Bisnis kuliner di Indonesia tidak pernah sepi peminat. Memang, harus diakui, tipe bisnis yang satu ini tidak pernah mati dan selalu digandrungi oleh banyak peminat.Berbeda dengan beberapa tahun di awal kemunculan sosial media, kini bisnis kuliner kini semakin gencar untuk dipasarkan secara online.Sudahkah Anda mencobanya?

Dulu memang banyak pelaku bisnis yang skeptis dengan pemasaran online untuk #bisnis kuliner mereka. Bahkan sampai saat ini pun, produk fashion, souvenir dan gadget memang masih menduduki peringkat teratas untuk pemasaran via online. Namun, kini bisnis kuliner mulai unjuk gigi dengan pemasaran online. Apalagi sekarang delivery order juga semakin mudah dengan dukungan ojek berbasis aplikasi online.

Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Kuliner

Berbeda dengan strategi pemasaran offline, strategi pemasaran online untuk bisnis kuliner bisa dilakukan dengan metode yang lebih beragam. Yang enak dari strategi pemasaran online ini, selain biayanya relatif lebih terjangkau, efek viralitas pun lebih tinggi. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat pebisnis kuliner coba terapkan :
#1 Mulai Gunakan Sosial Media
Menggunakan Sosial Media wajib hukumnya untuk pebisnis kuliner yang ingin go online. Ada cukup banyak yang sosial media yang bisa digunakan oleh pebisnis kuliner.Tiga diantaranya yang paling bagus untuk dioptimalkan adalah Twitter dan terutama Facebook dan Instagram.

Artikel Menarik Lainnya :   20+ Peluang Bisnis Terbaik Minim Modal untuk Mahasiswa

Dengan ketiga sosial media ini, pebisnis online dapat mengumpulkan audiens- audiens yang memiliki ketertarikan terhadap kuliner dan menggoda mereka untuk datang ke spot bisnis Anda.Pengumpulan audiens ini juga bisa dibuat dengan sangat tertarget, khususnya di Instagram dan Facebook.Selanjutnya, setelah audiens terkumpul, pebisnis dapat mulai rajin mempromosikan produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

#2 Kuis Interaktif Menciptakan Viralitas yang Cepat dan Mudah
Salah satu cara untuk membuat sebuah brand cepat terkenal dan mendapatkan banyak fans gratis adalah dengan mengadakan kuis interaktif berhadiah. Dengan kuis ini, pebisnis dapat mengajak masyarakat untuk membagikan informasi kuis secara cuma- cuma, menandai teman mereka dan kemudia memberikan hadiah berupa voucher makan yang menggiring mereka untuk datang ke spot kuliner Anda. Bisa jadi Anda hanya akan mengambil 3-5 orang saja sebagai pemenang kuis, tapi Anda tidak akan pernah menduga kalau efek viralnya bisa sangat luar biasa untuk akun sosial media bisnis Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Gojek, Ojek Online yang Semakin Berkibar di Tanah Air

#3 Bergabung dengan Portal Kuliner
Dengan bergabung bersama Portal- Portal Kuliner, Anda bisa mempromosikan bisnsi Anda secara gratis kepada seluruh member yang ada di portal tersebut dan juga kepada pengungjung website. Tentu saja tidak hanya itu, Anda juga bisa bertukar ilmu dan informasi terkait kuliner yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan bisnis Anda sendiri kedepannya.

#4 Manfaatkan Endorsement Selebgram atau Public Figure
Endorsement memang sekarang menjadi profesi yang cukup fenomenal di tengah gegap gempita era sosial media. Dengan endorsement, Anda akan mendapatkan promosi instant untuk produk Anda dengan cepat dan mudah, baik itu dari selebgram atau dari public figure lainnya. Efek endorsement ini memang sangat bagus saat ini di Instagram, namun demikian, Anda harus tetap cermat sebelum menjatuhkan pilihan kerja sama endorsement ini. Lakukan beberapa survey dengan mengumpulkan data jumlah follower mereka, interaksi follower  dan juga biaya yang ditawarkan oleh pihak endorsement.

Artikel Menarik Lainnya :   12+ Bisnis Populer yang Naik Daun di Kalangan Pengusaha Usia 20an

#5 Saatnya Membuat Website?
Membuat website untuk bisnis kuliner Anda??Kenapa tidak.Website ini selain berfungsi sebagai alat pemasaran branding, juga dapat Anda gunakan sebagai galeri usaha, dokumentasi event dan media informasi untuk rencana bisnis kedepannya.Misalnya jika Anda ingin membuka bisnis waralaba untuk kuliner, maka Anda bisa membuat landing page penawaran di web terkait bisnis Anda ini.

#6 Kerja Sama dengan Layanan Pesan Antar Online
Tidak sedikit rumah makan yang kini menjalin kerja sama dengan Go-Food untuk memberikan kemudahan order kepada calon konsumennya. Anda pun bisa mencontek habis- habisan metode ini.Ajukan MOU dengan Go-Food agar menu- menu kuliner Anda bisa dipesan secara online. Dengan sistem delivery order online ini, bisnis Anda akan semakin mudah dijangkau konsumen dan penjualan bisa meningkat beberapa kali lipat.

Yakin hanya mau mengandalkan pemasaran tradisional saja? Bisnis kuliner Anda wajib untuk Go online!