Pernah mendengar istilah writing block? Di dunia penulis, bisa dibilang writing block itu sebuah sindrom yang menyerang penulis, yang menjadikan penulis tersebut stuck dan seperti kehabisan gairah untuk menulis konten. Writing block ini bisa banget menyerang penulis yang sudah berpengalaman dan juga blogger seperti kita ini. Ketika sindrom ini menghinggapi diri kita, maka seakan kita sedang di ambang kejenuhan.

Materi untuk menulis sih bisa jadi masih segunung. Tapi tetap saja ada kalanya seorang blogger merasa jenuh dengan rutinitas yang nyaris sama setiap hari. Alasan lainnya, bisa jadi karena meskipun banyak konten yang selama ini dipublikasikan, tapi tetap saja kurang greget. Blog Anda sepi pengunjung dan nyaris tidak ada aktifitas. Nah ini… alasan yang membuat blogger menjadi tidak produktif dan berubah pemalas, seolah- olah kehabisan topik. Kalau keterusan bisa pension dini nih dari dunia blogging. Gaswaaatttt!

Sebelum hal seperti ini berlarut- larut, Anda harus membuat misi penyelamatan dengan membuat blog Anda menjadi lebih hidup. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan menciptakan konten ajaib yang cepat populer dan viral. Dengan konten yang cepat populer, maka jumlah pengunjung yang menyambangi website Anda akan bertambah, dan semangat blogging Anda akan kembali seketika.

Menciptakan Konten Cepat Populer Ternyata Bisa Sangat Mudah

Riset dulu di Google Keyword Planner? Ah, lama! Dan metode ini mungkin juga tidak efektif untuk blog baru. Selain itu, meskipun sebuah keyword memiliki volume pencarian yang cukup tinggi di Google Keyword Planner, hal tersebut tidak menjamin sebuah blog menjadi populer dengan cepat.

Memang GKP adalah tools SEO yang penting untuk digunakan. Namun jika blog baru Anda meluangkan waktu yang lumayan untuk menciptakan konten yang cepat dengan GKP, maka hal ini bisa sia- sia. Pertama, jika keyword yang Anda tentukan dari riset GKP memiliki tingkat kompetisi yang tinggi, maka blog Anda akan kesulitan untuk bersaing dengan blog yang sudah memiliki authority sebelumnya. Namun sebaliknya, jika keyword Anda adalah yang ber- volume rendah, maka ada kemungkinan konten Anda tidak akan populer ketika dipromosikan

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tool Instagram Terbaik untuk Mengoptimalkan Strategi Social Media Anda

Padahal seperti yang dijelaskan dalam panduan meningkatkan pengunjung blog ini, supaya bisa kuat secara SEO maka konten tersebut perlu populer terlebih dulu.

Tidak perlu kawatir, karena membuat konten cepat populer sebetulnya tidak terlalu sulit. Namun Anda memang perlu telaten dan sedikit memberi effort agar hasil yang Anda inginan dapat tercapai secara maksimal.

1. Dapatkan Topik yang Sudah Terjamin akan Populer
Anda boleh meniru tips yang diterapkan oleh rekan sesama blogger Anda dalam mencari topik yang pasti populer ini. Topik seperti ini memang cenderung dibahas berkali- kali oleh blogger yang berbeda- beda dan ini kerap Anda temukan di media social. Tapi yang perlu diingat, meskipun Anda mendapatkan inspirasi dari blog lain atau dari social media, Anda tidak boleh copas mentah- mentah.

Untuk menemukan artikel yang populer ini, Anda dapat mencarinya di grup Facebook yang membership nya ramai dan partisipasi antar member di grup masih aktif. Atau Anda dapat juga mencarinya via mesin pencari dengan menggunakan kata kunci “forum [topik]”. Tipe artikel ini biasanya memang memiliki volume pencarian yang kecil di Google Keyword Planner, namun justru cepat populer dan mendatangkan trafik yang besar untuk Anda.

2. Mencari Inspirasi dari Blog Lain
Teknik ini memang kerap digunakan oleh para blogger di Indonesia. Tidak heran, ketika sebuah postingan menjadi viral, besok dan seterusnya kita akan menemukan banyak kembarannya disana sini. Untuk menggunakan trik ini, maka Anda perlu memilih topik yang hampir mirip atau sejenis dengan blog yang sedang Anda bahas.
Pertama Anda dapat menggunakan kata kunci “blog [topik]” dan catat alamat URL website tersebut. Selanjutnya, kunjungi QuickSprout.com dan masukkan alamat blog tersebut. Setelah beberapa saat, website tersebut akan menampilkan sebuah halaman yang berisi data konten- konten terpopuler dari alamat website tersebut. Anda kemudian dapat menganalisis konten terpopuler tersebut dari banyaknya share di media sosial.

Apakah cara ini sah- sah saja? Pada dasarnya sih kita hanya mengintip konten milik orang saja. Selama Anda tidak mencuri konten website tersebut atau menjiplak secara membabi buta ya tidak masalah. Namun hal ini bisa menjadi salah ketika Anda menjiplak bulat- bulat alias hanya copas. Ingat, tujuan Anda sebetulnya adalah mencari inspirasi untuk menciptakan konten populer versi Anda sendiri. Setelah Anda mendapatkan inspirasi tersebut, silahkan ditulis ulang dengan gaya bahasa Anda sendiri dan menambah referensi lain agar konten Anda semakin berkualitas dan disukai pembaca.

