Mungkin Anda telah banyak melakukan effort untuk meningkatkan ranking blog Anda dengan tutorial ini dan itu, namun kenyataanya ranking blog Anda tidak berubah, dan justru update blog Anda menjadi terbengkalai karena hanya focus untuk meningkatkan ranking blog saja. Percaya lah, Anda bukan satu- satunya yang frustasi dengan hal ini. Banyak blogger dan internet marketer kerap mengalami fase ini dan terjebak cukup lama. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Sebagai seorang blogger, kita harus menyadari bahwa algoritma Google selalu mengalami perubahan dengan sistem terupdate untuk menghasilkan pencarian yang terbaik untuk para usernya. Teknik SEO yang populer kurang lebih 2- 4 tahun yang lalu saat ini sudah banyak yang usang dan justru masuk ke kategori SPAM. Jika Anda masih menerapkan teknik ini, tentu saja Anda berpotensi untuk menjatuhkan ranking blog Anda lebih dalam lagi.

Teknik SEO yand dapat menjurus ke SPAM antara lain:
– Guest Book ( dulu ini sangat populer untuk segera meningkatkan traffik blog )
– Doorway Page ( blackhat, Spam )
– Article Directory
– Blog Network
– Pyramid
– Linkwheel
– Web 2.0 secara berlebihan
– Social Bookmark berlebihan
– Blog commenting secara berlebihan, khususnya di website berkualitas rendah

Beberapa memang masih menjadi perdebatan, seperti mencari backlink dari article directory, blog commenting dan web 2.0. Tidak sedikit jagoan internet marketer yang mengatakan bahwa web 2.0, blog commenting dan article directory masih bisa menjadi ladang backlink yang baik untuk SEO Off Page, tapi memang kita harus lebih berhati- hati dan melakukannya secukupnya saja, sehingga tidak tercium sebagai Spam.

Lalu bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya? Hanya satu, yaitu dengan mengedepankan teknik SEO white hat seperti yang disarankan oleh Google. Tapi White Hat kan susah? Kan lama? Semua memang butuh proses, tapi tidak selama dan sesusah yang Anda bayangkan ketika Anda melakukan teknik White Hat SEO Proaktif.

Teknik SEO White Hat untuk Meningkatkan Ranking Blog Anda

Percaya kah Anda bahwa teknik SEO white hat dapat memaksimalkan ranking blog Anda di halaman pencarian Google? Harus percaya ^_^, secara definisi kan sudah jelas bahwa White Hat berarti menggunakan cara- cara yang memang direkomendasikan oleh Google. Nah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, di SEO modern ini kita wajib menerapkan White hat SEO proaktif. Selain aman untuk optimasi website Anda, teknik ini juga akan memberikan hasil yang amazing untuk situs web Anda ketika diaplikasikan dengan tepat.

Tidak sedikit yang menyangka bahwa White Hat SEO dan content marketing hanyalah melulu soal SEO On-Page dan menciptakan konten yang bagus. Tidak begitu, White SEO bukan lah hanya menulis dan publish melulu. Jika seorang praktis mengaku hanya melakukan trik ini saja, maka besar kemungkinan dia berbohong. White Hat SEO mencakup lebih banyak hal dari sekedar On-Page dan mem-publish konten.

Kita cari tahu apa rahasia mereka ….
Lalu, langkah apa saja yang kita lakukan untuk meningkatkan ranking blog dengan White SEO proaktif ini? Tidak pakai lama, Anda dapat mempraktekkan langkah- langkah berikut ini:
1. Backlink Berkualitas tanpa Spamming
Backlink tanpa spamming, bisakah? Jawabannya bisa banget. Sudah banyak praktisi yang mempraktekkan langkah- langkah mendapatkan backlink berkualitas tanpa spamming websiter tertentu.

Backlink berkualitas = meningkatkan ranking blog, Backlink buruk dan spam = membunuh blog.

Anda hanya harus mengingat rumus tersebut untuk akhirnya mendapatkan backlink berkualitas untuk menolong website Anda. Lalu, apa saja cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan backlink berkualitas ini? Anda bisa melakukan trik ini :
a. Membuat Halaman Kumpulan Artikel/ Blog
Cara ini pernah Saya bahas beberapa waktu yang lalu dan Saya yakin Anda telah mengingatnya dengan mudah. Anda bisa membuat artikel “10 Blog Kesehatan Terbaik Tahun 2015” atau “7 Artikel Kanker Payudara Terbaik untuk Menambah Pengetahuan Anda”.

