Bagi banyak orang, nama Microsoft Imagine mungkin masih sedikit asing. Meski begitu, sudah banyak perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Microsoft untuk menyediakan akses gratisnya bagi mahasiswa agar bisa men- download ratusan software asli dari Microsoft.

 

Mengenal Microsoft Imagine

Microsoft Imagine ini sendiri adalah program Microsoft yang bertujuan untuk menyediakan desain software atua perangkat lunak, serta alat pengembangannya untuk pelajar secara gratis. Microsoft Imagine ini sendiri sebelumnya dikenal sebagai DreamSpark dan MSDN-AA.

 

Sejarah Singkat Microsoft Imagine

Pada 20 Februari 2008, Program Microsoft Imagine resmi diumumkan oleh Bill Gates sebagai bagian dari DreamSpark. Di moment pengumuman tersebut, Bill Gates hadir berpidato di Stanford University. Saat itu, pihak Microsoft memperkirakan ada 35 juta siswa dapat mengakses berbagai macam software Microsoft Imagine secera gratis. Layanan ini sendiri berubah nama sepenuhnya menjadi Microsoft Imagine pada 7 September 2016. Hal ini dilakukan agar lebih selaras dengan kompetisi tahunan Imagine Cup yang saat itu diselenggarakan Microsoft.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

 

Manfaat Microsoft Imagine

Ada banyak manfaat yang diperoleh user dari penggunaan akses Microsoft Engine, terutama untuk Anda yang sedang belajar di jurusan Teknologi dan Informatika. Selain bisa menikmati program- program resmi yang orisinil dari Microsoft, Anda juga dapat belajar banyak cara penggunaan berbagai software tersebut dari website yang tersedia.

 

Cara Mendapatkan Akses Microsoft Imagine

Microsoft Imagine sudah banyak tersedia di universitas atau perguruan tinggi siswa sekolah- sekolah IT di lebih dari 120 negara. Untuk mendaftar, pelajar wajib mengunjungi situs web Microsoft Imagine dan mem- verifikasi identitas mereka lewat Lembaga masing- masing (.edu) yang telah terverifikasi. Jika perguruan tinggi tidak masuk dalam daftar tersedia, pengguna dapat mem-verifikasi diri mereka secara manual dengan cara mengunggah kartu identitas pelajar sebagai bukti.

Jika Anda masih ber-status pelajar atau mahasiswa dari sebuah institusi pendidikan, tidak ada salahnya untuk bertanya apokah kampus Anda sudah memiliki kerjasama dengan Microsoft dan memberi akses ke Microsoft Imagine. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menggunakan software palsu Microsoft atau membeli software original yang harganya lumayan mahal.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mendesain Logo Brand Bisnis Keren dengan Tools Online Gratisan

 

Cara Menggunakan Microsoft Imagine

Untuk mulai menggunakan Microsoft Imagine, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan panduan umum berupa jawaban dari list pertanyaan berikut ini :
1. Bagaimana cara mengakses Microsoft Imagine?
Sangat mudah! Anda dapat mengunjungi link “create an account”, verifikasikan status Anda sebagai mahasiswa, dan kemudian download software dari website Microsoft Imagine tanpa dikenakan biaya sedikitpun.

2. Bagaimana cara mem- verifikasikan diri sebagai pelajar?
Setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda lakukan, yaitu :
– Masukkan alamat email institusi Pendidikan. Jika tempat belajar Anda sudah terdaftar dan me- registrasikan domainnya, maka status Anda dapat diverifikasi secara otomatis.
– Login dengan Shibboleth dengan memasukkan akun universitas Anda. Jika universitas sudah terdapat di Microsoft Imagine dan telah mengatur single-sign on lewat Shibboleth, maka status Anda juga akan terverifikasi secara otomatis.
– Menggunakan Microsoft Imagine Verification Code, yaitu dengan menunjukkan kartu identitas pelajar Anda, sehingga status registrasi Anda akan di-verifikasi secara manual

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Posting/ Upload Foto Instagram dari Komputer Tanpa Software

3. Apakah harus menjadi mahasiswa dari Universitas besar terlebih dulu baru bisa mengakses Microsoft Imagine?
Sama sekali tidak! Anda dapat mengakses Microsoft Imagine meskipun Anda bukan pelajar dari perguruan tinggi yang ter-akreditasi. Microsoft percaya bahwa kekuatan internet terletak pada konsep openly-sharing. Dengan komitmen ini, Microsoft dapta memberi Anda kemudahan akses tanpa melihat latar belakang background Universitas Anda.

 

Tertarik untuk menggunakan Microsoft Imagine? Jika Anda pelajar, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkan software asli berkualitas dari Microsoft. Selamat mencoba!