Menemukan plugin sosial media ( plugin social sharing ) untuk WordPress seringkali menjadi keasyikan tersendiri. Di awal- awal Saya mencari plugin sharing terbaik ini, Saya kerap mencoba beberapa plugin yang berbeda, dan membandingkannya antara yang satu dan yang lainnya. Dan ternyata menemukan yang terbaik, sekaligus yang sreg di hati nggak segampang itu, ya? Bukan bermaksud lebay, tapi karena ada terlalu banyak pilihan plugin sharing ini, memilih satu atau dua yang terbaik memang ternyata agak sulit.

WordPress sendiri memiliki ribuan jenis plugin yang dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan. Ketika kita menemukan yang terbaik, seringkali kita berkutat memakai plugin yang itu- itu saja dan tidak mau melihat yang lain. Padahal bisa jadi, ada banyak plugin lain yang menawarkan fitur yang lebih lengkap, kemudahan yang lebih baik dan kemampuan untuk mengakomodir kebutuhan yang lebih luas.

Khususnya untuk Social Sharing Plugin, banyak sekali plugin yang bukan hanya menawarkan fungsi social sharing saja, melainkan juga memberikan elemen support lain yang kita butuhkan, seperti menambahkan penghitung follower, meningkatan faktor klik dan monitoring sharing post dan juga support newsletter form/ subscriber.

 

Plugin Sosial Media Sharing WordPress Terbaik Gratis dan Berbayar

Lalu mana saja yang termasuk ke dalam Social Sharing WordPress yang terbaik? Anda dapat menemukan yang terbaik dari referensi berikut ini :
1. Monarch dari Elegant Themes
Harga pluginnya memang bikin nyesek, karena sama dengan membeli untuk mengakses semua themes dan plugin dari Elegant Themes seharga $69 ( satu tahun membership ). Tapi ya tidak rugi sebetulnya, karena kita dapat mengakses seluruh plugin premium dan juga themes premium selama kurun waktu tertentu.

Salah satu kekuatan dari plugin ini adalah fiturnya yang impressive, desain elegan yang memperlihatkan jumlah sharing setelah mencapai jumlah tertentu untuk menghindari kesan negative untuk jumlah sharing yang kecil. Sebagai tambahannya, pengguna juga dapat menampilkan ikon sosial media di sidebar dan juga widget dan dapat memonitor nya dengan mudah dalam tampilanyang terlihat manis. Monarch didesain untuk meningkatkan jumlah sharing post dengan berbagai cara, seperti pop-ups dan juga fly-in.

Saya sendiri belum pernah mencoba Monarch, tapi sudah beberapa kali mencoba themes dari Elegant Themes. Themes nya cukup bagus, memiliki desain elefan persis seperti nama developernya dan tim supportnya juga sangat bagus menurut Saya. Review tentang Monarch sejauh ini positif, jadi bisa dibilang plugin premium ini memang kualitasnya memuaskan.

Lihat Gambar :

Fitur dan Keunggulan Monarch:
*) Support jejaring sosialpopuler
*) Memiliki opsi multi-display
*) Anda dapat memilih untuk menampilkan jumlah sharing dan mengaturnya untuk muncul setelah jumlah sharing tertentu
*) Tampilan manis dan mudah digunakan
*) Dapat memilih bentuk button, warna dan efek hover
*) Pop-Up dan Fly-in untuk merangsang pengguna melakukan sharing dan meningkatkan jumlah klik
*) Dapat ditampilkan di widget atau dengan shortcode
*) Statistik dan Tracking untuk Sharing, Likes dan Follow
*) Responsif dan Cepat
*) Impor dan Ekspor Data

2. Social Warfare
Social Warfare adalah plugin media sosial yang cukup impressif selanjutnya. Plugin ini memberikan tampilan button yang menarik, dan juga memberikan akses user untuk beberapa fitur powerful yang dapat meningkatkan jumlah sharing media sosial. Beberapa pengguna plugin ini melaporkan bahwa jumlah sosial sharing mereka meningkat hingga 300% setelah mereka menggunakan plugin media sosial ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Meningkatkan Memory Limit PHP di WordPress Anda