Jadi tugas Anda disini adalah melakukan riset untuk membuat halaman kumpulan blog/ artikel yang sesuai dengan niche situs web Anda. Setelah itu, hubungi si pemiliki website dan minta lah dia untuk menambahkan website Anda ke dalam postingan atau halaman lain di website mereka. Teknik ini memiliki tingkah keberhasilannya yang cukup tinggi karena biasanya sebuah website akan tersanjung bila ditulis dalam review positif oleh website lain.

Untuk menerapkan trik ini, ikuti langkah- langkah berikut ini:
– Lakukan pencarian di Google dengan kata kunci sebagai berikut:
  [kategori] blogger Indonesia terbaik [tahun] _[kategori] blogger Indonesia
blog belajar [kategori]  
Anda dapat melakukan eksperimen terhadap kata kunci ini untuk menemukan queri yang pas sesuai dengan pencarian Anda. Berikut ini adalah hasil pencarian Saya untuk mendapatkan halaman kumpulan di kategori ‘kesehatan’
– List website yang akan Anda buat kumpulannya, lalu cari halaman kontak atau akun social media nya
– Hubungi mereka dan ceritakan bahwa Anda memiliki website yang berkaitan dengan website mereka, lalu minta mereka untuk memasang link Anda sebagai referensi baliknya. Lakukan ini dengan sopan dan dengan bahasa yang bersahabat.
– Jika mereka bersedia memasang link ke website Anda, ucapkan terimakasih.
– Lakukan berulang untuk website selanjutnya yang telah Anda list

b. Backlink dari Broken Link Building
Carilah beberapa website yang terkait dengan niche Anda, dan temukan broken link ekternal dari website lain. Broken link disini adalah website yang ternyata sudah mati yang dulu diberi backlink oleh pemilik website. Selanjutnya, buatlah konten yang isinya menarik dan berkualitas yang terkait dengan website yang sudah mati tersebut. Selanjutnya, hubungi pemilik website lalu berikan alamat link Anda sebagai pengganti link yang sudah mati.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Tepat Menggunakan Heading Tag H1 H2 H3 – H6 Agar SEO Friendly

Agak ribet dan repot, tapi sampai saat ini trik broken link building masih cukup digemari dan diburu. Teknik ini juga termasuk etis dan pemiliki website juga akan berterimakasih kepada Anda karena mendapatkan website referensi pengganti yang isinya lebih berbobot.

c. Mention Tanpa Link
Trik ini cocok diterapkan jika Anda adalah seorang pemilik startup atau brand terkenal. Misalnya seperti Detik.com atau Tokopedia.com, kita sering menyebut nama website tersebut hanya dengan sekedar nama saja, tanpa ditempeli hyperlink. Sama seperti teknik sebelumnya, tugas Ada adalah mencari ‘mention’ website Anda, lalu menghubungi si pemiliki website untuk menjadikan mention ini diberi link aktif. Untuk mempermudah pencarian, Anda dapat menggunakan salah satu tools dibawah ini untuk membantu Anda:
Fresh Web Explorer ( khusus Pro Subscriber )
TalkWalker ( lebih banyak menghasilkan situs berita )
Google Alerts ( lebih banyak menghasilkan situs berita )
Mention (berbayar)

Dengan Fresh Web Explorer Anda dapat melihat mention sampai empat minggu ke belakang. Lebih asyiknya lagi, Anda juga dapat memperoleh pemberitahuan/ notifikasi ke email Anda setiap kali ada mention baru.

c.Reverse Image Search
Reverse Image Search dapat membantu Anda untuk memperoleh backlink berkualitas ketika Anda memiliki gambar original. Dengan bantuan Google Image Search, Anda dapat meng-upload gambar Anda dan menemukan website lain yang menggunakan gambar Anda tanpa memberi credit link. Untuk pengguna Google Chrome, kAnda dapat mencari gambar Anda dengan klik kanan pada gambar lalu klik ‘Search Google for this image’. Anda juga dapat menggunakan bantuan website TinEye untuk menemukan gambar Anda dengan lebih cepat dan mudah.

