Bosan blog Anda selalu stagnan kalau berhubungan dengan jumlah pengunjung? Sudah mencoba trik ini itu tapi masih belum bisa juga meningkatkan pengunjung blog Anda? Bikin galau memang!

Mungkin Anda pernah juga mendengar saran yang sedikit unik, yaitu menyarankan Anda untuk memposting artikel minimal dua kali sehari atau semakin banyak semakin bagus. Anda mungkin sering mendengar nasehat ini dari beberapa teman blogger meskipun dasarnya tidak jelas. Bisa jadi cara ini work untuk mereka, tapi setelah Anda mencoba dan tidak work, maka Anda justru kembali mengambang di titik jenuh.

Kenyataannya, tidak sedikit blog yang sudah cukup berumur namun hanya memiliki trafik 100/day, namun tidak sedikit juga blog yang baru berumur sebulan – dua bulan, namun ternyata mampu memiliki pengunjung berjumlah ribuan. Dan kebanyakan pengunjung tersebut berasal dari trafik organic, alias dari mesin telusur. Tentu saja mereka memiliki resep tertentu sehingga meskipun websiter tersebut baru, namun mereka dioptimasi secara maksimal, sehingga perkasa di mesin pencari.
Dari gambaran tersebut, bisa diartikan bahwa jika kita melakukan optimasi lebih maksimal lagi, maka sangat mungkin jumlah pengunjung kita akan meningkat tajam dan bahkan meledak –lebay ya bahasanya ^_^.

Memanfaatkan Trafik Non-Organik untuk Meningkatkan Pengunjung

Mesin pencari memang merupakan sumber trafik terbesar utama yang diinginkan oleh setiap blogger. Namun, untuk menembus halaman utama Google dengan persaingan yang ketat tidaklah mudah, terutama jika blog kita masih baru. Untuk mengakali ini, maka kita akan meningkatkan trafik non-organik terlebih dahulu. Apa itu trafik non organik? Yaitu trafik yang bukan berasal dari pencarian di mesin pencari seperti Google.

Meningkatkan Trafik Non-Organik ini bisa dibilang sebagai strategi SEO modern yang kini diterapkan oleh para mastah internet marketing, baik di Indonesia, maupun di luar negeri. Banyak dai mastah tersebut berpendapat bahwa trik backlink dengan submit URL blog Anda ke situs social bookmark, press release atau blog commenting sudah tidak seefektif dulu. Bisa dibilang, Google sudah tidak menyukai jenis backlink tersebut karena seringkali tiba- tiba datang dalam jumlah besar dan kerap dimasukkan ke dalam Spam.

Sebaliknya, di SEO modern, kita melakukan promosi terhadap konten yang kita miliki, lalu pengunjung berdatangan ke blog kita. Nah, merekalah yang pada akhirnya memberikan backlink kita dengan melakukan share pada konten- konten yang mereka baca. Tipe backlink ini lah yang sekarang sedang disukai Google dan berpotensi meningkatkan posisi website Anda secara signifikan di mesin pencari.

Di teknik seperti ini, Anda pada dasarnya hanya membutuhkan sedikit #backlink saja, dan posisi website Anda di mesin pencari dapat meledak dalam waktu yang lumayan singkat.

Nah… lantas bagaimana supaya kita dapat memperoleh pengunjung dalam waktu yang relatif singkat ini? Bukannya nggak semudah ngomong ya, min? Yes, betul sekali. Anda memang harus bekerja keras di awal untuk menjadikan trik ini work. Beberapa upaya yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Posting Konten Berpotensi Viral
Tidak ada jaminan sebenarnya untuk membuat konten tertentu untuk menjadi viral. Kita juga tidak bisa terlalu memaksakan karena hasilnya justru bisa buruk untuk website kita. Nah, namun, tentu saja kita tetap melakukannya asal mau berusaha. Konten viral disini adalah konten yang berpeluang untuk mendapat banyak share dari sosial media. Untuk membuat konten viral ini, Anda dapat mencontoh situs viralnova.com atau hipwee.com.


2. Aktif di Facebook Groups yang Aktif
Konten yang berkualitas akan menjadi pemicu utama mengapa seseorang mau mengunjungi website Anda. Sebaliknya, jangan promosi konten yang buruk atau konten yang di grup yang sepi, sehingga website Anda cenderung diabaikan. Peraturannya, jika link yang Anda share di Facebook ini kerap diabaikan, maka link tersebut akan berpotensi di cap sebagai SPAM oleh Facebook. Memang cukup beresiko, sehingga memang butuh kehati- hatian.