Kekuatan utama dari plugin media sosial ini adalah kemampuan memberikan spesifikasi yang cukup mendetail. Misalnya untuk sharing Pinterest, Anda dapat meng- upload gambar yang spesifik dengan deskripsi yang Anda sudah Anda ciptakan, dan hasilnya juga gambar yang ‘Pinterest friendly’ ( gambar yang ideal untuk Pinterest ). Bagi website tertentu yang mengandalkan photo-sharing, tentu saja kesempatan untuk menjaring trafik dari Pinterest semakin besar.
Selain itu, ada juga opsi ‘tweetable quote boxes’ untuk membuat box text menarik untuk di-share ke Twitter. Intinya, plugin ini benar- benar sangat bagus untuk mengokonversi trafik media sosial ke dalam website Anda.

Lihat Gambar :
plugin sosial media, social warfare

Fitur Unggul Social Warfare:
*) Mendukung jejaring sosial populer
*) Beberapa theme sharing ikon yang menarik
*) Display total sharing secara individual ( per jejaring sosial ) dan jumlah total, dapat diatur setelah mencapai jumlah tertentu
*) Floating Sharing Button
*) Fitur ‘Click to Tweet’ dalam konten dan menambahkan text tweet sendiri untuk per post
*) Pinterest friendly, sangat bagus untuk memaksimalkan share Pinterest dan mendatangkan trafik dari jejaring sosial tersebut
*) Shortcode, dapat ditempatkan dimana saja dengan mudah
*) Content Protection, untuk melindung konten-sharing Anda
*) Menambahkan widget Popular Post untuk menampilkan konten paling populer berdasarkan jumlah sharing media sosial terbanyak
*) Responsif dan cepat
*) Tracking social media sharing dengan kode tracking UTM

Gratis kah? Tidak, sayangnya. Untuk menikmati keunggulan plugin social sharing ini, Anda harus merogoh kocek sebesar $24 per tahun untuk dapat digunakan di satu website, atau $110 per tahun untuk dapat digunakan di lima website. Mahal juga, ya?

3. SumoMe Share
SumoMe ini salah satu plugin sosial media sharing favorit Saya. Bukan hanya memberikan desain social sharing yang cantik, tapi SumoMe juga dibuat untuk membantu penggunanya meningkatkan jumlah pengunjung. SumoMe bukan hanya untuk social share saja, tapi juga image share yang memudahkan user nya untuk membagi konten gambar ke Facebook, Twitter dan Pinterest.

Fitur unggul lainnya, SumoMe juga membantu usernya untuk membuat widget email marketing, dengan mengunakan form subscriber pops-up dan fly in. Masih kurang lagi? SumoMe juga membantu kita untuk membuat kontak form dengan mudah dan cepat. Yang paling Saya suka dari SumoMe ini adalah kita bisa menggunakan versi gratis nya untuk fitur yang Saya sebutkan tadi. Jika merasa puas dengan plugin ini dan ingin mencicipi lebih banyak fitur, maka upgrade menjadi pro-member dapat menjadi pilihan yang menarik.

Lihat Gambar :
plugin sosial media, sumome

Keunggulan SumoMe:
*) Mendukung Jejaring Sosial Populer
*) Mudah digunakan
*) Dapat diedit sesuai ukuran, warna dan aspek lainnya
*) Berbagi opsi penempatan button social sharing
*) Responsive
*) Display jumlah sharing ketika mencapai jumlah tertentu
*) Form subscriber untuk Email Marketing
*) Terintegrasi Aweber, MailChimp, ConstantContact, GetResponse, Hubspot, VerticalResponse dan Emma
*) Image Sharer, memudahkan sharing konten gambar ke Pinterest, Twitter dan Facebook
*) Pops up dan fly in
*) Contact Form
*) Membagi teks yang diblok ( highlighted ) dengan mudah ke Facebook dan Twitter
*) Content Analytics

Artikel Menarik Lainnya :   Trafik Website Atau Blog Anda Menurun Tiba-Tiba? Mungkin Ini Penyebabnya

4. Easy Social Share Button for WordPress
Easy Social Share Button WordPress banyak disukai karena menawarkan fitur yang cukup lengkap. Anda dapat memiliki desain visual seperti yang Anda inginkan, meletakkan button secara manual dan menampilkan penghitung jumlah share ketika mencapai angka tertentu. Anda juga dapat menggunakan button follower dan juga subscriber untuk social proof dan meningkatkan list building. Bisa dibilang ini adalah salah satu plugin sosial media bercita rasa tinggi.

