Jika Anda mulai bergelut di dunia blogging dan internet marketing, maka istilah Autoresponder wajib Anda kenal dan Anda gunakan dalam strategi marketing Anda. Autoresponder adalah bagian tak terpisahkan dari strategi email marketing yang dapat Anda gunakan untuk berbagai tujuan dalam bisnis Anda. Sebelum melangkah jauh, ketahui dulu yuk apa itu Autoresponder dan apa manfaat nya untuk bisnis Anda.

Pengertian Autoresponder

Per definisi, Autoresponder adalah sebuah program internet yang memiliki fungsi untuk menangkap data pengunjung berupa alamat email, nama dan lain- lain, kemudian melakukan follow up email dengan cara mengirimkan email secara berkala untuk diarahkan sesuai dengan strategi pemiliknya.

Bagi Anda yang menggunakan website Anda untuk tujuan berbisnis, maka menggunakan Autoresponder itu wajib. Akan ada banyak sekali manfaat yang Anda peroleh dengan menggunakan Autoresponder ini. Bahkan bisa dibilang, penggunaanya merupakan harga mati jika Anda tidak ingin ketinggalan jauh dari kompetitor Anda dan melipatgandakan omset bisnis Anda.

Fungsi dan Manfaat Autoresponder

Seperti yang Saya singgung diatas bahwa Autoresponder memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat untuk para blogger dan internet marketer, maka di bab ini kita akan menggali lebih dalam tentang fungsi dan manfaat tersebut.
1. Menangkap Data Pengunjung yang Tertarik dengan Bisnis Anda
Apa jadinya jika sebuah bisnis memiliki data pengunjung yang tertarik pada bisnis Anda? Mungkin awalnya mereka belum membeli karena factor tertentu, namun ketika mereka mau menyerahkan email mereka pada kita, maka kita mengetahui bahwa orang tersebut memiliki ketertarikan terhadap bisnis atau produk yang kita miliki. Sebagai seorang marketer, memiliki data pengunjung ini sangatlah penting. Kita dapat menggunakan list email pengunjung yang diberikan oleh Autoresponder untuk kita kelola, rawat dan besarkan. Anda bisa menebak apa yang terjadi selanjutnya, kan?
2. Membangun List Building Anda
Membangun list building berarti membuat data prospek Anda. Anda akan mengumpulkan orang- orang potensial yang akan membeli produk Anda dalam satu wadah. List building dalam ilmu marketing sangat penting, itu lah mengapa Autoresponder juga sangat penting, karena merupakan salah satu alat tercanggih dalam membangun list building Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Membuat Banyak Orang Penasaran, Aplikasi Sarahah Viral di Indonesia

List building adalah asset berharga untuk seorang marketer. List ini dapat Anda gunakan untuk meledakkan penjualan toko online atau bisnis Anda kapan saja ketika Anda siap mengelolanya dengan ciamik. Ketika Anda berhasil mengumpulkan 1000 data atau lebih dalam list building Anda, maka bersiap- siaplah list tersebut akan membeli produk Anda kapan saja. Disini, tugas Anda untuk memperkuat rasa penasaran mereka dan mengiming- imingi mereka. Bagaimana jika data prospek tersebut tidak Anda miliki? Bisa jadi ketika mereka mencari produk Anda, mereka justru nyasar bertemu kompetitor lain dengan strategi marketing yang lebih ampuh dari Anda. Wahhh… tentu saja Anda tidak ingin ini terjadi, bukan? Itulah mengapa banyak praktisi internet marketing berkata bahwa seorang marketer tanpa strategi list building kerap dibilang telah melakukan kesalahan fatal.

3. Mengirim Email Follow Up
Ini bagian terpentin dari Autoreseponder yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan tool ini, meskipun pengunjung membaca penawaran Anda tanpa membeli, mereka memiliki ketertarikan terhadap produk Anda dan kecenderungan untuk memilikinya. Tapi, seperti ada sesuatu yang masih mengganjal. Mungkin saat ini si pengunjung belum memiliki uang, belum yakin dengan produknya atau takut jika penjualan ini hanya penipuan. Lalu bagaimana caranya agar list follow up Anda berubah menjadi konversi? Lakukan strategi email marketing yang efektif!

Artikel Menarik Lainnya :   SEO Tokopedia : Tips Mengoptimalkan Produk Anda Agar Tampil Teratas di Pencarian

Dengan melakukan strategi email marketing yang efektif, maka list pengunjung ini dapat berubah menjadi pembeli Anda. Email follow up dapat Anda buat dengan strategi semanis mungkin. Ingat, jangan langsung mengirim email penawaran membabi buta kepada list Anda. Bisa jadi mereka langsung ilfil dan klik ‘berhenti berlangganan/ unsubscribe’. Slow boss… seperti yang strategi yang telah dibahas lengkap di link cara memuat email marketing yang efektif tadi. Saya yakin Anda dapat mempelajarinya dengan mudah.

4. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan Anda
Menjalin komunikasi dengan pelanggan ini sangat penting. Lakukan komunikasi dengan cara mengirim email berkala yang isinya tidak melulu promosi. Anda dapat menyapa mereka, mengirimkan tips gratis, membagi eBook gratis, memberi ucapan ulang tahun, tahun baru dan lain- lain. Dengan membangun komunikasi seperti ini, maka pelanggan akan memiliki rasa percaya terhadap Anda sehingga pada akhirnya yakin untuk membeli produk Anda. Bukankah unsur trust ( kepercayaan ) ini sangat penting dalam berjualan secara online? Apalagi ketika produk Anda harganya mahal dan tergolong produk yang susah dijual ( misalnya hanya diminati oleh kalangan tertentu ). Autoreseponder adalah harga mati.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Jenis Bisnis Rumahan yang Dapat Anda Coba Saat Ini Juga

Cara Mendapatkan Jasa Autoresponder

Sebelum Anda menggunakan jasa autoresponder, pastikan Anda memiliki perencanaan matang atau setidaknya gambaran tentang apa saja yang akan Anda lakukan dengan list pelanggan Anda. Tentu saja, lagi- lagi Saya ingatkan untuk membaca link artikel membuat #emailmarketing yang efektif di atas. Sebagai reminder, fungsi dan manfaat Autoresponder sangat membutuhkan partisipasi aktif Anda. Pada dasarnya autoresponder hanyalah alat saja.

Bagaimana cara mendapatkan jasa Autoresponder ini? Mudah saja, Anda tinggal mendaftar di provider Autoresponder saja dan mengikuti panduan penggunaan mereka di web sesuai dengan tutorial yang disediakan di website masing- masing. Provider Autoresponder pun jumlahnya cukup banyak, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

Autoresponder yang gratis antara lain: free Autobot, ListWire dan juga MailChimp ( gratis sampai maksimal 2000 subscriber ). Untuk Autoresponder premium, antara lain : GetResponse, Aweber, dan MailChimp premium.

Jika Anda saat ini belum memiliki banyak budget untuk strategi email marketing Anda, maka menggunakan yang gratisan dulu pun tidak masalah. Untuk yang gratisan, Listwire dan Mailchimp menurut Saya dapat diandalkan. Apalagi di MailChimp Anda dapat memiliki maksimal sampai 2000 subscribers, baru setelah itu Anda harus upgrade untuk menjadi member premium.

Lihat Gambar :
email marketing, autoresponder, mailchimp

Sekali lagi, Autoresponder adalah fitur mutlak yang harus dimiliki oleh pebisnis online. Jika Anda menekuni bisnis online dan ingin meningkatkan omset Anda jauh lebih banyak, gunakan autoresponder ini akan memberi banyak manfaat untuk Anda.