Jumlah follower saat ini dinilai masih menjadi salah satu indikator penting untuk sebuah akun sosial media, baik itu Instagram, Twitter atau pun Facebook. Dengan jumlah follower yang banyak, maka citra online shop tersebut bisa sangat baik di mata pengguna sosial media. Mereka akan menganggap toko online itu trusted atau terpercaya, sehingga customer tidak ragu untuk membeli dari toko tersebut.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan follower atau fans akun sosial media. Berbeda dengan Facebook yang dapat dengan mudah dinaikkan fans ( likes ) nya baik menggunakan ads atau diakali dengan rajin posting, di Instagram, membutuhkan trik sendiri untuk meningkatkan follower. Tidak semudah di Facebook, banyak user Instagram yang menggunakan trik Paid to Promote atau grup SFS untuk meningkatkan jumlah follower mereka.

Dengan menggunakan jasa Paid to Promote atau grup SFS, si pemilik akun akan menjalin kerjasama dengan owner pemilik jasa agar akunnya dipromosikan, sehingga followernya dapat meningkat.

Yang dikenal paling mudah, instant dan praktis adalah dengan menggunakan jasa penambah follower. Cara yang satu ini biasanya ditempuh oleh olshop baru yang ingin meningkatkan jumlah follower Instagram mereka dengan lebih cepat. Di internet sendiri, pelapak jasa follower ini cukup banyak, sehingga Anda pasti akan mempunyai beragam pilihan.

Dalam membeli followers ini , harganya bisa berbeda- beda. Hal ini biasanya didasari dari jenis follower yang dijual dan juga kecepatan server ( lama pengerjaan ). Umumnya harga dibedakan berdasarkan jenis follower yang dijual, misalnya follower aktif atau pasif ( fake/ bot ), Indonesia atau worldwide. Harga follower aktif tentunya akan lebih mahal daripada follower pasif, karena akun yang mem-follow Anda dalah real-human. Sedangkan di follower pasif ini, yang memfollow Anda adalah akun fake atau robot.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Keuntungan Mengubah Akun Instagram dari Profil Pribadi Menjadi Bisnis

Membeli Follower Palsu Bisa Merugikan Akun Instagram Anda

Sampai disini, Saya yakin Anda pasti sudah mengerti bahwa sebenarnya membeli follower palsu itu bisa membahayakan akun Anda? Kenapa? Karena di awal sudah dijelaskan bahwa follower palsu ini berisi bot. Dimana- mana bot ini tidak pernah 100% aman, walaupun waktu Anda membeli sudah diyakinkan oleh si pemilik bahwa bot nya sudah sangat aman. Bukan bermaksud membuat Anda kecil hati. Tapi ingatlah selalu bahwa resiko itu memang selalu ada.

Tidak perlu menebak- nebak lagi, langsung saja kita simak bersama beberapa resiko yang umumnya terjadi terhadap akun yang mengandalkan followernya dari hasil membeli :
1. Akun Anda akan Di-Suspend karena Kegiatan yang Mencurigakan
Baik Twitter atau Instagram, kedua sosial media raksasa ini dapat men-suspend atau menahan akun Anda sewaktu- waktu jika diketahui ada kegiatan yang dinilai mencurigakan atau merugikan akun lain. Follower palsu memang bisa menipu user biasa, tapi tidak dengan developer alias pengembangnya. Secerdas apapun tool yang digunakan untuk mendatangkan follower palsu pasti ada celah dimana pengembang dapat melihat kecurangan ini dan melakukan penyelidikan terhadap akun Anda.

2. Tanyakan Pada Diri Sendiri, Apa sih Untungya?
Tujuan utama Anda untuk go social media apa sih? Tentu saja untuk melebarkan network dan meningkatkan omset penjualan dong? Tentu saja Anda tidak sekedar iseng- iseng berhadiah ya? Jika iya, coba lah tanyakan pada diri sendiri, apa sih untungnya beli follower palsu? Demi kelihatan wah karena akun Instagram Anda di-follower oleh ribuan orang? Tapi bagaimana dengan penjualannya? Masih zong? Menurut Anda nyesek nggak membandingkan angka follower dengan penjualan yang masih zong?

Nah… itu dia point utamanya. Kalau menurut Anda membeli follower palsu ini tidak ada manfaatnya, ya jangan dilakukan, apalagi hanya demi keren- kerenan dan mengikuti trend. Jika tujuan utama Anda adalah untuk melebarkan network dan meningkatkan penjualan, isilah akun Instagram Anda dengan konten yang bermanfaat dan tingkatkan follower aslinya. Ingat ya, follower asli, bukan follower palsu atau robot.

Artikel Menarik Lainnya :   Indikator untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen di Media Sosial

3. Akun Olshop Instagram Anda Akan Rentan Dibajak
Seringkali, menggunakan jasa penambah follower mengharuskan Anda untuk mengijinkan aplikasi atau memasukkan password. Disinilah resiko terbesar yang dapat menyebabkan akun Instagram Anda rentan dibajak. Bukan itu saja, follower palsu juga bisa didapat dengan memasukkan virus yang dapat membuat akun Instagram Anda mengirim pesan otomatis yang dapat mengganggu kenyamanan follower asli Anda. Jika ini terjadi, bisa- bisa follower asli Anda yang berpotensi menjadi pembeli justru bisa lari ke competitor Anda. Rugi dua kali dong ya?

4. No Engagement, No Selling
Dengan follower palsu, berarti tidak ada aktifitas sama sekali di akun sosial media Anda. Tidak ada interaksi ( engagement ) berarti tidak ada penjualan juga. Kecuali setelah itu Anda membalasnya dengan kerja keras untuk menambah follower asli Anda dan mengoptimasi akun Instagram anda. Jika tidak, ya hasilnya nol alias no selling alias tidak ada omset. Yang sama buruknya, karena tidak ada engagement sama sekali, ranking social activity Anda juga bisa sangat rendah. Benar- benar nggak ada untungnya.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengunci Akun Instagram ( Private ), Lebih Banyak Untung atau Ruginya??

Jadi Apa yang Harus Dilakukan Agar Tidak Menghadapi Resiko itu?

Gampang, jangan beli #followers palsu. Follower palsu buat apa sih? Lakukan lah metode legal untuk meningkatkan follower Anda. Jika Anda merasa tidak cocok dengan metode Paid to Promote atau SFS dan tidak mau kerja keras, cobalah membeli follower Instagram yang merupakan akun asli, bukan fake ( palsu ) atau robot. Dibandingkan dengan follower palsu, follower aktif akan lebih mahal dan belum tentu tertarget juga. Tapi setidaknya, follower asli tidak akan memberi dampak buruk bagi akun Instagram Anda. Selain itu,dari follower asli ini, mereka dapat memberikan interaksi di akun social media Anda sehingga akun Anda terlihat lebih hidup dari segi social activity.

Darimana bisa mendapatkan follower aktif? Di Google atau di forum jual beli seperti Kaskus banyaakk. Yang perlu Anda lakukan adalah cermat dalam memilih, sesuaikan budget dan juga sesuaikan dengan kebutuhan. Biar lebih mantap, Panda Gila menyarankan Anda untuk membaca artikel berikut ini : Cara Mendapatkan dan Meningkatkan Follower Instagram.