Lihat Gambar :
plugin sosial media, easy social share button

Keunggulan WP Social Sharing:
*) Penghitung jumlah share setelah mencapai jumlah tertentu
*) Pop-ups dan fly-ins untuk merangsang peningkatan jumlah share
*) Mudah dalam penempatan
*) Responsive
*) 20 Posisi tampilan otomatis
*) Responsive dan Cepat
*) Share analytics
*) Button like, follower dan subscriber
*) Widget popular post untuk m
*) Sharable quotes seperti Click-to-Tweet
*) Mendukung lebih dari 40 jejaring sosial
*) Kompatibel dengan WooCommerce, JigoShop, WP eCommercedan Easy Digital Downloads

Untuk menggunakan social sharing plugin ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar $19 🙂

5. Shareaholic for WordPress
Shareaholic dapat digunakan di CMS yang berbeda-beda, sehingga bisa dibilang plugin yang satu ini bukan lah sekedar plugin WordPress saja. Dengan menginstall plugin ini, Anda dapat menggunakan berbagai button media sosial untuk konten WordPress Anda dengan tampilan yang menawan hati.

Plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis, tanpa biaya sepeser pun. Anda harus mendaftar sebagai member terlebih dahulu untuk dapat mengakses seluruh fitur yang ditawarkan. Hanya saja, untuk pengaturannya Anda harus cermat jika tidak ingin plugin ini menampilkan iklan untuk website Anda.

Lihat Gambar :
plugin sosial media, shareaholic, sharing button

Fitur Unggul Shareaholic:
*) Mendukung jejaring sosial populer
*) Kontrol apakah jumlah sharing ditampilkan atau tidak, dan mengatur pada jumlah share berapa penghitung mulai dimunculkan
*) Mendukung WordPress, Drupal, Shopify, Tumblr dan platform lainnya
*) Bisa digunakan dengan shortcode
*) Image sharer, membagi konten gambar dengan mudah ke Pinterest
*) Menampilkan ‘Related Content’ atau ‘Artikel Terkait’
*) Social Analytic
*) Afiliate links, jika bergabung menjadi affiliate nya
*) Follow Button

6. Simple Share Buttons Adder Plugin
Plugin ini sangat mudah digunakan, gratis dan to the point, yang mengijinkan Anda untuk menambahkan share button basic ( Facebook Like, Twitter, Google Plus custom ) ke postingan/ laman Anda. Simple Share Button Adder Plugin memberikan Anda kemudahan dalam hal penempatan button sharing, dan sharing teks, dan dalam sekejap plugin Anda siap untuk digunakan. Sebenarnya plugin ini memang tidak selengkap plugin yang Saya sebutkan diatas sebelumnya, tapi plugin ini terhitung sangat ringan dan cepat.

Lihat Gambar :
plugin sosial media, simple share button adder

Keunggulan :
*) Cepat dan ringan
*) Berbagai pengaturan gambar
*) Mendukung jejaring sosial populer
*) Mendukung custom images

7. WP Social Sharing
WP Social Sharing membantu Anda untuk menambahkan plugin media sosial dengan 6 komponen utama medsos terpopuler, seperti GooglePlus, Twitter, Facebook, Linkedin dan Pinterest. Anda dapat secara otomatis memunculkan sharing button ini di bagian pengaturan, dan mengaturnya apakah akan ditampilkan di postingan, laman, media atau post custom. Plugin sosial media ini terlihat sangat simple, tapi cukup powerful menurut Saya.