2. Cek Internal Link
Internal link merupakan salah satu factor penting dalam SEO #OnPage, jadi sebaiknya Anda tidak menganggap ini sebagai hal kecil dan remeh temeh. Selain meningkatkan relevansi sebuah postingan, internal link juga membantu pembaca untuk mendapatkan referensi bacaan yang masih terkait dengan postingan yang sedang dibacanya.

3. Cek Website Anda dengan Screaming Frog SEO Spider
SEO Spider adalah software yang digagas oleh Screaming Frog, yang membantu Anda untuk menjelajah website Anda dan memberkan data informasi website Anda. Jika Anda ingin analisa SEO yang detail untuk website Anda, Anda dapat mendownload software ini secara cuma- cuma. Untuk versi cuma- cuma alias gratisan, tool ini dapat membantu Anda menjelajah 500 halaman. Untuk mendapatkan fitur lengkapnya, Anda disarankan untuk membelinya.

Beberapa fungsi dari tool ini antara lain adalah:
– Cek Meta Description, Page Title, Broken Link, Error 404, Struktur website, internal link, dan inlink.
– Mencari tahu konten yang dianggap isinya dangkal
– XML Sitemap Auditing
– Mengetahui Canonical Errors, dan masih banyak lagi

4. Update dan Perbaiki Artikel Lama
Konten yang berkualitas adalah salah satu hal terpenting dalam SEO. Ketika Anda memiliki konten- konten yang berkualitas, maka website Anda akan mendapatkan nilai yang positif dari Google. Meskipun Yoast SEO sendiri menyarankan sebuah artikel website setidaknya harus berisi minimal 300 kata, namun tingkatkanlah standar ini menjadi jauh lebih baik. Misalnya, Anda membuat standar Anda sendiri dengan menulis minimal 600 – 700 kata, 1000 kata atau 2000 kata lebih. Pada awalnya memang tidak mudah jika belum terbiasa, namun lamban laun Anda pasti akan segera mahir untuk menulis panjang. Semakin panjang, semakin berbobot, maka semakin baik.

Meskipun tidak menjadi patokan, sebuah web SEO kerap menuturkan bahwa semakin panjang artikelnya, maka kesempatan untuk nangkring di page one pun semakin besar. Artikel nya tentu saja bukan sembarang panjang, tapi juga informative dan detail, sehingga pembaca merasa puas dengan apa yang dibaca di artikel Anda. Content is the king, User is the queen. Kira- kira begitu ya…
Bagaimana cara menemukan artikel yang perlu diperbaiki kontennya? Anda dapat menggunakan bantuan Google Analytics atau Screaming Frog tadi. Di Screaming Frog, Anda dapat menganalisa konten yang terlalu pendek dibandingkan dengan konten yang lain. Di Google Analytics, Anda dapat masuk ke panel menu ‘Behavior > Site Content > All Pages’. Perhatikan postingan yang memiliki average time on page rendah, bounce rate tinggi dan persentase exit tinggi.

Lalu, untuk memperbaiki artikel tersebut, langkah apa saja yang dapat dilakukan? Anda dapat membandingkan konten Anda dengan konten sejenis di Google, kemudian catat informasi yang disajikan website tersebut dan detail kelengkapannya. Anda dapat menambahkan informasi tersebut dengan cara menulis ulang, menambahkan gambar, infografik dan lain- lain. Pasti bisa lah ^_^

5. Gali Potensi Topik dan Keyword Tersembunyi
Jika Anda berpikir mengandalkan Google Keyword Planner saja sudah cukup untuk menggali topik dan kata kunci untuk diolah, bisa jadi Anda salah besar. Google Keyword memang bisa diandalkan untuk riset kata kunci basic, tapi untuk menggali lebih banyak lagi, ada alat lain yang dapat Anda lebih andalkan. Di point ini, Anda akan menemukan kata kunci tersembunyi di dalam dan di luar website, dengan menggunakan Google Webmaster dan Quora.

