Type to search

SEO

Update Algoritma Google ‘Broad Core’ di Maret 2019, Apa yang Berubah?

Pembaruan algoritma Google terbaru

Beberapa waktu yang lalu Google mengonfirmasi bahwa mereka telah melakukan pembaruan pada algoritma pencarian mereka. Yang menarik, dalam update kali ini, Google mengungkap bahwa tidak ada perbaikan yang bisa dilakukan jika situs web Anda terkena dampak negatif akibat pembaruan ini. Benarkah demikian?

Tepatnya pada hari Rabu lalu, Google mengkonfirmasi tentang rilis pembaruan algoritma pencarian peringkat inti luas (broad core search algorithm) di mesin mereka.

Tweet Google Liaison terkait perubahan algoritma

“Panduan kami tentang pembaruan tersebut tetap seperti yang telah kami bahas sebelumnya,” begitu menurut Google.

Mengapa Update Algoritma Google ini Penting?

Secara berkala, Google melakukan beberapa pembaruan peringkat inti per tahun dan mengonfirmasi sedikit pembaruan sepanjang tahun. Khusus untuk pembaruan inti yang luas, Google sendiri sudah berkali- kali mengatakan bahwa pemilik website tidak dapat melakukan sesuatu yang spesifik untuk memperbaiki peringkat situs web mereka.

Saran dari Google sebelumnya adalah tidak ada ‘perbaikan’ untuk halaman yang mungkin berkinerja lebih baik selain tetap fokus pada pembuatan konten yang hebat. Serigin waktu, mungkin konten yang Anda miliki akan relatif naik terhadap halaman lain.

Jika peringkat Anda memang berubah baru- baru ini, salah satu alasannya adalah karena pembaruan peringkat inti luas ini dan belum tentu terkait dengan perubahan teknis yang Anda lakukan terhadap situs web Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Google Station Berencana Sebar Internet WiFi Gratis di Indonesia

Apa Saja yang Berubah?

Saat ini (saat artikel ini ditulis) masih sangat dini dan sulit untuk memprediksi hal apa saja yang telah berubah. Namun, berdasarkan obrolan SEO seputar pembaruan ini, jauh sebelum Google mengonfirmasi update terakhir mereka, beberapa pakar menyebut bahwa Google sedang menargetkan niche kesehatan atau medis. Meski begitu Google membantahnya dan menyebut tidak ada target khusus di situs medis atau kesehatan dalam update mereka.

Sulit untuk mengetahui jenis situs apa yang paling terdampak dalam update ini. Untuk itu, kami sendiri akan terus memonitor perkembangannya agar bisa mengupdate artikel ini terkait dengan perubahan algoritma Google terbaru.

Saran dari Google : “Bangunlah Konten yang Hebat!”

Terkait perubahan algoritma broad core ini, Google memberikan wejangan khusus untuk para pemilik website :

Artikel Menarik Lainnya :   5 Prinsip Dasar SEO yang Tidak Lekang oleh Waktu dan Algoritma Google

“Setiap hari, Google biasanya merilis satu atau lebih perubahan yang dirancang untuk meningkatkan hasil kami. Beberapa berfokus pada perbaikan spesifik. Beberapa perubahan luas. Pekan lalu, kami merilis pembaruan algoritma inti luas. Kami melakukan ini secara rutin beberapa kali per tahun.

Seperti halnya pembaruan, beberapa situs mungkin mencatat penurunan atau perolehan. Tidak ada yang salah dengan laman yang sekarang kinerjanya kurang baik. Sebaliknya, perubahan pada sistem kami menguntungkan halaman yang sebelumnya kurang dihargai.

Tidak ada “perbaikan” untuk halaman yang mungkin berkinerja kurang baik selain tetap fokus pada membangun konten yang hebat. Seiring waktu, mungkin konten Anda akan naik relatif terhadap halaman lain. “

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Melakukan Riset Keyword dengan 5 Tool Berbeda


Yang paling ditegaskan disini adalah ‘tidak ada perbaikan untuk halaman dengan kinerja tidak baik selain tetap fokus membangun konten yang hebat.’ Jelas sudah, lagi- lagi Google mengingatkan kita untuk lebih fokus lagi menciptakan konten- konten yang bagus dan bermanfaat untuk para pembaca.

Nasehat untuk blogger yang jadul tapi nyatanya tak pernah usang, “Content is The King.” Jika ingin websitemu besar, isilah website mu dengan konten- konten yang dibutuhkan dan disukai pembaca. Titik.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.