Type to search

Apps & Tools

5+ Aplikasi Android Terbaik untuk Produktifitas Blogger

Share
5+ Aplikasi Android Terbaik untuk Produktifitas Blogger

Bagi seorang blogger, akan sangat menguntungkan jika bisa tetap produktif dimanapun mereka berada. Entah itu di rumah atau lingkungan kantor, atau dalam perjalanan dan terus melakukan aktifitas mobile.

Untuk mendukung produktifitas, salah satu hal yang bisa dilakukan para blogger adalah dengan mengoptimalkan smartphone yang dimilikinya. Mengapa? Karena smartphone bisa menjadi alat yang sangat powerful saat dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi- aplikasi penunjang yang dapat membantu dalam aktifitas blogging. Mulai dari mencari ide konten, menulis artikel, hingga mengatur semua asset seperti gambar dan foto.

Aplikasi Android Terbaik agar Blogger Tetap Bisa Produktif

Jika Anda pengguna smartphone Android, Anda bisa meluangkan waktu untuk me-riset beberapa tool yang bisa membantu produktifitas Anda. Dari sekian banyak aplikasi android, berikut ini adalah beberapa yang dianggap terbaik dan bisa meningkatkan produktifitas Anda sebagai seorang blogger :

  1. Aplikasi SwiftKey Keyboard

Ada banyak memang jenis aplikasi keyboard yang bisa diunduh di Google Play. Mulai dari aplikasi yang hanya mengutamakan tampilan, hingga kaya akan fitur tertentu. SwiftKey Keyboard ini sendiri dinilai sebagai salah satu keyboard aps yang terbaik untuk android. Keyboard ini dilengkapi dengan fitur koreksi otomatis yang sangat cocok untuk digunakan oleh para blogger yang sering menulis melalui smartphone androidnya.

Artikel Menarik Lainnya :   Daftar 30 Blogger Sukses dengan Penghasilan yang Terbesar

SwiftKey Keyboard juga mempunyai algoritma cerdas yang dapat mengidentifikasi kesalahan ketik si penulis, kemudian mengkoreksinya secara otomatis. Entah itu untuk sekedar menulis draft atau satu artikel penuh, tool yang satu ini wajib untuk dimiliki seorang blogger yang ingin mengoptimalkan smartphone nya agar terus produktif.

 

  1. Aplikasi Hootsuite

Hootsuite adalah salah satu tool pendukung media sosial terbaik. Sebagai seorang blogger, tentu Anda tidak bisa membantah lagi peran besar social media dalam aktifitas blogging Anda. Dengan social media, Anda mempunyai tool yang powerful dalam mempromosikan konten- konten Anda.

Sayangnya, bukan hal mudah untuk mengelola banyak akun sosial media. Jika kita menginstal semua aplikasi tersebut satu per satu, tentu sangat tidak efektif. Nah, dengan Hootsuite ini, Anda bisa mengelola semua kaun tersebut lewat satu pintu. Anda bisa melakukan posting terjadwal, membalas komenter, hingga memeriksa statistik dari setiap akun media sosial Anda.

Jika Anda merasa social media penting untuk blog Anda, maka coba lah aplikasi yang satu ini.

 

  1. Aplikasi Feedly

Seorang blogger yang produktif perlu untuk terus belajar dari sumber bacaan yang baik. Tujuannya adalah agar terus mendatkan pasokan informasi, atau sekedar mencari inspirasi.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Keuntungan Menarik Menjadi Blogger di Era Digital

Salah satu cara yang kerap dilakukan para blogger adalah dengan rajin membaca blog atau website dengan tema yang diminati. Jika saat ini Anda masih mengunjungi website- website favorit secara manual, mulai lah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.

Dengan aplikasi Feedly, Anda bisa mengumpulkan feed dari semua website favorit yang Anda ikuti, kemudian mengampilkannya di aplikasi. Kini, Anda tidak perlu lagi mendatangi situs web favorit Anda secara manual.

 

  1. Aplikasi Dropbox Paper

Anda pasti familiar dengan Dropbox? Ya, Dropbox Paper ini adalah aplikasi catatan yang dikembangkan oleh Dropbox. Aplikasi ini mempunyai fungsi yang serupa dengan aplikasi catatan sejenis seperti Simplenote, Evernote, dan lainnya.

Banyak yang berpendapat aplikasi ini adalah yang terbaik dibandingkan dengan aplikasi kompetitor. Dropbox Paper mempunyai tampilan yang simple, namun tetap elegan sehingga mudah digunakan dan membuat blogger tetap bisa fokus saat meracik sebuah konten.

Kelebihan lainnya, tool ini terintegrasi secara penuh dengan Dropbox, sehingga blogger bisa memasukkan gambar atau foto yang sebelumnya sudah pernah di simpan di Dropbox. Sangat praktis, bukan?

 

  1. Aplikasi Google Analytics

Untuk semua blogger professional, Google Analytics penting agar kita bisa mengetahui jumlah kunjungan blog setiap saat. Jika selama ini Anda hanya mengakses Google Analytics lewat desktop, coba lah untuk menginstal aplikasi Google Analytics di Google Play. Dengan begitu, Anda bisa memeriksa jumlah kunjungan blog Anda kapan pun dan dimana pun lewat smartphone Android Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Pentingnya Membuat Jadwal Teratur untuk Seorang Blogger Produktif

Beberapa fitur yang bisa Anda nikmati dari Google Analytic versi mobile aps antara lain :

  • Memeriksa metrik kunci di laporan bawaan
  • Membandingkan rentang tangagl dan menerapkan segmen
  • Memantau data real-time
  • Membuat dan menyimpan laporan sesuai dengan kombinasi metrik, dimensi, dan segmen yang Anda susun

 

  1. Google Adsense

Jika Adsense adalah salah satu platform monetize Anda, maka install lah aplikasi Google Adsense di Playstore. Dengan begitu, Anda bisa mementau semua jenis laporan penghasilan dan sumber pendapatan dari situs web Anda.

Dengan sering memantau laporan di perangkat smartphone, maka blogger dapat segera mengetahui jika ada perubahan penghasilan signifikan di akunnya. Misalnya saja saat penghasilan tiba- tiba naik, tentu saja Anda ingin menganalisa faktor penyebab kenaikan CPC tersebut, bukan?

 

Dengan deretan aplikasi android terbaik tersebut, maka siapa pun dapat meningkatkan produktifitas sebagai blogger. Apakah Anda mempunyai rekomendasi aplikasi lainnya?

Semoga bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.