Artikel Menarik Lainnya :   Kamus SEO: A-Z Istilah SEO yang Wajib Diketahui Blogger Pemula

Selain itu, ketika Anda berada di grup, jangan serta merta langsung promosi, tapi kenal lah dulu anggota dari grup tersebut dan sering- seringlah berkomunikasi dengan menulis konten yang informatif dan motivasi ( tanpa menyebar link ) atau dengan berkomentar di status yang dibuat anggota lain di grup. Anda juga dapat membuat Facebook Group Anda sendiri, tapi tentu saja Anda harus pastikan memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk para membernya sehingga tidak menjadikan grup ini sebagai tempat sampah, yang akhirnya membuat mereka lari satu per satu.

3. Aktif di Google+ Community
Secara jumlah anggota, Google+ memang lebih sedikit dibandingkan dengan Facebook. Namun, Google+ terkenal bersih dari SPAM dan memiliki anggota- anggota yang antusias. Sama seperti trik di Facebook tadi, Anda tetap tidak bisa serta merta langsung menanamkan link artikel Anda ke website ini. Anda tetap harus utamakan berkenalan dengan anggota grup dan menjadikan Anda terlihat di grup tersebut terlebih dahulu. Dalam hal spam, Google+ ini lebih ketat daripada Facebook, jadi Anda perlu berhati- hati.

4. Forum yang Relevant dengan Member yang Aktif
Untuk mendapatkan backlink pengunjung dari website tersebut, maka trik nya sama seperti yang kita lakukan di grup Facebook dan Google+. Banyak forum memang memiliki backlink bertipe nofollow, namun ini tidak masalah karena Anda akan mendapatkan trafik langsung dari pengunjung dan mereka berpotensi untuk membagi konten Anda ke sosial media. Jangan ragu juga untuk masuk ke grup yang anggotanya masih sedikit. Tidak jarang, dengan member yang sedikit ini mereka lebih antusias dibandingkan dengan member yang banyak tapi semua sibuk berpromosi sendiri. Untuk mencari forum di mesin pencari, Anda dapat menggunakan kata kunci: Forum “topik” atau Forum “komunitas”. Forum di Indonesia yang saat ini masih sangat bagus dengan topik general adalah kaskus.com, dan bersosial.com.

5. Menjalin Hubungan dengan Sesama Blogger
Tapi bukan hubungan terlarang ya, hahahaha. Blogger lain ini bisa Anda upayakan blogger yang sudah ‘tua’ alias sudah berpengalaman, populer dan memiliki banyak pengikut sehingga mereka authority sebagai seorang influencer. Bayangkan jika seorang influencer yang memiliki ribuan followers ikut share konten Anda ke social media? Wah, konten Anda bisa berpotensi menerima ledakan kunjungan nih.Lalu bagaimana caranya untuk menemukan mereka. Pertama- tama, temukan blogger tersebut dengan mengetikkan kata kunci ini di mesin pencari : “topik” + blog. Kemudian follow akun socialnya dan jalin komunikasi dengan retweet dan share konten mereka secara konsisten, lalu berikan komentar berkualitas di blog mereka dan pasang link menuju blog mereka di konten. Setelah mereka menyadari kehadiran kita, jalin lah kedekatan dengan mereka dan berteman lah. Setelah Anda mendapatkan image positif, coba tulis sesuatu di blog Anda yang terkait dengan blogger tersebut dan kemudian beritahu blogger tersebut. Ketika mengetahui hal ini, maka besar kemungkinan untuk mereka menyukai konten Anda dan membaginya ke followers dan teman mereka di sosial media.

6. Menggunakan Judul Menarik untuk Memicu Klik
Sering terjebak dengan share di Facebook yang antar isi dan judul link yang berbeda? Tentu saja Saya tidak akan menyarankan Anda meniru trik manipulasi tersebut karena pembaca yang kecewa pasti akan langsung menutup blog tersebut dan berakibat bounce rate Anda menjadi tinggi. Namun, Anda dapat belajar bahwa judul artikel yang menggigit memang dapat memicu besarnya jumlah klik ke website Anda.

7. Menggunakan Minimal Satu Gambar untuk Membuat Konten Anda Atraktif
Sebuah konten tanpa gambar akan terlihat seperti sebuah halaman yang membosankan. Dengan pemilihan gambar yang tepat, maka pembaca Anda tidak akan mudah jenuh dan lebih menikmati berselancar di website Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Bagaimana Cara Memilih Jasa SEO Indonesia yang Berkualitas? Ikuti Panduan Berikut Ini!