Ketika Anda jeli menganalisa akun Google Webmaster Anda, maka kerap Anda menemukan keyword-keyword yang memberikan kontribusi cukup tinggi ke website Anda, padahal Anda tidak membuat konten dengan keyword tersebut dan keyword tersebut tidak Anda targetkan sama sekali. Nah itu dia, manfaatkan lah keyword tersebut untuk membuat konten baru. Anda mungkin tidak memikirkan hal ini sebelumnya, kan?

Artikel Menarik Lainnya :   Tips SEO: 6 Kesalahan yang Harus Dihindari Pengguna WordPress

Selain dengan Google Webmaster, Anda bisa menggali kata kunci tersembunyi di luar website, yaitu dengan menggunakan situs komunitas atau forum. Salah satu forum yang kerap digunakan adalah situs tanya jawab internasional Quora. Situs ini merupakan situs yang sangat ramai dan banyak memunculkan ide inspiratif untuk materi blog Anda. Walaupun konten nya bahasa Inggris, ini bukan jadi kendala karena situs ini banyak memiliki pembahasan berkualitas yang menarik untuk disimak. Anda dapat menggunakan salah satu topik populer Quora untuk menciptakan konten populer versi Anda, dan juga menggunakan pembahasan di dalamnya untuk menjadikan konten Anda semakin lengkap dan menarik untuk disimak.

6. Meng-update Judul Konten Lama
Judul yang baik dan relevant dengan isi artikel sangat penting dalam SEO. Bahkan kerap disebutkan juga baha judul yang baik membuat konten Anda 50% sudah berhasil.

Untuk poin kedua, kata kunci di judul akan membuat Google menganggap bahwa konten kita sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna. Selain menempatkan kata kunci yang dibidik, judul Anda harus terlihat menarik tapi natural.

Mengapa memiliki judul yang menarik itu penting? Karena judul yang menarik akan merangsang minat baca pengguna untuk meng-klik website Anda. Jika halaman Anda berada di peringkat lima tapi memiliki judul yang menarik dan menghasilkan jumlah klik yang lebih banyak daripada peringkat pertama, maka posisi lima tersebut berpeluang besar untuk menyalip peringkat yang diatasnya. Ini merupakan salah satu trik jitu untuk menaikkan ranking blog Anda.

7. Link Outbound di Konten Anda
John Mueller dari Google sendiri pernah menyatakan bahwa outbound link merupakan salah satu faktor ranking positif sebuah blog. Link outbound memberitahu Google bahwa konten kita dapat dipercaya karena memiliki referensi website yang terpercaya, sekaligus meningkatkan relevansi topik yang sedang kita bahas. Tentu saja, link outbound kita harus website yang memang bagus dan usahakan sudah memiliki authority.

8. Guest Blogging di Forum Besar
Cari forum besar, aktif dan berkualitas yang dapat membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak orang. Di situs besar, Anda bukan hanya mendapatkan backlink yang berkualitas ( meskipun ada juga yang nofollow ), melainkan juga traffic langsung. Untuk menulis di forum besar ini, usahakan Anda mengedepankan kualitas, karena di forum yang biasanya sudah besar dan ramai, jika Anda hanya asal- asalan, maka ending-nya Anda malah di-bully, hahhahah….

Forum besar yang dapat Anda gunakan antara lain:
– Kompasiana
– Kaskus
– Medium ( berbahasa Inggris )

Anda juga dapat melakukan guest blogging di website lain yang mau menerima postingan Anda. Hubungi saja si pemilik website dan katakana Anda ingin menjadi penulis tamu untuk website mereka.

9. Manfaatkan Jasa Influencer
Menjadi blogger yang proaktif akan membantu Anda dalam banyak hal. Salah satu tindakan proaktif ini adalah dengan menjalin hubungan dengan orang lain, bisa jadi seorang blogger yang memiliki niche yang sama dengan Anda, dan para penggiat media sosial. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan para influencer ini, maka kita memiliki kesempatan untuk dipromosikan. Ya…dipromosikan, secara gratis! Mau?

Tunggu dulu, Anda tidak bisa semena- mena menghubungi orang untuk berteman dan memintanya untuk mempromosikan Anda. Anda harus mengawalinya dengan pertemanan dan pendekatan. Anda dapat memulainya dengan mengupas seputar topik yang dibahas di website influencer dan memasang link mereka di salah satu konten Anda yang memang masih satu topik. Pastikan mereka menyadari hal itu dan Anda mulai dapat mengobrol sampai menemukan waktu yang pas untuk meminta mereka mempromosikan website kita.

