Tidak sedikit orang yang beranggapan menjadi kaya raya itu akan mudah setelah bekerja keras selama bertahun- tahun. Faktanya, kita masih sering melihat para pekerja keras yang masih saja tidak beranjak dari tempat ia berpijak. Ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, ya?

Seringkali banyak orang belum bisa menikmati hasil jerih payahnya ternyata karena kesalahan dalam mengatur keuangan. Menjadi kaya raya berarti dapat menikmati dari setiap uang yang dihasilkan, baik dari bekerja, tabungan atau investasi.

Banyak para pekerja keras yang lupa untuk memaksimalkan uang mereka untuk tabungan dan investasi. Sebaliknya, mereka terbebani dengan adanya kewajiban membayar hutang, biaya anak sekolah, kebutuhan sehari- hari yang cukup tinggi karena boros, dan banyak hal lain yang membuat kaya seolah- olah adalah mimpi belaka.

Faktor Penghambat Seseorang Menjadi Kaya

Jika kerja keras dirasa sudah maksimal, tapi masih belum bisa kaya raya juga, lalu dimana salahnya? Bisa jadi Anda terjebak dengan lima hal penghambat kaya raya ini :
1. Tidak Menyiapkan Rencana Masa Depan
Tidak ada salahnya mimpi berkeliling dunia setiap bulan. Namun, mimpi tersebut sebaiknya dibarengi dengan usaha yang jelas untuk mewujudkannya. Tanpa usaha yang jelas dan perencanaan, maka mimpi tinggalah mimpi.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis, Agar Sukses Bukan Lagi Sekedar Mimpi

Mulai sekarang, buatlah rencana masa depan. Buat rencanamua sedetail mungkin agar pengeluaran dan pendapatan yang diterima terlihat jelas. Dengan perencanaan yang sehat, Anda bisa mengoptimalkan tabungan dan juga menerapkan pola hidup hemat.

2. Besar Pasak Daripada Tiang
Tuntutan gaya hidup memang godaan yang luar biasa untuk setiap orang. Belajarlah untuk mengendalikan godaan itu dan alihkan godaan itu dengan investasi dan tabungan. Dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, maka uang belanja dan tabungan Anda akan lebih tertata.

3. Tidak Pernah Mencoba Investasi
Cobalah untuk berinvestasi sedini mungkin. Tidak sedikit orang yang takut mencoba investasi dengan pertimbangan untung rugi. Padahal, Anda bisa meminimalisir kerugian itu dengan memilih badan penyelenggara yang resmi dan terpercaya. Dengan investasi ,dana Anda akan berkembang dan menjadi lebih optimal. Namun jika masih ragu untuk investasi dengan lembaga investasi terpercaya, cobalah dengan investasi umum, seperti emas dan tanah.

Artikel Menarik Lainnya :   30 Perusahaan di Indonesia yang Tahan Banting Saat Krisis, Apa Resepnya?

4. Sering Mengeluh dan Pesimis
Dalam segala hal, pesimis dan mengeluh adalah dua hal yang selalu menghambat diri kita untuk melakukan lebih. Setiap orang bisa menjadi kaya, bisa menjadi lebih asalkan kita bisa menyingkirkan rasa malas. Selama kita mempunyai keinginan dan kemauan untuk bertindak, maka akan ada banyak hal yang kita wujudkan.

5. Mayakini Bahwa Menjadi Orang Kaya Bukan Hal Baik
Tidak sedikit orang yang berpikiran bahwa saat menjadi orang kaya nanti dirinya akan menjadi sombong dan lupa dunia. Well, itu sih pemikiran yang sangat kuno ya. Sombong atau lupa dunia, itu lebih ke karakter individu, bukan karena kaya itu sendiri.
Banyak juga yang berpikir menjadi orang kaya hidupnya tidak enak karena harus siap menjadi donator atau pemberi amal. Padahal, beramal adalah hal yang paling baik dan bisa membuat hidup orang lebih bahagia.

Artikel Menarik Lainnya :   Three Wise Monkeys, Filosofi Jepang yang Kaya akan Makna

Selain itu, jangan lupakan juga…

Selain lima poin di atas, jangan lupakan pentingnya doa dan keyakinan. Anda harus yakin mimpi- mimpi Anda dapat terwujud dan kesuksesan bisa datang kepada Anda kapanpun juga. Semua element ini perlu dilakukan secara seimbang agar mimpi- mimpi besar Anda segera menjadi nyata.

Featured Image: Ted.com