8. Email Marketing, dan Lakukan List Building
Email marketing bukan hal baru lagi di dunia blogging. Email marketing ini sangat menguntungkan, karena berpotensi sebagai sumber trafik dari pembaca yang sudah mengenal Anda dan percaya dengan kualitas konten blog Anda. Melakukan strategi ini, berarti Anda telah mengumpulkan pengunjung loyal didalam satu wadah yang siap untuk Anda optimalkan menjadi sumber trafik non-organik yang besar.Bagaimana caranya untuk meningkatkan jumlah list di dalam email marketing Anda? Tentu saja yang utama Anda harus menyajikan konten yang berkualitas. Dengan konten yang berkualitas, maka akan semakin banyak pengunjung yang ketagihan dengan update artikel Anda. Jika seorang pengunjung suka dengan konten Anda yang dalam dan lengkap, pasti mereka tidak akan berpikir dua kali untuk klik ‘Subscribe’ di form newsletter Anda. Jadi betul sekali bahwa ‘Content is The King’, konten adalah raja.

9. Newsjacking
Ketika sebuah berita sedang hot- hotnya di media, banyak blog yang ikutan untuk membuat artikel berita tersebut. Jika Anda hanya sekedar ikut- ikutan membuat berita tersebut, maka Anda berpotensi kehilangan trafik besar karena konten Anda bisa jadi tenggelam. Namun dengan Newsjacking, yaitu membuat konten terkait berita yangsedang trend dengan ditambahi ide baru, penjelasan tentang sebuah fenomena dan opini Anda sendiri. Misalnya ketika beberapa waktu lalu terjadi trend Batu Akik, maka Anda bisa saja membuat artikel seputar fenomena Batu Akik tersebut, kemudian membahas apa saja batu akik terpopuler dan bernilai jual tinggi di Indonesia. Selama topik tersebut masih hot, maka konten Anda akan tetap menarik perhatian. Bisa dibilang, teknik Newsjacking ini berarti kita ikut menumpang tenar di topik yang sedang HOT.

10. Membuat Konten tentang Kumpulan Artikel/ Blog
Satu kumpulan ini bisa tentang ’10 blogger sukses dari Bandung’, ‘7 artikel tentang WordPress yang harus Anda baca’ dan masih banyak lagi. Ketika Anda membahas tentang sebuah blog atau seorang praktisi, maka ada kecenderungan blogger tersebut ikut membagikan konten Anda karena didalamnya terdapat nama Anda. Apa yang terjadi selanjutnya? Sama seperti trik yang dibahas diatas tadi, blogger sukses yang sudah menjadi influencer ini akan membagi konten Anda secara cuma- cuma kepada ribuan followersnya. Selain itu, pembaca pun sangat suka jika sebuah konten blog berisi konten yang lengkap dan mendalam. Tentu saja ini juga menentukan faktor ikut share ke social media tadi. Wahhh… banjir trafik deh!

Traffik Organik Meningkatkan Pengunjung Jangka Panjang

Trafik organik adalah trafik yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain- lain. Trafik organik ini memang sangat diidam- idamkan oleh para blogger karena kualitas nya tinggi dan kuantitinya besar ( jumlah potensi pengunjung yang dapat dijaring ). Jika sebuah website memiliki performa yang baik di mesin pencari, tentu trafik organik yang datang di mesin pencari sangatlah besar.

Lalu, bagaimana kaitannya dengan trafik non organik? Bisa dibilang trafik non-organik ini merupakan senjata ampuh untuk menaikkan peringkat website kita di mesin pencari, karena kita memperoleh backlink yang berkualitas, sehingga blog kita akan memperoleh trafik jangka panjang. Teknik apa saja yang kita lakukan untuk meningkatkan pengunjung dalam pencarian organik ini?

11. Keyword dengan Volume Pencarian Tinggi di GKP
Ketika Anda membuat sebuah konten, maka langkaht-langkah yang harus Anda lakukan adalah: menentukan topik, masukkan topik tersebut ke Google Keyword Planner dan temukan kombinasi kata yang volume nya paling tinggi. Ketika kombinasi kata tersebut sudah Anda temukan,maka gunakanlah kata kunci tersebut sebagai keyword utama untuk judul, penyebaran di paragraph secara merata tapi tidak berlebihan dan meta description.

