Jika Anda sering membaca artikel tentang SEO di berbagai website, forum internet marketing dan social media, maka Anda akan menyadari bahwa pembahasan tentang SEO itu akan mengarah pada hal- hal ini dan itu saja. Optimasi SEO memang sebenarnya tidak terlalu rumit jika Anda sudah mengetahui cara mengoptimasi sebuah halaman website. Dan lagi- lagi, Anda harus kembali ke faktor ini dan itu yang sudah Anda baca berkali- kali di artikel A, B, C hingga Z.

Kuncinya adalah konsistensi. Ketika Anda sudah mengetahui bahwa membangun website dan memaksimalkannya di mesin pencari adalah melibatkan faktor ini dan itu, maka yang Anda harus lakukan adalah konsisten melakukan optimasi tersebut. Tentu saja Anda harus mengetahui element utama SEO website agar konsistensi ini dapat Anda lakukan secara terfokus dan lebih mudah. Apa saja elemen penting SEO tersebut? Mari kita simak bersama- sama!

Elemen Penting SEO Website yang Wajib Diketahui

1. Keyword yang Dibidik

Keyword ini seringkali terdengar sepele, tapi berdampak salah. Ketika sebuah website menggunakan kata kunci yang salah, maka website tersebut bisa bernasib na’as di mesin pencari,khususnya Google. Terdengar lebay, tapi setidaknya hal tersebut cukup untuk menggambarkan betapa pentingnya sebuah kata kunci yang tepat dalam membangun sebuah website.

Untuk dapat menemukan kata kunci yang tepat untuk websitenya, maka para webmaster kerap melakukan riset kata kunci ( keyword research ). Hal ini dilakukan oleh para webmaster untuk menentukan kata kunci yang paling relevant dengan niche website yang dibahas, sekaligus menentukan kata kunci yang tepat untuk setiap halaman.
Ketika melakukan riset keyword ini, maka para webmaster akan mengumpulkan banyak kata kunci yang sering dipakai oleh para pengguna Google, dan kemudian menyortir untuk menemukan kata kunci yang paling populer atau paling banyak digunakan. Seringkali dengan topic yang sama, userini menggunakan kata- kata yang berbeda ketika mencari di Google. Nah, dengan bantuan riset keyword ini lah para webmaster akan menemukan kata kunci yang paling ideal untuk websitenya nanti.
Untuk melakukan riset kata kunci, maka pemilik website dapat melakukannya dengan bantuan Google Keyword Planner atau dengan menggunakan tool- tool dari developer lainnya ( Google Keyword Planner tentu yang paling sering digunakan ). Tentang bagaimana cara menggunakan Google Keyword Planner ini, tidak akan dibahas disini ya, tapi Anda dapat menemukannya di artikel kami yang lain.

Artikel Menarik Lainnya :   4 Alasan Mengapa Blogger Sebaiknya Memposting Ulang Konten Lama

Apa saja manfaat dari riset keyword ini?
*) Mengetahui kata kunci yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Google
*) Mengetahui tingkat persaingan sebuah kata kunci, jika Anda melihat tingkat persaingannya terlalu tinggi, ini berarti Anda harus berjuang lebih keras agar website Anda memperoleh posisi yang baik di mesin pencari
*) Membantu Anda untuk memiliki posisi yang bagus di hasil pencarian Google ketika Anda memilih kata kunci yang tepat
*) Memberikan Anda trafik potensial yang besar dari mesin pencari

Dilihat dari daftar manfaat yang kita peroleh, bisa dibilang bahwa riset keyword ini sangat penting ketika Anda akan membangun sebuah website. Melalui proses ini, Anda akan menemukan kata kunci yang tepat. Dengan kata kunci yang tepat, maka proses optimasi website dan mendapatkan trafik organik dari mesin pencari juga menjadi lebih mudah.

