Kita semua pasti sudah sangat familiar dengan JNE ya? Yaps, provider ekspedisi ini adalah salah satu ekspedisi favorit pemilik online shop karena kemudahan layanan dan sistem trackingnya. Hampir setiap online shop selalu menawarkan JNE sebagai ekspedisi utama mereka, termasuk juga #marketplace dan startup raksasa di Indonesia.

Untuk pembeli online, tidak jarang setelah mendapatkan nomer resi kita melakukan pengecekan terhadap status pengiriman orderan kita. Dibandingkan dengan ekspedisi lain, sistem tracking JNE bisa dibilang merupakan yang paling baik karena sudah otomatis. Sayangnya, kadang kita masih bingung dengan beberapa status pengiriman yang diringkas dalam kode- kode tertentu atau istilah pengiriman yang tidak familiar untuk masyarakat awam.

Arti dari Istilah dan Kode Tracking JNE

Sering merasa dibingungkan dengan istilah shipment dan kode tracking JNE? Tidak perlu lagi, karena saat ini juga, Anda bisa mengetahui secara lengkap dan detail arti dari kode tracking JNE itu.  Langsung simak ulasan kami ya!
Manifested : barang/ paket sudah diterima di Pusat JNE si pengirim, dan siap dikirimkan ke kota tujuan
On-Process : barang/ paket sedang dalam proses pengiriman/perjalanan
On-Transit : barang/ paket masih dalam perjalanan dan akan menuju ke pusat JNE di wilayah Anda
Received on destination : barang/ paket sudah sampai di kota tujuan, tapi belum diantar ke alamat. Kemungkinan besar, kurir akan datang ke rumah Anda besok atau beberapa saat lagi.
Delivered : barang/ paket sudah sampai atau diterima.

Artikel Menarik Lainnya :   Benarkah Fitur Live Chat di Website Bisa Meningkatkan Konversi Penjualan?

Lalu bagaimana jika di kolom tracking ada istilah lain yang tidak seperti istilah di atas?? Sabar.. masih ada istilah shipment dan kode lainnya kok. Ini terusannya ya..

Redelivery : Proses antar ulang, artinya paket Anda akan diantar ulang karena di hari pertama kurir datang ke rumah/ kantor Anda, ternyat atidak ada penerimanya. Jika di hari kedua ini si penerima tetap tidak ada, besar kemungkinan si kurir akan menempelkan surat pemberitahuan di pintu Anda atau menyelipkannya di bawah pintu dan Anda diwajibkan untuk mengambil sendiri paket Anda di kantor JNE dengan membawa surat pengantar tadi.
AU : singkatan dari Antar Ulang, karena di hari yang diharuskan tidak sempat terantar, maka akan diantar di hari selanjutnya. Ada dua makna dari kode ini jika dijabarkan, yaitu :
1) Paket di pending 1 hari di Pusat JNE si Pengirim. Kemungkinan banyaknya pengiriman di Kota si Penerima, sehingga paket dikirim ke esok harinya disebabkan Daya tampung mobil minim
2) Atau bisa jadi Paketnya sudah sampai ke Kota si Penerima. Dan berhubung minimnya karyawan JNE yang bertugas saat ini sehingga dikirim ke esok harinya.
BA : kepanjangan dari Bad Address yang terjadi karena kurang RT/RW, kurang nomer rumah, kelurahan dan lain- lain. Kurir sudah berupaya mencari alamat penerima, namun karena alamat tujuan kurang lengkap, kurir tidak bisa menemukan lokasinya. Akhirnya paket Anda dipending.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Menerapkan Email Marketing untuk Pelaku Bisnis eCommerce

MR: kepanjangan dari Miss-Route yang artinya salah antar, salah kirim, atau salah jalur, oleh JNE dikirim ke alamat yang salah. Untuk menghindari hal ini, selalu berikan alamat yang jelas, tepat dan lengkap, termasuk menyertakan KODE POS ya..
CC : kepanjangan dari Criss-Cross artinya Paket Tertukar, ini bisa mengakibatkan paket Anda tertahan lama oleh kurir
Cnee Unknown : nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan.
Closed Once Delivery Attempt : kurir telah datang tetapi alamat penerima tutup / Kosong.
NTH : kepanjangan dari Not At Home, hampir sama seperti di atas, yaitu penerima tidak ada di rumah/ penerima kosong

Banyak juga ya istilah- istilahnya? Perlu dicatat juga bahwa status JNE ini hanya berlaku untuk pengiriman antar kota. Jika Anda mengirimkan paket untuk kota yang sama, maka tidak ada status di tracking JNE. Status di kolom tracking biasanya akan langsung berubah ‘Delivered’ yang artinya paket Anda sudah sampai tujuan dengan selamat.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Riset untuk Menemukan Produk dan Supplier Terbaik di Marketplace