Masih sama seperti salah satu point di atas, Anda dapat menghubungi mereka melalui halaman kontak di website mereka atau di sosial media, seperti Twitter. Di Twitter, Anda dapat menggunakan bantuan tool ‘Followerwonk.com’. Tool ini dapat Anda gunakan untuk mencari influencer atau akun populer di Twitter sesuai kategori dan lokasi tertentu. Anda dapat melihatnya di gambar di bawah ini. Saya mencoba mencari dengan kata kunci ‘blogger’ dan lokasi ’Indonesia’, lalu klik ‘Do it’.

Lihat Gambar :
followerwonk, twitter, follower

followerwonk, moz, twitter, follower

Beberapa saat kemudian, Followerwonk memberikan hasil akun Twitter terpopuler sesuai dengan kategori yang kita cari. Di tampilan hasil ini, Anda akan melihat informasi dan statistic berupa nama profil, bio, jumlah tweet, jumlah following, jumlah followers dan masih banyak lagi. Melalui dashboard akun, Anda juga dapat mem-follow mereka secara langsung. Selanjutnya, jalin lah komunikasi dengan mereka. Anda mungkin dapat mulai me-retweet, reply atau berkomentar di setiap tweet mereka. Selanjutnya, siapkan konten berkualitas untuk unjuk gigi setelah komunikasi terjalin.

10. Kurangi Kemungkinan Bounce Rate
Konten is the king, User is the queen. Ini artinya, kepuasan dari pembaca adalah yang paling utama. Bounce rate yang tinggi adalah sinyal bahwa pembaca tidak puas dengan konten yang Anda suguhkan, website tidak relevant atau ada yang salah dengan website Anda. Bayangkan Anda menuju ke sebuah website untuk mencari informasi yang Anda inginkan, tapi begitu masuk, yang Anda peroleh bukan lah informasi tapi jebakan batman. Anda pasti langsung tutup browser atau menekan tombol ‘back’, bukan?

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi SEO Lokal Ampuh untuk Website Bisnis Online Anda

Case nya bukan hanya konten yang tidak sesuai ala Doorway Page website, melainkan juga kualitas konten dan kecepatan website. Coba analisa website Anda, dan bila Anda melihat bounce rate Anda tinggi, maka lakukan langkah berikut ini:
– Tingkatkan kualitas artikel Anda, temukan artikel yang dangkal dan edit untuk menjadi lebih baik dan informative
– Cek kecepatan website Anda. Jika loading terlalu berat, lakukan beberapa perbaikan untuk mengurangi beban loading
– Gunakan trik internal link
– Gunakan trik outbound link untuk memberi user referensi berkunjung ke website lain. Lebih baik mereka menuju ke website lain daripada harus kembali lagi ke Google.
– Cek apakah ada yang mengganggu pengguna Anda, seperti iklan pop up atau banner yang berlebihan

11. Belajar Menjadi Influencer Sendiri
Jika Anda telah mempelajari dan mempraktekkan point no. 9, Anda akan menyadari bahwa the power of influencer benar- benar keren. Setuju kan? Nah, kalau Anda sudah mengetahui hal ini, bukankah menyenangkan untuk branding diri sendiri menjadi influencer? Bagaimana caranya?

Pertama- tama, Anda dapat bergabung ke situs komunitas untuk berkenalan dengan lebih banyak orang dan mulai membangun reputasi Anda. Aktif lah di komunitas tersebut dengan cara sering berkomentar dan membantu orang lain menyelesaikan masalah. Untuk melakukan ini memang tidak instant, melainkan butuh waktu, sampai anggota komunitas mengenal Anda dan percaya dengan authority Anda. Semakin Anda sering aktif dan membantu, maka reputasi Anda akan terbentuk dengan sendirinya.

Ketika Anda sudah memiliki reputasi, akan semakin banyak yang ingin berkenalan dengan Anda dan terhubung. Banyak juga orang yang dengan sendirinya akan mempromosikan Anda dan bahkan menjadi audiens setia Anda. Kalau sudah begini  akan mudah bagi ranking blog Anda untuk naik.