2. Memperhatikan Faktor On-Page untuk Menciptakan Website yang SEO Friendly

Ketika Anda memperhatikan faktor On-Page ini dengan seksama, maka Anda akan memiliki website SEO Friendly yang memiliki struktur baik di mata search engine, mudah dijelajahi oleh robot crawler, dan juga memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Apa saja yang pelru diperhatikan dalam Faktor On-Page ini? Diantaranya adalah sebagai berikut:
a. Penempatan Kata Kunci
Kata kunci membantu robot crawler untuk dapat mengenali topik yang sedang dibahas oleh halaman utama dan halaman artikel Anda. Bukan hanya untuk halaman utama Anda, tapi sebaiknya Anda juga memperhatikan penempatan kata kunci di :
*) Title Tag ( Judul halaman web )
*) Meta Description
*) Penyebaran secara merata tapi secukupnya di artikel ( awal, tengah, akhir paragraph )
*) Permalink
*) Sistem Navigasi
*) Heading dan Sub Heading ( Tag H1, H2, H3 )
*) File gambar ( Tag Alternative/ Alt Tag )
*) Internal Links

Artikel Menarik Lainnya :   Optimasi SEO On-Page Secara Lengkap dengan 7 Faktor Penting Ini

b. Menciptakan Konten yang Berkualitas untuk Pembaca
Google sangat menyukai konten yang berkualitas, sehingga tidak heran bahwa artikel yang berkualitas ini cenderung merajai mesin pencari. Maka dari itu, jika Anda ingin halaman Anda memiliki posisi yang baik di Google, selalu utamakan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca. Semakin dalam dan detail sebuah konten, maka itu semakin baik untuk mesin pencari.

Artikel Terkait: 9 Tips Ampuh untuk Membuat Konten Anda Disukai Google dan Pembaca

c. Navigasi yang baik, internal Link dan konten pendukung
Navigasi yang baik, internal link, widget yang membantu pembaca dan konten pendukung ( gambar dan video ) akan menciptakan interaksi user di website Anda. Selain meningkatkan pageview, hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi bounce rate di website Anda yang berpengaruh pada SEO. Intinya, buat lah pembaca Anda betah menikmati website Anda dengan berbagai kemudahan dan kenyamanan.

d. Kecepatan/ Load Website
Kecepatan sebuah website merupakan salah satu faktor yang diperhatikan oleh Google untuk meranking website di mesin pencari. Seperti yang kita tahu, Google selalu ingin memberikan hasil pencarian yang paling ideal dan terbaik untuk user nya. Ketika website Anda terlalu berat atau lama, maka user memiliki kecenderungan untuk menutup website Anda tanpa mau menunggu website Anda terbuka. Tentu saja ini menjadi alert tersendiri bahwa harus ada yang diperbaiki di website Anda. Untuk mengetahui kecepatan website Anda dan mengetahui apa yang harus diperbaiki, silahkan kunjungi GTMetrix.

Artikel Menarik Lainnya :   9 Point Penting untuk Strategi SEO Jangka Panjang yang Efektif

e. Outbound Links
Memberikan link ke halaman website lain atau outbound links dapat membantu Google mengenali fokus topic Anda lebih dalam lagi. Namun Anda harus berhati- hati disini karena link ke website lain yang Anda berikan seharusnya relevan dengan konten blog Anda dan memiliki authority di topik yang dibahasnya.

3. Optimasi SEO Off-Page dengan Backlink yang Berkualitas

Membangun backlink sangat penting karena dapat meningkatkan popularitas sebuah website di internet sehingga website tersebut memiliki posisi yang baik di hasil pencarian Google. Tentu saja backlink yang kita peroleh harus yang berkualitas dan natural. Hindari untuk membeli backlink berbayar atau mencari bad backlink dari situs dewasa dan spam. Jenis- jenis backlink antara lain:
*) Social Profile Link, yaitu link yang kita peroleh dengan menempatkan URL website kita di halaman profil social media.
*) Link dari Media Sosial, berbeda dengan social profile link, link ini biasanya kita peroleh dari halaman tertentu yang kita share ke media sosial
*) Link dari Social Bookmarking, seperti Digg.com, Stumbleupon.com, Diigo.com, Delicious.com, Folkd.com dan masih banyak lagi. Semuanya situs luar karena situs social bookmarking Indonesia yang dulu kerap digunakan para webmaster kini telah bertumbangan.
*) Links dari Forum Signature, yaitu dengan bergabung di sebuah forum dan memasang link kita di signature dan juga di artikel ( tapi jangan spam, karena setiap forum cenderung memiliki peraturan yang ketat ). Beberapa forum yang dapat digunakan untuk membangun backlink antara lain Bersosial.com, Kaskus.com, Forum.detik.com, Pengusaha.co dan masih banyak lagi.
*)Link dari #Web2.0 Properti atau dari platform blog gratisan, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr, Weebly, Jigsy.com, Webs.com dan masih banyak lagi.

Sekian ulasan tentang elemen penting SEO kali ini. Mudah- mudahan bermanfaat untuk Anda. Terimakasih sudah membaca artikel kami πŸ™‚