Go Online sudah menjadi tagline dimana- mana. Sejak beberapa tahun ini tagline semakin gencar digalakkan oleh para pengusaha online, dan juga offline. Bukan hanya menyentuh pengusaha besar saja, tapi go online juga wajib diterapkan oleh mereka pemilik UKM atau usaha kecil menengah. Sebelum membicarakan tentang Go Online lebih jauh, mari kita bicara dulu apa sih arti sebenarnya dari Go Online ini.

Go online dapat didefinisikan sebagai sebuah inovasi bisnis, dengan mengembangkan bisnis yang dulunya hanya dijalankan secara offline lewat toko fisik atau pemasaran offline lainnya, menuju ke marketing secara online dengan toko online atau sering juga disebut dengan eCommerce.

Pertanyaan mendasar dari pengusaha yang baru mengenal istilah ini atau mungkin sudah mengenal tapi masih enggan untuk berinovasi adalah “kenapa sih harus Go Online kalau dengan sistem offline yang selama ini dijalankan saja hasilnya sudah memuaskan?”.

Ya, untuk saat ini mungkin saja kondisi bisnis Anda sedang stabil. Tapi, di era digital seperti ini, tidak ada yang dapat menghalangi perkembangan teknologi yang tumbuh dengan sangat cepat. Dunia usaha sudah berkembang dengan sangat dinamis. Jika kita tidak mengikuti ritme yang ada saat ini ( era internet ), maka bisnis kita akan stuck dan kita akan semakin tertinggal jauh, saat pengusaha lain sudah start beberapa waktu yang lalu. Nah, dengan jawaban ini, maka setiap pengusaha, dalam bidang apa pun, sudah sewajarnya menerapkan strategi go online untuk bisnisnya.

Artikel Menarik Lainnya :   21 Manfaat dan Fungsi Website untuk Brand, Perusahaan, dan Bisnis

Kini Saatnya untuk Anda Go Online!

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis baru atau startup atau ingin mengembangkan bisnis offline ke online, maka mulai lah segera. Seperti yang kami ungkapkan di atas tadi, dunia bisnis ini sangat dinamis dan kita tidak akan pernah dapat membendung teknologi yang berkembang dengan sangat cepat. Jika bagi Anda ini masih belum cukup, berikut ini adalah alasan- alasan penting mengapat Anda haruus membawah bisnis Anda dari offline menjadi Go Online :

1. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas
Ada perbedaan yang cukup signifikan antara bisnis online dan offline. Dalam jangkauan bisnis offline, tidak jarang perkembangan mentok pada area offline saja, baik dari segi marketing atau pun wilayan. Sekalinya melakukan ekspansi pasar ke daerah yang lebih luas, maka biaya dan waktu yang dibutuhkan cukup besar. Berbeda dengan mengembangkan bisnis secara online, Anda bisa meluaskan pasar Anda dengan biaya yang relatif lebih hemat dan waktu yang lebih cepat. Tidak jarang hanya dalam hitungan bulan saja, bisnis Anda sudah semakin populer dan dikenal banyak orang.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa SEO Penting untuk Sebuah Bisnis?

Selain itu, dunia online juga kerap menimbulkan efek #viral atau menular ketika promosi dilakukan dengan cerdas. Misalnya dengan membuat video kreatif yang Anda bagikan di website dan social media, maka brand Anda akan dikenal banyak orang dalam waktu sekejap karena video tersebut dibagikan oleh ratusan atau bahkan ribuan orang. Tanpa terlalu berkeringat, pesanan berdatangan mendekati Anda.

2. Go Online Memudahkan Anda Mendapatkan Pelanggan Baru
Ingin banyak mendapatkan pelanggan baru, Go Online lah strategi yang sangat mujarab membantu Anda untuk merealisasikannya. Internet memiliki potensi yang tak terbatas. Dengan meletakkan bisnis Anda secara online, maka pelanggan baru bisa berdatangan dari segala penjuru, baik pelanggan dari mesin pencari atau sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan website dan dukungan sosial media, strategi bisnis online Anda nyaris sempurna dan menjadi ladang subur untuk mendatangkan banyak pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat masuk ke komunitas- komunitas atau forum online dengan bidang bisnis yang sesuai dengan usaha Anda. Di tempat ini, selain meluaskan potensi pasar, Anda juga akan bertemu dengan banyak teman bisnis yang membantu Anda untuk upgrade ilmu secara gratis serta berdiskusi dan bertukar pengalaman.

3. Bisnis Anda  Tampil Lebih Profesional
Teknologi adalah hal yang sulit untuk ditolak. Jika ingin bisnis Anda tetap kokoh berdiri dan sesuai dengan ritme teknologi, Go Online wajib hukumnya. Salah satu syarat untuk tampil lebih profesional di era teknologi ini ya mau tidak mau Anda harus Go Online. Bukan rahasia lagi, profesionalisme dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jika orientasi bisnis Anda adalah pelanggan, tentu saja bisnis Anda akan mudah berkembang dan menjadi lebih besar lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   20+ Peluang Bisnis Terbaik Minim Modal untuk Mahasiswa

Langkah pertama yang Anda perlu lakukan adalah dengan menciptakan versi #tokoonline atau eCommerce bisnis kita. Beberapa bidang usaha bahkan mau membuat 2-3 tiga sekaligus untuk tujuan yang berbeda, yaitu e-Commerce untuk berjualan secara hard-selling, website company profile dan juga website untuk personal branding. Anda tidak harus memiliki dua atau tiga website seperti ini, pilih saja salah satu yang cukup untuk mewakili bisnis Anda.

Membuat toko online itu sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda dapat mendapatkan tutorial membuat toko online secara mudah di internet. Jika merasa tidak punya waktu dan ingin yang instan, gunakan saja jasa pembuatan toko online. Dalam sekejap, bisnis Anda sudah ada di ranah online dan siap untuk tampil beda.

 

Jadi, mau tetap offline saja atau semakin mantap untuk Go Online?