal pas- pasan, maka inspirasi ide untuk jualan bisa jadi:
– Jualan Makanan Ringan, mungkin Anda bisa jual jamur krispi kemasan, jual keripik tempe atau keripik pisang coklat. Bisnis makanan ringan ini bisa dikerjakan sebagai bisnis produk rumahan dengan modal kecil dan tenaga minim.
– Jualan Kaos Distro, ini juga masih bisa dilakukan dengan modal pas- pasan gan. And dapat memulainya dengan modal kecil dan produksi sedikit terlebih dahulu.
– Produk Digital, Anda dapat menjual e-Book, video tutorial, panduan bisnis atau software ciptaan Anda secara online. Di Indonesia, penjualan produk digital cukup meriah karena kita memiliki banyak praktisi Internet Marketing yang handal. Anda ingin mengikuti jejak mereka pun pasti bisa, tapi tentu saja Anda harus belajar terlebih dahulu untuk dapat memberikan produk yang bermanfaat bagi yang membutuhkan. Ketika produk yang Anda jual berkualitas, maka pemasaran pun akan lebih mudah. Dijamin!

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Berjualan di Media Sosial dengan Cara Sederhana tapi Efektif