12. Aktif di Jejaring Sosial
Aktif di jejaring sosial hanya untuk pasang foto selfie dan ngucapin ‘selamat malam’ ke pacar? Sudah nggak jaman, bro! Jika Anda blogger, Saya yakin sosial media adalah salah satu andalan Anda. Buat lah akun sosial Anda hidup dengan membuat status yang bermanfaat dan aktif dalam berkomunikasi.

Perlu Anda ketahui, link yang populer di media sosial akan mudah naik ranking nya di Google. Study case sudah pernah dicoba oleh tim Moz, yang hasilnya adalah social sharing dapat mempercepat proses indexing dan link nofollow akan meningkatkan rank blog Anda. Selain itu, Google juga dapat membaca otoritas sebuah akun dan tweet. Jika tweet Anda menjadi populer di Twitter, maka efek positifnya akan merambah ke SEO website Anda.

Masih belum puas? Media Sosial adalah sumber traffic potensial yang sangat besar. Banyak sekali website besar yang menggarap akun media sosial mereka dengan serius karena sebagian besar pengunjung mereka berasal dari sosial media. Anda juga dapat menjadi influencer dengan media ini. Masih belum mau action dengan akun jejaring sosial Anda?

13. Persiapan Terbaik untuk Konten Anda Berikutnya
Konten yang berkualitas itu sangat penting. Titik.
Anda lebih baik menghabiskan 1-2 hari untuk menghasilkan konten yang berkualitas daripada menghasilkan 6 konten biasa dan dangkal dalam satu hari. Sebuah blog yang memiliki konten berkualitas akan mudah naik ke permukaan dengan lebih cepat, khususnya ketika dilengkapi teknik SEO dan promosi yang tepat. Komponen untuk membuat konten yang berkualitas adalah sebagai berikut:
– Membahas topik dengan jelas
– Membahas secara mendalam dan detail
– Memiliki sumber referesi yang bisa dijadikan sebagai situs rujukan

Untuk menghasilkan konten yang berkualitas tersebut, Anda membutuhkan sebuah perencanaan. Ada dapat melakukan riset untuk mendapatkan inspirasi membuat konten berkualitas yang populer. Anda dapat membaca artikel dibawah ini untuk ide konten Anda :
9 Tips Ampuh untuk Membuat Konten Anda Disukai Google dan Pembaca
6 Cara Mudah untuk Membuat Artikel SEO Friendly

14. Konversi Konten Anda Menjadi Asset Lain
Anda dapat mengkonversi konten Anda ke dalam bentuk dokumen .pdf atau .doc, infografis, data chart, video atau presentasi. Memiliki banyak konten asset akan membantu Anda untuk mendapatkan backlink berkualitas dan juga traffic sekaligus. Khususnya untuk video sharing, YouTube merupakan salah satu sumber backlink potensial dan juga traffik.

Selanjutnya, setelah mengkonversi konten Anda, submit konten tersebut sesuai jurusannya, yaitu :
*) Video Sharing : YouTube, Dailymotion dan Vimeo
*) Presentasi : Slideshare
*) Pdf : Scribd

Yang perlu diingat, sebelum Anda meng-konversi konten Anda menjadi sebuah file dokumen lain berformat .pdf, maka Anda harus melakukan editing agar tidak terdeteksi konten duplikat. Anda dapat meng-upload konten Anda ke Google Docs terlebih dahulu, kemudian pilih ‘download as pdf’, lalu baru upload file tersebut ke Scribd. Tidak terlalu sulit sebetulnya melakukan konversi konten ini, yang Anda perlukan hanya lah materi dan tool nya saja.

Ke-14 cara ini bisa sulit dan mudah tergantung pada seberapa besar niat Anda untuk mengerjakannya. Terkesan sulit memang jika Anda belum pernah mencobanya dan hanya setengah- setengah. Namun jika Anda sepenuh hati melakukannya dan bertekad untuk menjadikan website Anda naik ranking, maka strategi ini akan terasa seperti langkah ringan.

Sekian ulasan meningkatkan ranking blog kali ini. Mudah- mudahan bermanfaat untuk teman- teman. Terimakasih.