12. Lakukan list untuk keyword turunan untuk membuat long tail keyword
Masih berkaitan erat dengan point no 11, ketika Anda malakukan riset kata kunci, maka Anda akan menemukan beberapa kata kunci dengan jumlah pencarian yang cukup signifikan. Tentu saja kadang Anda bingung untuk menentukan kata mana yang akan Anda ambil sebagai kata kunci utama. Yang Anda harus lakukan adalah mengambil pencarian tertinggi sebagai kata kunci utama dan menambahkan kata kunci turunan untuk melengkapi judul Anda, sehingga Anda akan memiliki long tail keyword dengan potensi volume pencarian yang lebih besar.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Perilaku Unik Pengguna Media Sosial yang Hanya Ada di Indonesia

Misalnya untuk riset kata kunci ‘Jaket Adidas’, Anda mungkin menemukan pencarian ‘Jaket Adidas’, ‘Training Adidas Terjangkau’ dan ‘Adidas Grade ORI’, maka Anda dapat membuat judul nya menjadi ‘Jaket Training Adidas Grade ORI, Harga Terjangkau’. Ini hanya contoh saja, Anda tentu dapat bereksperimen untuk memperoleh hasil yang terbaik dalam riset kata kunci Anda.

13. Membuat Konten Unggulan
Buatlah konten unggulan yang membuat pembaca dan blogger lain menyukainya, sehingga mereka tidak sungkan untuk menanamkan link Anda ke website mereka. Tentu saja, ini berarti backlink gratis untuk konten Anda. Upaya apa yang dilakukan untuk dapat membuat konten unggulan ini? Tentu saja konten ini harus lebih tinggi dan berkualitas dari konten lain yang berada di blog Anda dan topiknya banyak dicari secara umum di ranah publik.

14. Lakukan Optimasi Konten Secukupnya
Tentu saja kita perlu melakukan optimasi konten, tapi lakukan sewajarnya dan tidak berlebihan. Anda dapat melakukan optimasi on-page sesuai rekomendasi dan off page dengan share secukupnya ke social media, social bookmark berkualitas tinggi dan sebagainya. Melakukan optimasi berlebihan dengan tujuan terindeks cepat dan backlink sebanyak- banyaknya dapat berpotensi menjadikan website Anda terdeteksi Spam oleh Google.

15. Link Building Strategy
Link building yaitu proses membangun backlink untuk website kita. Kita dapat melakukannya secara aktif, tapi dengan porsi sewajarnya dan mengutamakan kualitas. Anda dapat memulainya dengan mencari backlink berkualitas di situs ber-authority tinggi seperti Moz.com dan situs rujukan yang membahas topik sejenis dengan blog Anda sampai ke tahap email marketing.

16. Tambahkan Aset Konten yang Mengundang Backlink
Misalnya Saya membandingkan dua artikel yang keduanya membahas topik yang sama, dan dengan kedalaman konten yang sama. Namun, bedanya, konten pertama hanya sebuah artikel panjang saja. Sedangkan konten kedua dilengkapi dengan grafik, gambar, video dan kutipan. Mana yang menurut Anda lebih menarik? Tentu saja konten yang kedua kan?

Hal ini terjadi karena konten kedua memiliki linkable assets, yaitu asset yang mengandung backlink. Gambar dan sajian konten lainnya merupakan asset konten yang dapat mengundang backlink. Anda dapat mencoba lebih kreatif dengan lebih banyak bereksperiman menggunakan linkable asset lainnya seperti dengan eBook, checklist, call to action, infografis, audio, data grafik, tool dan sebagainya. Tentu saja tujuan utama asset tersebut adalah membuat konten Anda hidup dan terlihat lebih attraktif, tapi lihat side effect-nya nanti, pasti akan membuat Anda ketagihan melakukan trik ini.

17. Lakukan Teknik SEO Proaktif
Apakah Anda termasuk blogger yang mudah tergiur ketika mastah tertentu menjual produk affiliate SEO? Dan kemudian setelah membeli Anda tidak menggunakannya secara maksimal dan menyimpulkan bahwa tool tersebut tidak work untuk Anda, bahkan Anda sempat memberi review negative atau nyinyir dalam hati. Selanjutnya ketika ada blogger lain yang share produk affiliate SEO lainnya Anda tertarik membeli lagi, lagi dan lagi?



Saran Saya, berhenti lah lakukan itu dan fokus untuk menerapkan ilmu SEO yang Anda pelajari terlebih dahulu. SEO bukanlah ilmu instant dan bukan ilmu sakti- saktian. Untuk apa Anda membeli tools yang belum tentu Anda pakai dan Anda belum yakin ini bermanfaat optimal untuk Anda? Kuncinya adalah fokus dan action, fokus belajar langsung action kemudian.

 

Pustaka: PanduanIM