Keunggulan :
*) Mendukung 6 sosial media populer
*) Dapat mengedi teks social button
*) Responsive dan cepat
*) Menambahkan nama pengguna twitter di sharing tweet

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Login ke cPanel Hosting dengan Mudah Tanpa Mengingat Link

8. Custom Share Buttons with Floating Sidebar
Panjang betul namanya, hehehe…. Plugin sosial media ini cocok untuk Anda yang menyukai kesederhanaan dan to the point. Custom Share menawarkan solusi mudah untuk menambahkan shre button di konten teratas Anda atau di dasar. Anda dapat memilih apakah share button akan ditampilkan di homepage, posting, pages, arsip/ kategori dan Anda memiliki cukup kontrol untuk bereksperimen.

Lihat Gambar :
plugin sosial media, floating sidebar, custom share button

Ilustrasi Gambar: mrwebsolution.in

Fitur Unggulan:
*) Mendukung jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Google+ dan Pinterest
*) Anda dapat memilih penempatan share button untuk homepages, laman, post atau category/ arsip
*) Anda dapat memilih untuk menyembunyikan floating button untuk mobile tidak responsive, kecuali Anda upgrade ke pro version

9. AddToAny Share Buttons
Walaupun tidak lama, Saya sempat mencicipi menggunakan plugin sosial media ini di era awal blogging dulu. AddToAny memiliki jumlah pengguna aktif yang sangat fantastis, yaitu sekitar 300ribu instalasi aktif. Plugin ini sangat mudah digunakan, karena Anda tidak harus mendaftar membership untuk menggunakan plugin ini dan melakukan pengaturan. Plugin ini sudah hadir sejak 2006 dan membantu untuk men-sharing konten hingga ke 100 layanan lebih –walaupun sebetulnya tidak begitu penting.

Fitur Unggulan
*) Mendukung jejaring sosial media populer
*) Pilihan sharing ke lebih dari 100 layanan
*) Pilihan sejumlah ikon dengan berbagai ukuran
*) Anda dapat memilih button mana yang akan ditempatkan
*) Menambahkan shortcode ke berbagai tempat yang Anda butuhkan
*) Google Analytics integration
*) Responsive, cepat dan mudah digunakan

10. Mashshare
Mashshare lebih dari sekedar plugin sosial media. Plugin ini memiliki jangkauan fungsi yang lumayan luas, seperti subscriber form, counter dan url shortener. Jika Anda ingin sebuah form subscriber tanpa menambah jumlah plugin, maka plugin ini dapat membantu Anda dengan mudah.

Lihat Gambar :
plugin sosial media, mashshare

Fitur Unggul Mashshare:
*) Mendukung jejaring sosial populer
*) Memiliki berbagai ekstensi dengan menggunakan Adds-On untuk Google Analytics, Youtube video share, dan masih banyak lagi
*) Responsive dan cepat
*) Penghitung jumlah share setelah mencapai jumlah sharing tertentu untuk menghindari social proof negative
*) Penghitung jumlah page view
*) URL shortener
Ada banyak sekali jumlah plugin ya, jadi mana yang harus Saya pilih? Kalau menurut Saya sih tergantung kebutuhan Anda. Social Warfare adalah yang terbaik karena memberi Anda kuasa penuh dalam mengatur penghitung sharing per media sharing dan total keseluruhan ditampilkan atau tidak, sehingga Anda dapat melakukan analisa dengan mudah, selain memiliki berbagai fitur menakjubkan lainnya. Namun, jika Anda ingin plugin yang memiliki banyak fungsi dan gratis, Saya rasa dari list diatas SumoMe adalah yang terbaik.

Jika Anda ingin plugin sosial media yang simpel, gratis, to the point dan mudah digunakan tanpa ribet, maka Simple Share Button Adder dan WP Social Sharing dapat Anda pertimbangkan. Selain itu tentu saja Easy Social Share Buttons for WordPress, karena plugin ini menawarkan banyak fitur gila yang tidak mudah didapatkan di plugin lain.

Selamat bereksplorasi dan mencoba. Apa plugin sosial media favorit Anda?