Artikel Menarik Lainnya :   9 Tips Ampuh untuk Membuat Konten Anda Disukai Google dan Pembaca

3. Mencari Ide dari Buku Terpopuler di Amazon Kindle
Amazon Kindle ini dapat dijadikan sebagai sebuah pustaka blogger yang ingin mencari sumber menulis konten yang berkualitas dan cepat populer. Caranya mudah, kunjungi Amazon.com, lalu masuk ke kategori ‘Kindle eBooks’. Di kolom pencarian atas, ketikkan salah satu topik utama dari blog yang Anda bahas.
Misalnya Anda memiliki sebuah blog yang membahas tentang ‘Self Improvement dan Psikologi’, maka Anda mungkin akan mengetikkan ‘deal depression’. Dari berbagai hasil pencarian, pilihlah salah satu buku yang paling menarik minat Anda, lalu klik pada gambar sampulnya. Dengan meng- klik sampul tersebut, maka Amazon akan memperlihatkan Daftar Isi dan beberapa halaman awal dari kindle eBook tersebut. Nah, kita memang tidak akan melihatnya secara keseluruhan, karena beberapa halaman tersebut lah yang cukup untuk kita jadikan inspirasi untuk menulis konten cepat populer di blog kita nanti. Gampang kan?

Lihat Gambar :
kindle book, amazon, konten, ide, populer

4. Mencari Konten Populer dengan BuzzSumo
BuzzSumo adalah salah satu tool premium yang dapat membantu kita mencari konten- konten yang paling banyak di-share di media sosial dengan kata kunci tertentu. Untuk dapat menggunakan tool ini sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi website BuzzSumo.com dan mengetikkan kata kunci yang ditarget, kemudian pilih ‘Go’.

Misalnya Saya mengetikkan kata kunci ‘tips copywriting’, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Lihat Gambar :
buzz sumo, konten, populer

Saya sudah beberapa kali menggunakan tool ini untuk mencari ide menulis artikel. Hasilnya, selain Saya memperolah inspirasi menulis konten populer, motivasi Saya juga menjadi berlipat ganda setelah melihat angka share yang sangat tinggi.

5. Pinterest adalah Sumbernya Ide Segar
Meskipun website dengan niche tertentu jarang memanfaatkan Pinterest share, namun tidak sedikit juga yang menjadikan Pinterest sebagai salah satu media blog sharing, berdampingan dengan Facebook dan Twitter. Di jejaring sosial ini, user tidak memiliki kecenderungan untuk menulis status, melain berbagi konten yang menarik dengan gambar fitur yang di –Pin. Pinterest memiliki interface yang menarik dan navigasi yang memudahkan usernya untuk menemukan Pin yang sesuai dengan keinginannya dengan menggunakan fitur pencarian yang efektif. Dengan berkunjung ke situs ini dan berselancar dengan keyword tertentu, dijamin kepala Anda akan dipenuhi dengan ide segar untuk menulis konten baru di blog Anda.

6. Membuat Artikel Sesuai Trending Topik di Twitter
Twitter memang kerap menjadi rujukan untuk membuat konten yang populer saat itu juga. Jika Anda aktif menggunakan jejaring sosial yang satu ini, tentu Anda akan menyadari bahwa menulis sesuai dengan trending topik benar- benar bisa membuat blog Anda kebanjiran trafik. Gimana nggak kebanjiran trafik kalau topik yang sedang dibahas benar- benar sedang jadi perbincangan hangat.

Artikel Menarik Lainnya :   Ingin Membuat Website yang Memiliki Relevansi Tinggi dengan Topik? Begini Caranya..

Jika blog Anda menggunakan bahasa Indonesia dan ingin memantau trending topik di Twitter, jangan lupa setting jenis trend nya ke wilayah Indonesia, bukan ‘Tailored Trends’. Setelah itu, Anda tingggal memantau trending topik yang bisa sesuai dengan niche blog Anda. Begitu Anda, jangan lewatkan kesempatan, ayo dituliss…!

Lihat Gambar :
trending topik, twitter, konten, ide

7. Konten sesuai Berita Terkini, Issue Panas dan Trending
Yang ini nyaris sama dengan konteks trending topik di Twitter, hanya saja gejalanya lebih mewabah dan dibicarakan dimana- mana, bahkan masih hangat sampai beberapa pekan ke depan. Untuk membuat konten populer ini sangat mudah, Anda tinggal harus selalu on untuk mendapatkan informasi terkini. Tipe konten ini juga banyak dibahas dimana-mana, sehingga Anda tidak mungkin bingung mencari beberapa narasumber terpercaya. Jika trending topik ini masih berkaitan dengan niche blog Anda, jangan disia- siakan. Ini adalah ladang emas untuk trafik langsung ke blog Anda

Sudah pernah kan Anda mencoba beberapa trik diatas untuk membuat konten yang cepat populer? Jika belum pernah, monggo dicoba! Sekali tahu hasilnya asyik banget dijamin bikin ketagihan ^_^