Aplikasi kotak saran anonymous bertajuk Sarahah tengah viral di Indonesia. Platform yang baru dirilis pada Februari lalu ini pun sudah diunduh di Playstore lebih dari 10 juta kali secara global.

Sarahah menjadi viral di Indonesia sejak ramai di Instagram netizen yang meminta followernya untuk mengirimkan pesan ke akun Sarahah mereka. Lantas, seperti apa jejaring sosial yang satu ini?

Dalam deskripsi singkatnya, Sarahah menyebut diri mereka sebagai platform eksplisit untuk kritik konstruktif dalam kerahasiaan total. Banyak netizen yang berpendapat bahwa Sarahah sama saja dengan situs tanya-jawab Ask.fm karena keduanya sama- sama menjunjung sifat anonimitasdan menjadikan kolom pesan sebagai fitur utama. Dalam hal ini, Ask.fm bisa juga untuk memunculkankan identas penggunanya.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Tool untuk Membuat Gambar Infografis Tanpa Skill Desain

Namun, Sarahah dan Ask.fm sebenarnya sangat berbeda. Jejaring sosial baru ini bertujuan memediasi orang- orang terdekat untuk saling bertukar opini jujur, entah itu sebuah pujian, saran dan bahkan kritik.

Dengan ide dasar anonimitas, maka siapapun dapat dengan leluasa untuk memberikan masukan pada teman atau kerabat tanpa takut membuat mereka tersinggung. Di Sarahah, pengguna yang menerima saran atau kritik tidak bisa merespon, melainkan hanya bisa merenunginya untuk menjadi bahan intropeksi diri. Harapannya, seseorang dapat menggunakan platform ini untuk lebih mengenali potensi diri mereka dan memperbaiki kekurangan mereka.

Dengan ide dan konsep yang cemerlang, Sarahah tentu menjadi fenomena unik yang bisa menggaet penggemar baru, terutama di kalangan remaja. Kita lihat saja bagaimana pengaruh jejaring sosial yang baru ini. Apakah akan semakin eksis dalam jangka waktu yang lama atau viralnya hanya bersifat sementara saja? Mari kita amati perkembangannya.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mendesain Logo Brand Bisnis Keren dengan Tools Online Gratisan

 

Featured Image Credit : The National Student